Wednesday, November 11, 2020

KUMPULAN SOAL JAWAB AKUNTANSI PEMERINTAHAN/AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK 2

 

SOAL PILIHAN GANDA AKUNTANSI PEMERINTAHAN



1. Jenis laporan yang harus disusun berdasarkan basis akrual, yang menyajikan informasi kenaikan dan penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...

A. neraca

B. operasional

C. realisasi anggaran

D. pendapatan LRA

E. perubahan ekuitas

Jawaban : E

2. Hubungan negara dan masyarakat, legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa, ideologi negara, elit politik dan massa, jaringan internasional, kelembagaan merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A. politik

B. otonomi

C. ekonomi

D. belanja

E. anggaran

Jawaban : A

3. Laporan keuangan disusun dengan asumsi bahwa entitas pelaporan akan berlanjut keberadaannya sehingga pemerintah diasumsikan tidak bermaksud melakukan likuiditas atas entitas pelaporan dalam jangka pendek. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...

A. satuan uang

B. pengawasan

C. perencanaan

D. keseimbangan entitas

E. kemandirian entitas

Jawaban : D

4. Pertumbuhan penduduk, struktur usia penduduk, migrasi, tingkat kesehatan adalah komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A. otonomi

B. ekonomi

C. demografi

D. anggaran

E. materialitas

Jawaban : C

5. Laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan dapat ditempatkan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan atau Catatan atas Laporan Keuangan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A. realization

B. periodicity

C. consistency

D. fair presentation

E. full disclosure

Jawaban : C

6. Perlakuan akuntansi diterapkan dari periode ke periode oleh suatu entitas pelaporan selalu sama. Metode akuntansi dapat diubah, jika metode yang baru mampu memberikan informasi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A. basis akuntansi

B. nilai historis

C. realisasi

D. konsistensi

E. penyajian wajar

Jawaban : D

7. Faktor pertimbangan sehat bagi penyusun laporan keuangan diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A. konsistensi

B. realisasi

C. nilai historis

D. basis akuntansi

E. penyajian wajar

Jawaban : E

8. Pendapatan yang tersedia dan telah diotorisasikan melalui anggaran pemerintah pada suatu tahun fiskal akan direalisasikan untuk membayar hutang dan belanja dalam periode tersebut. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A. realization

B. periodicity

C. consistency

D. fair presentation

E. full disclosure

Jawaban : A

9. Kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan perlu dibagi menjadi periode pelaporan sehingga kinerja entitas dapat diukur dan posisi sumber daya yang dimilikinya dapat ditentukan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A. consistency

B. realization

C. periodicity

D. full disclosure

E. fair presentation

Jawaban : C

10. Aset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) untuk memperoleh aset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A. nilai historis

B. konsistensi

C. penyajian wajar

D. realisasi

E. basis akuntansi

Jawaban : A

11. Memberikan informasi mengenai kecukupan penerimaan pemerintah untuk membiayai seluruh pengeluaran, dan apakah generasi yang akan datang akan ikut menanggung beban pengeluaran tersebut adalah peranan laporan keuangan ...

A. manajerial

B. transparansi

C. akuntabilitas

D. evaluasi kerja

E. keseimbangan antargenerasi

Jawaban : E

12. Menyediakan informasi keuangan yang berguna untuk perencanaan dan pengelolaan keuangan pemerintah serta memudahkan pengendalian yang efektif atas aset, hutang, dan ekuitas dana adalah peranan laporan keuangan ...

A. transparansi

B. akuntabilitas

C. manajerial

D. antargenerasi

E. keseimbangan entitas

Jawaban : E

13. Menyediakan informasi keuangan yang terbuka bagi masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik disebut ...

A. manajerial

B. akuntabilitas

C. transparansi

D. keseimbangan

E. antargenerasi

Jawaban : C

14. Mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya (khususnya keuangan) serta pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui laporan keuangan secara periodik disebut ...

A. antargenerasi

B. transparansi

C. manajerial

D. akuntabilitas

E. keseimbangan entitas

Jawaban : D

15. Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dangan membantu mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini. Laporan Keuangan merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memiliki ....

A. dapat di bandingkan

B. umpan balik

C. manfaat prediktif

D. dapat dipahami

E. dapat diverifikasi

Jawaban : C

16. Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal ini merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memenuhi syarat ...

A. manfaat umpan balik

B. manfaat prediktif

C. tepat waktu

D. dapat di bandingkan

E. dapat di pahami

Jawaban : C

17. Laporan keuangan entitas harus menyajikan setiap kegiatan yang diasumsikan dapat dinilai dengan satuan uang. sehingga memungkinkan dilakukannya pengukuran dalam akuntansi. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...

A. kemandirian entitas

B. keseimbangan entitas

C. pengawasan

D. perencanaan

E. satuan uang

Jawaban : E

18. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna, dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Hal ini merupakan karakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu ...

A. dapat diverifikasi

B. dapat dibandingkan

C. dapat dipahami

D. kemandirian entitas

E. keseimbangan entitas

Jawaban : C

19. Setiap unit akuntansi dianggap sebagai unit yang mandiri dan mempunyai kewajiban untuk menyajikan laporan keuangan sehingga tidak terjadi kekacauan antar unit instansi pemerintah dalam pelaporan keuangan. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi...

A. pengawasan

B. perencanaan

C. kemandirian entitas

D. keseimbangan entitas

E. satuan uang

Jawaban : C

20. Keragaman suku, ras, agama, bahasa dan budaya, sistem nilai di masyarakat, historis, sosiologi masyarakat, karakteristik masyarakat, tingkat pendidikan merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A. otonomi

B. ekonomi

C. kultural

D. anggaran

E. pengendalian

Jawaban : C

21. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat diuji, apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali oleh pihak yang berbeda, hasilnya tetap menunjukkan simpulan yang tidak berbeda jauh. Hal ini merupakan informasi yang andal yaitu ...

A. dapat dibandingkan

B. dapat dipahami

C. dapat diverifikasi

D. manfaat umpan balik

E. manfaat prediktif

Jawaban : C

22. Informasi bagi pengguna dimungkinkan untuk menegaskan atau mengkoreksi ekspektasi mereka dimasa lalu. Hal ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu ...

A. flashback value

B. predictive value

C. accrual basis

 D. cash basis

E. financing

Jawaban : A

23. Informasi dimungkinkan dapat membantu pengguna untuk memprediksi masa yang akan datang berdasarkan hasil masa lalu dan kejadian masa kini. Hal ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu ....

A. financing

B. cash basis

C. accrual basis

D. predictive value

E. flashback value

Jawaban : D

24. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan disebut ...

A. realisasi anggaran

B. perubahan ekuitas

C. pendapatan LRA

D. operasional

E. neraca

Jawaban : A

25. Pertumbuhan ekonomi. tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrastruktur, struktur produksi, arus modal dalam negeri, cadangan devisa, utang dan bantuan luar negeri dan pertumbuhan pendapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A. politik

B. kultur

C. ekonomi

D. demografi

E. otonomi

Jawaban : C

26.  Utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah daerah disebut ...

A. kewajiban

B. aset lancar

C. pendapatan

D. ekuitas

E. beban

Jawaban A

27.  Kekayaan bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara aset dan pemerintah daerah merupakan ...

A. belanja

B. ekuitas

C. kewajiban

D. aset

E. pendapatan

Jawaban : B

28. Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut ...

A. pengeluaran

B. ekuitas

C. pendapatan

D. aset

E. kewajiban

Jawaban : C

29. Selisih antara aset lancar dengan kewajiban jangka pendek di dalam ekuitas dana pemerintah disebut ekuitas ....

A. dana pemerintah

B. dana investasi

C. dana lancar

D. jangka panjang

E. jangka pendek

Jawaban : C

30. Kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam kekayaan berjangka panjang, diperoleh dengan menjumlahkan 1) Investasi Jangka Panjang, 2) Aset Tetap, 3) Aset Lainnya dikurangi dengan jumlah dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangka panjang. Berdasarkan Standar akuntansi pemerintah, hal ini disebut ekuitas ...

A. dana lancar

B. dana investasi

C. dana pemerintah

D. jangka pendek

E. jangka panjang

Jawaban : B

31. Piutang yang diakui atas penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta retribusi yang sudah ada surat ketetapannya ini disebut ....

A. piutang pajak daerah

B. kewajiban jangka pendek

C. kewajiban jangka panjang

D. piutang jangka pendek

E. piutang jangka panjang

Jawaban : A

32. Kekayaan pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sesuai peraturan perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam Dana Cadangan disebut ekuitas ...

A. dana lancar

B. dana investasi

C. dana cadangan

D. jangka pendek

E. jangka panjang

Jawaban : C

33. Kas dalam pengelolaan pemegang kas di SKPD yang masih harus dipertanggungjawabkan kepada kas daerah atau Bendahara Umum Daerah adalah termasuk dalam kas ...

A. bendahara penerimaan

B. bendahara pengeluaran

C. piutang pajak daeralh

D. inveslasi jangka pendek

E. investasi jangka panjang

Jawaban : B

34. Akun anggaran dari Pendapatan LRA, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun Pendapatan LRA. Hal ini merupakan akun anggaran estimasi ...

A. belanja

B. pendapatan

C. penerimaan pembiayaan

D. pengeluaran pembiayaan

E. perubahan SAL

Jawaban : B

35. Akun anggaran dari Belanja, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun Belanja. Hal ini merupakan akun anggaran ...

A. estimasi belanja

B. estimasi pendapatan

C. perubahan SAL

D. pengeluaran pembiayaan

E. penerimaan pembiayaan

Jawaban : A

36. Akun anggaran dari penerimaan pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut ....

A. estimasi pengeluaran pembiayaan

B. estimasi penerimaan pembiayaan

C. estimasi pendapatan

D. estimasi belanja

E. estimasi perubahan SAL

Jawaban : B

37. Akun anggaran dari perubahan SAL, sehingga saldo normal maupun aturan perdebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran ....

A. estimasi perubahan SAL

B. estimasi penerimaan pembiayaan

C. estimasi pengeluaran pembiayaan

D. kemandirian entitas

E. estimasi pendapatan

Jawaban : A

38. Semua transaksi keuangan untuk menutupi defisit atau untuk memanfaatkan surplus,  yang terdiri dari Penerimaan Pembiayaan, Pengeluaran Pembiayaan, dan sisa lebih anggaran tahun berkenaan. Hal ini merupakan jenis transaksi ...

A. pendapatan daerah

B. belanja daerah

C. pembiayaan daerah

D. kemandirian entitas

E. keseimbangan entitas

Jawaban : C

39. Pencatatan berdasarkan basis akrual pada Laporan Operasional dan Neraca digunakan untuk mencatat transaksi keuangan terkail Asel, Kewajiban, Ekuitas, Pendapalan-LO, dan Beban. Hal ini disebut ....

A. jurnal finansial

B. pelaksanaan anggaran

C. jurnal transaksi

D. bukti memorial

E. jurnal kolorasi

Jawaban : A

40. Pencatatan berdasarkan basis kas pada laporan realisasi anggaran, sehingga transaksi tersebut tidak melibatkan kas dan tidak perlu melakukan catatan adalah ....

A. bukti kas masuk

B. pelaksana anggaran

C. bukti kas keluar

D. bukti memorial

E. jurnal transaksi

Jawaban : B

41. Suatu buku yang berisi kumpulan rekening alau akun dalam kategori yang sama yang dicatat dalam jurnal dan digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu entitas disebut ...

A. ledger

B. real account

C. nominal account

D. cash basic

E. accrued basic

Jawaban : A

42. Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam neraca seperti aset, kewajiban dan ekuitas disebut ...

A. nominal account

B. real account

C. ledger

D. accrual revenues

E. accrual expense

Jawaban : B

43. Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja disebut ...

A. permanent account

B. ledger

C. real account

D. prapaynent

E. nominal account

Jawaban : E

44. Semua penerima Rekening Kas Umum Negara/Daerah yang menambah ekuitas dan lancar dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah disebut ...

A. belanja

B. pembiayaan

C. pendapatan LRA

D. surplus

E. transfer pengeluaran

Jawaban : C

45. Pengeluaran uang dari suatu entitas pelaporan dari/kepada entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil disebut ....

A. pembiayaan

B. belanja

C. surplus

D. pendapatan LRA

E. transfer pengeluaran

Jawaban : E

46. Penerimaan yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun-tahun anggaran berikutnya, yang dalam penganggaran pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup defisit ataupun memanfaatkan surplus anggaran disebut ...

A. pendapatan LRA

B. pembiayaan

C. belanja

D. surplus

E. transfer pengeluaran

Jawaban : B

47. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan adalah ...

A. laporan realisasi anggaran

B. laporan operasional

C. laporan perubahan ekuitas

D. jurnal penutup

E. jurnal pembalik

Jawaban : A

48. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunaanya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu periode pelaporan adalah ....

A. laporan realisasi anggara

B. laporan operasional

C. laporan perubahan ekuitas

D. jurnal pembalik

E. jurnal penutup

Jawaban : B

49. Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...

A. jurnal penutup

B. jurnal pembalik

C. laporan perubahan ekuitas

D. laporan operasional

E. laporan realisasi anggaran

Jawaban : C

50. Berikut ini yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu ...

A. Laporan L/R

B. Laporan LRA

C. Laporan Operasional

D. Laporan Perubahan Ekuitas

E. Laporan Neraca

Jawaban : A

51. Akuntansi manajemen sektor publik menghasilkan informasi yang berguna dalam.....

A.  Perencanaan dan pengendalian organisasi

B. Perencanaan dan pengoperasian organisasi

C. Pengoperasian dan pengendalian organisasi

D. Pengoperasian dan penilaian kinerja organisasi

E. Penilaian Kinerja Organisasi

Jawaban: A

52. Berikut ini yang bukan merupakan tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi sektor publik yaitu....

A. Perencanaan operasional

B. Penganggaran

C. Perencanaan tujuan dan sasaran dasar

D. Penilaian Kinerja

E. Sasaran Dasar

Jawaban: D

53. Peran akuntansi manajemen dalam organisasi sektor publik, kecuali....

A. Perencanaan Strategik

B. Pemberiaan Informasi biaya

C. Penilaian Investasi

D. Inestasi

E. Perencanaan Operasional

Jawaban: E

54. Tahap dimana pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk / jasa pelayanan disebut.....

A. Cost Recording

B. Cost Finding

C. Cost Reporting

D. Cost Analyzing

E. Recording

Jawaban: B

55. Informasi akuntansi sebagai alat perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, kecuali ......

A.   Informasi yang sifatnya rutin atau ad hoc

B.  Informasi kuantitatif atau kualitatif

C. Informasi disampaikan melalui saluran formal atau informal

D. Informasi yang bersifat objektif atau subjektif

E. Informasi kualitas

Jawaban : D

56. Perencanaan meliputi aktivitas yang bersifat, kecuali....

A. strategik

B. efektif

C. taktis

D. melibatkan aspek operasional

E. Aktif

Jawaban : B

57. Pola pengendalian tiap organisasi berbeda-beda tergantung pada.....

A.  jenis dan karakteristik organisasi

B. jenis dan tujuan organisasi

C. karakteristik dan tujuan organisasi

D. ruang lingkup dan tujuan organisasi

E. Tujuan dan organiasasi

jawaban: A

58. Berikut ini merupakan tahap dimana manajemen organisasi membuat alternatif-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu.....

A. Penilaian investasi

B. Penganggaran

C. Perencanaan strategic

D. Penilaian kinerja

E. Anggaran

Jawaban : C

59. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi anggaran dalam manajemen sector publik, yaitu....

A. sebagai alat alokasi sumber daya publik

B. sebagai alat distribusi

C. sebagai alat stabilisasi

D. sebagai alat operasi

E. Sumber daya

jawaban : D

60. Sumber daya yang dikorbankan untuk memberikan pelayanan merupakan pengertian dari.....

A. Biaya Input

B. Biaya Output

C. Biaya Proses

D. Biaya Operasi

E. Biaya Distribusi

Jawaban : A

61. Pusat-pusat pertanggungjawaban berbasis pada apa saja......

A. Perencanaan dan koordinasi

B. Perencanaan dan pengendalian

C. Pengendalian dan penilaian kinerja

D. B dan C benar

E. A dan B benar

Jawaban : D

62. Pengendalian manajemen meliputi 7 aktivitas yang antara lain ialah........

A. Koordinasi dan penilaian kinerja

B. Perencanaan, koordinasi dan pengambilan keputusan

C. Penilaian kinerja, pengendalian dan koordinasi

D. Perencanaan dan pengendalian

E. koordinasi dan pengambilan keputusan

Jawaban : B

63. Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan perumusan strategi dan perencanaan strategik yang dijabarkan dalam bentuk program-program pengertian diatas adalah pengertian dari :

A. Pengendalian preventif

B. Pengendalian operasional

C. Pengendalian kinerja

D. Pengendalian koordinasi

E. Perencanaan

Jawaban : A

64. Informasi yang dapat membedakan dengan jelas antara biaya yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan oleh manajer pusat pertanggungjawaban adalah …

A. Informasi efisiensi

B. Informasi efektivitas

C. Informasi yang relevan

D. Informasi yang akurat

E. Informasi aktif

Jawaban : C

65. Biaya yang dapat dikendalikan secara langsung disebut …

A. Uncontrollable

B. Controllable

C. To the point

D. Un to the point

E. Un to uncontrollable

Jawaban : B

66. Salah satu metode penentuan strategi adalah …

A. SWOT

B. Management by walking around

C. Break down

D. Corporate level strategy

E. Walking around

Jawaban : A

67. Bagian yang bertugas menyusun anggaran untuk tiap-tiap unit operasi adalah …

A. Komite perancangan

B. Komite penganggaran

C. Komite pertanggungjawaban

D. Komite anggaran

E. Penyusun

Jawaban : D

68. Strategi yang dihasilkan dari proses perumusan strategi merupakan strategi global atau dalam perusahaan disebut …

A. Unit business level strategy

B. Corporate level strategy

C. Strategy revision

D. Opportunity

E. Strategy

Jawaban : B

69. Proses yang menentukan bagaimana mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah …

A. Perencanaan strategik

B. Perencanaan strategi

C. Perencanaan anggaran

D. Proses dan praktik

E. Perumusan

Jawaban : A

70. Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen adalah …

A. Penganggaran

B. Perencanaan strategi

C. Penilaian kinerja

D. Perencanaan strategik

E. Manajement

Jawaban C

71. Berikut ini yang bukan merupakan keunggulan dari Zero Based Budgeting yaitu …

A. Berfokus pada value money

B. Dapat menghasilkan alokasi sumberdaya secara lebih efisien bila dilaksanakan dengan baik

C. Meningkatkan pengetahuan dan motivasi staff dan manajer

D. Meningkatkan partisipasi manajemen level bawah dalam proses penyusunan program kerja

E. Meningkatkan pengetahuan dan dapat menghasilkan alokasi

Jawaban : D

72. Reinventing goverment merupakan sebuah konsep baru pemerintahan yang diajukan oleh ...

A. Lan, Zhiyong, dan Rosenbloom

B. Osborne dan Gaebler

C. Pollit

D. Barzelay

E. Lan

Jawaban : B

73. Yang merupakan kelemahan dari anggaran tradisional yaitu ...

A. Aliran informasi yang tidak memadai yang menjadi dasar mekanisme pengendalian rutin, mengidentifikasi masalah dan tindakan

B. Proses anggaran yang sama untuk pengeluaran rutin dan pengeluaran modal

C. Lebih berorientasi pada output daripada input

D. Cenderung menekankan manfaat jangka pendek

E. Lebih berorintasi pada output

Jawaban : A

74. Pernyataan berikut yang tidak benar menurut Anda adalah ...

A. Pemerintah katalis, merupakan konsep dimana pemerintah sebagai pemberi arahan

B. Pemerintah daerah wirausaha mengembangkan pusat pendapatan

C. Pemerintah antisipatif tidak reaktif tetapi proaktif

D. Pemerintah Tidak Aktif

E. Pemerintah digerakan oleh peraturan bukan misi

Jawaban : E

75. Dominasi pemerintah dalam anggaran kinerja, dapat diawasi dan dikendalikan melalui ...

A. Internal cost awareness, audit keuangan dan audit kinerja, serta evaluasi kinerja eksternal

B. Internal cost awareness, audit keuangan dan audit manajemen, serta evaluasi kinerja eksternal

C. Eksternal cost awareness, audit keuangan dan audit kinerja, serta evaluasi kinerja internal

D. Internal cost awareness, audit komite dan audit kinerja, serta evaluasi kinerja eksternal

E. Ealuasi kinerja internal, audit kinerja

Jawaban : A

76. Berikut adalah langkah-langkah implementasi PPBS :

I. Pemilihan program yang memiliki manfaat besar dengan biaya yang kecil

II. Mengevaluasi berbagai alternatif program dengan menghitung cost-benefit dari masing-masing program

III. Menentukan tujuan umum organisasi dan tujuan unit organisasi dengan jelas

IV. Alokasi sumberdaya ke masing-masin program yang telah disetujui

V. Mengidentifikasi program-program dan kegiatan untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan

Urutan yang benar untuk menjelaskan proses implementasi PPBS adalah ...

A. III – I –V – II – IV

B. III – I –V – IV – II

C. III – V – II – I – IV

D. III – V – I – II – IV

E. I – II – III – IV

Jawaban : C

77. Anggaran dengan pendekatan new public management(npm) adalah anggaran yang berorintasi ,kecuali pada kinerja yang terdiri dari,kecuali….

A. Planning programming

B. Vote accounting

C. Zero based budting

D. Persormance budgeting

E. Planning Accounting

Jawaban: B

78. Model new public management 9npm) mulai dikenal pada tahun…..

A. 1980-an

B. 1985-an

C. 1990-an

D. 1975-an

E. 1990-an

Jawaban: A

79. Salah satu model pemerintah di era new public management adalah model pemerintah dengan konsep reinventing government yang di ajukan oleh………..

A. Pollit

B. Barzelay

C. osborne dan gaebler

D. lan, zhiyong, and rosenloom

E. Zhiyong

Jawaban : C

80. Manakah pernyataan dibawah ini keunggulan - kelemahan dari ZBB…

A. ZBB berfokus pada value or money     -   ZBB cenderung manfaat jangka panjang

B. Meningkatkan pengetahuan                  -   ZBB berfokus pada value for money

C. ZBB berfokus pada value                                 -   Prosesnya memakan waktu lama

D. Implementasi ZBB                                            -   Pada proses meranking

E. ZBB Berfokus pada pengetahuan                     - implememtasi ZBB

Jawaban: A

81. Ciri-ciri dari anggaran tradisional antara lain, kecuali……….

A. Line-item

B. Cenderung sentralistis

C. Tahunan

D. Desentralisasi/ devolved management

E. Tahunan Line-item

Jawaban : D

82. Manakah hal yang menjadi masalah utama penggunaan ZBB & PPBS……….

A. Bounded rationality

B. Planning

C. Programming

D. Zero based bugeting

E. Planning based

Jawaban : A

83. Pengertian dari apakah “ menambah atau mengurangi jumlah rupiah pada item2 anggaran yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan data tahun sebelumnya”

A. Line-item

B. Incrementalism

C. Anggaran tradisional

D. Planning

E. Anggaran Nasional

Jawaban : B

84. Manakah perspektif baru pemerintah menurut osbome dan gaebler tersebut adalah.....

A. Pemerintahan katalis

B. Sentralistis

C. Desentralisasi

D. Berdasarkan sasaran kinerja

E. Perspektif

Jawaban : A

85. Karakteristik pendekatan baru system anggaran public meliputi………

A. Lingkungan

B.  berjangka panjang

C. Planning

D. masyarakat

E. Tradisional

Jawaban : B

86. Dalam pemberian pelayanan publik pada dasarnya dapat dibiayai melalui dua sumber, yaitu:

A. Pajak dan Pembebanan langsung kepada masyarakat sebagai konsumen jasa publik

B. Pajak dan devisa negara

C. Laba BUMN atau BUMD dan devisa negara

D. Pembebanan langsung kepada masyarakat dan penjualan asset milik pemerintah

E. Devisa negara

Jawaban : A

87. Pembebanan tarif pelayanan publik kepada konsumen dapat dibenarkan karena beberapa alasan, kecuali  ..........

A. Adanya barang privat dan barang public

B. Efisiensi ekonomi

C. Prinsip keuntungan

D. Permasalahan marginal cost pricing

E. Barang public

Jawaban : D

88. Terdapat tiga jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat, kecuali.......

A. Barang privat

B. Barang public

C. Campuran antara barang privat dan public

D. Barang ekonomis

E. Privat

Jawaban : D

89. Apa yang dimaksud dengan barang public........

A. Barang –barang kebutuhan masyarakat yang manfaat barang atau jasa hanya dinikmati secara individu oleh masyarakat yang membelinya

B. Barang –barang kebutuhan masyarakat yang manfaat barang dan jasa tersebut dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat secara bersama-sama

C. Pada tataran praktik terdapat kesulitan dalam membebankan barang public dengan barang privat

D.  Barang /jasa yang mereka ingin konsumsi

E. Barang – barang kebutuhan masyarakat secara individu

Jawaban : B

90. Sebutkan contoh dari barang privat.....

A. Makanan, listrik, telepon

B. Listrk, jasa polisi, telepon

C. Makanan, pengendalian penyakit, jasa polisi

D. Pertahanan nasional, pengendalian penyakit, jasa polisi

E. Jasa polisi, telepon

Jawaban : A

91. Masalah-masalah dalam penggunaan marginal cost princing , kecuali......

A. Sulit memperhitungkan secara tepat marginal cost untuk jasa-jasa tertentu

B. Marginal cost princing bukan berarti full cost recovery.

C. Pertimbangan ekuitas mensyaratkan yang kaya membayar lebih, paling tidak untuk jasa

D. mengakomodasikan pertimbangan keadilan (equity) melalui kebijakan penetapan harga

E. perhitungan secara tidak tepat

Jawaban : D

92. Beberapa sebab sulitnya membedakan barang publik dengan barang privat antara lain, kecuali...

A. Batasan antara barang publik dan barang privat sulit untuk ditentukan.

B. Terdapat barang dan jasa yang merupakan barang/jasa publik, tapi dalam penggunaannya tidak dapat dihindari keterlibatan beberapa elemen pembebanan langsung.

C. Terdapat kecenderungan untuk membebankan tarif pelayanan daripada membebankan pajak karena pembebanan tarif lebih mudah pengumpulannya.

D. Terdapat barang public dan barang privat yang memiliki manfaat yang sama

E. Terdapat batasan barang public dan kecenderungan untuk membebankan tarif pelayanan

Jawaban : D

93. Penetapan  harga pelayanan publik dengan menggunakan marginal cost pricing setidaknya harus mempertimbangkan beberapa hal ini, kecuali

A. Biaya operasi (variabel operating cost)

B. Semi variabel operhead cost seperti biaya modal atas aktiva yang digunakan untuk memberikan pelayanan

C. Biaya penggantian atas aset modal yang digunakan dalam penyediaan pelayanan

D. Biaya total (full cost)

E. Modal atas aktiva yang di gunakan

Jawaban : D

94.  Apa yang dimaksud dengan diskriminasi harga dalam kompleksitas strategi harga...

A. Salah satu cara untuk mengakomodasikan pertimbangan keadilan (equity) melalui kebijakan penetapan harga

B. Fixed charge untuk menutupi biaya overhead atau biaya infrastruktur dan variabel charge yang didsarkan atas besarnya konsumsi

C. Beban tertinggi untuk periode puncak harus menggambarkan hingher marginal cost

D. Harga pelayanan didasarkan pada biaya penuh atau biaya total untuk menghasilkan pelayanan

E. Variabel charge yang didasarkan atas besanya konsumsi

Jawaban : A

95. Mekanisme harga memiliki peranan penting dalam mengalokasikan sumber daya melalui, kecuali.........

A. Pendistribusian permintaan

B. Pemberian insentif untuk menghindari pemborosan

C. Penyedian sumber daya untuk mempertahan kan kualitas sumber daya

D. Penyediaan sumber daya pada supplier untuk mempertahankan

E. Meningkatkan persediaan jasa

Jawaban : C

96.  Sebutkan kesulitan apa saja untuk menghitung biaya total....

A. Tidak tahu secara tepat besarnya biaya total (full cost) untuk menyediakan suatu pelayanan.

B. Sangat sulit mengukur jumlah yang dikonsumsi.

C. Tidak memperhitungkan kemampuan masyarakat untuk membayar.

D. Sulitnya menentukan biaya operasional

E. Tidak tahu menyediakan suatu pelayanan

Jawaban : D

97. Salah satu perbedaan antara akuntansi manajemen sektor publik dengan akutansi keuangan adalah......

A. Akuntansi manajemen sektor publik terkait dengan pemberian informasi kepada pihak intern organisasi, sedangkan akuntansi keuangan terkait dengan pelaporan dan pengkomunikasian informasi kepada pihak eksternal organisasi.

B. Akuntansi manajemen sektor publik terkait dengan pemberian informasi kepada pihak , eksternal organisasi sedangkan akuntansi keuangan terkait dengan pelaporan dan pengkomunikasian informasi kepada pihak intern organisasi.

C. Akutansi manajemen cenderung memberikan laporan yang bersifat laporan historis dan retrospektif, yaitu berupa laporan masa lalu., sedangkan akuntansi keuangan memberikan informasi yang bersifat prospektif yaitu digunakan untuk perencanaan di masa yang akan datang

D. Tidak ada jawaban yang benar.

E. Jawaban benar semua

Jawaban : A

98.  Pada  pertengahan  tahun  berapakah  metode  akuntansi  manajemen  dikembangkan.....

A. 1960

B. 1945

C. 1980

D. 1970

E. 1985

Jawaban : A

99. Cara yang biasa digunakan untuk menilai alternative investasi adalah . . .

A. Full Costing

B. Income Statement

C. Pay Back Period

D. Balance Sheet

E. Neraca

Jawaban : C

100. Dibawah ini adalah aspek-aspek dari pengukuran kinerja organisasi

sektor publik,kecuali........

A. Kelompok masukan yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran

B. Kelompok proses yang dari kegiatan baik dari segi kecepatan,ketepatan,maupun tingkat akurasi pelaksanaan kegiatan tersebut

C. Kelompok simpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan kegiatan agar organisasi berjalan lancar

D. Kelompok keluaran yang segala sesuatu yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berwujud maupun tidak berwujud

E. Proses dari kegiatan baik dari segi ketetapan maupun tingkat akurasi pelaksanaan kegiatan tersebut

Jawaban : C

101. Dibawah ini adalah elemen pokok dari pengukuran kinerja,kecuali.......

A. Menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi organisasi

B. Merumuskan indikator dan ukuran kinerja

C. Evaluasi kinerja

D. Menguraikan dan menjalankan kinerja organisasi

E. Ukuran kinerja

Jawaban : D

102. Tujuan dari sistem pengukuran kinerja adalah .........

A. Untuk mengukur kinerja financial

B. Untuk mengutamakan alokasi sumber daya

C. Untuk menentukan tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja

D. Untuk menunjukan bagaimana kemajuan atas sasaran yang telah ditetapkan

E. Non financial secara berimbang

Jawaban : A

103. Dalam pengukuran kinerja sektor publik dilakukan untuk memenuhi 3 maksud,kecuali.........

A. Pengukuran kinerja sektor publik dimaksudkan untuk membantu memperbaiki kinerja pemerintahan

B. Ukuran kinerja sektor publik digunakan untuk pengalokasian sumber daya dan pembuatan keputusan

C. Ukuran kinerja sektor publik dimaksudkan untuk mewujudkan pertanggungjawaban publik dan memperbaiki komunikasi kelembagaan

D. Pengukuran kinerja sektor publik dimaksudkan untuk membantu pihak swasta atau perusahaan yang terkait

E. Mmeperbaiki komunikasi kelembagaan

Jawaban : D

104. Manfaat dalam pengukuran kinerja sektor publik adalah.........

A. Memberikan pemahaman mengenai ukuran yang digunakan untuk menilai kinerja manajemen

B. Meminimalkan dan mengantisipasi timbulnya pemerintahan yang menyimpang

C. Mengawasi distribusi kekuasaan pada lembaga terkait

D. Jawaban tidak ada yang benar

E. Jawaban benar semua

Jawaban : A

105. Pengukuran yang hanya mempertimbangkan masukan yang dipergunakan merupakan pengertian dari........

A. Pengukuran ekonomi

B. Pengukuran efisiensi

C. Pengukuran efektifitas

D. Pengukuran outcome

E. Income

Jawaban : A

106. Dibawah ini adalah manfaat implementasi konsep value for money pada organisasi sektor publik kecuali.....

A. Meningkatkan efektivitas pelayanan publik dalam arti pelayanan yang diberikan tepat sasaran

B. Meningkatkan mutu pelayanan publik

C. Menaikkan biaya pelayanan publik

D. Alokasi belanja yang lebih berorientasi pada kepentingan publik

E. Meningkatkan pelayanan dalam arti efektifitas

Jawaban : C

107. Apakah yang dimaksud dengan value for money......

A. Alat pengukuran kinerja untuk menilai suatu kinerja pada perusahaan publik dan juga digunakan untuk mengukur ekonomi,efisiensi, dan efektivitas segala kegiatan pada organisasi sektor publik

B. Alat pengukuran kinerja untuk memonitori dalam upaya menciptakan perbaikan kinerja secara berkelanjutan

C. Alat untuk menyesuaikan perubahan kebutuhan layanan publik

D. Alat untuk menguji validitas dan keandalan indikator

E. Upaya untuk memperbaiki kinerja secara berkelanjutan

Jawaban : A

108.  Saluran komunikasi formal terdiri dari aktivitas formal dalam organisasi. Yang bukan termasuk dalam aktivitas formal adalah.....

A. Perumusan strategi

B. Pengendalian strategi.

C. Perncanaan strategi

D. Penganggaran

E. Strategi

Jawaban : B

109. Apa yang dimaksud dengan perumusan strategi.......

A. Proses penentuan program-program, aktivitas, atau proyek yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dan penentuan jumlah alokasi sumber daya yang akan dibutuhkan

B. Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen, yang merupakan bagian dari proses pengendalian manajemen yang dapat digunakan sebagai alat pengendalian

C. Proses dimana semua penentuan dilakukan manajerial untuk kemudian dilakukan evaluasi

D. Proses penentuan visi, misi, tujuan, sasaran, target (outcome), arah dan kebijakan, serta strategi organisasi.

E. Proses pengendalian manajemen

Jawaban : D

110. Manfaat dari perencanaan strategi bagi organisasi adalah.......

A. Sebagai sarana memfasilitasi terciptanya anggaran yang tidak efisien

B. Sebagai sarana memfokuskan manajer pada pelaksanaan strategi yang ditetapkan.

C. Sebagai sarana memfasilitasi alokasi sumber daya yang kurang optimal

D. Semua jawaban salah

E. Jawaban benar semua

Jawaban : B

 

No comments: