SOALPILIHAN GANDA!
1. Akuntansi pemerintahan menurut Arifin Sabeni dan Imam Ghazali adalah...
a. Akuntansi pemerintahan adalah berbagai data akuntansi yang digunakan untuk memberi suatu informasi tentang seluruh transaksi ekonomi serta keuangan yang menyangkut organisasi pemerintahan dan organisasi-organisasi dengan tujuan non profit atau tidak menghasilkan laba
b. Akuntansi pemerintahan yakni berbagai akuntansi (pemerintahan termasuk akiuntansi untuk lembaga non-profit pada umumnya) adalah idan akuntansi yang berkaitan antara lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga yang bertujuan untuk tidak mencari laba
c. Akuntansi pemerintahan yaitu suatu kegiatan jasa dalam rangka menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan dari entitas pemerintah sebagai pengambilan keputusan ekonomiyang nalar dari pihakpihakyang berkepentingan
d. Akuntansi pemerintahan ialah segalapemerintahan jasa untuk menyediakan suatu informasi keuangan pemerintah berdasarkan proses pencatatan, pengklarifikasian, penafsiran atas informasi keuangan serta pengikhtisaran suatu transaksi keuangan pemerintah tersebut
e. Akuntansi pemerintahan merupakan beberapa sistem akuntansi yang di terapkan di bagian keuangan Negara (publik finance), dan khususnya pada tahap pelaksanaan anggaran (budget execution),termasuk pengaruh yang di timbulkannya, baik yang bersifat seketika atau yang bersifat permanen pada seluruh tingkatan dan unit pemerintahan
2. Tujuan akuntansi pemerintahan adalah...
a. Membuat transaksi akuntansi
b. Memberikan informasi keuangan atas transaksi keuangan
c. Menghasilkan laba
d. Menentukan kerugian perusahaan
e. Dapat menguntungkan perusahaan lain
3. Sistem pencatatan single entry sering di sebut juga dengan sistem...
a. Pendapatan
b. Tata buku tunggal/tata buku
c. Keuangan
d. Perhitungan perusahaan
e. Ketenaga kerjaan
4.
Sistim pembukuan tunggal adalah...
a.
Sistim pembukuan yang hanya melaporkan saldo kas
b.
Sistim pembukuan yang hanya melaporkan penerimaan kas
c.
Sistim pembukuan yang hanya melaporkan pengeluaran kas
d.
Sistim pembukuan yang lengkap
e.
Sistim pembukuan yang melaporkan harta, utang dan modal
5.
Di bawah ini adalah kelebihan sistim pembukuan tunggal adalah...
a.
Merupakan sistim pembukuan yang lengkap
b.
Sangat sukar dipahami
c.
Pencatatanya sederhana dan mudah dipahami
d.
Sistim pembukuan yang tidak mudah dilakukan
e.
Merupakan sistim pembukuan yang tidak sederhana
6.
Kekurangan sistim pembukuan tunggal adalah...
a.
Sangat sukar dipahami
b.
Merupakan sistim pembukuan yang lengkap
c.
Pencatatannya sederhana
d.
Mudah dipahami
e.
Kurang lengkap untuk pelaporan
7.
Berikut unsur-unsur persamaan dasar akuntansi, kecuali...
a.
Asset
b.
Utang
c.
Modal
d.
Pendapatan
e.
Utang jangka panjang
8.
Pesamaan dasar akuntansi digambarkan dalam sebuah persamaan sebagai berikut
a.
Asset + pasiva = modal
b.
Asset + aktiva = modal
c.
Asset = kewajiban + ekuitas
d.
Asset = modal
e.
Asset = kewajiban + beban
9.
Di bawah ini merupakan laporan keuangan pemerintah daerah, kecuali...
a.
Laporan operasional
b.
Laporan arus kas
c.
Laporan laba rugi
d.
Laporan perubahan ekuitas
e.
Catatan atas laporan keuangan
10.
Berikut ini adalah sumber pendapatan daerah, kecuali...
a.
Pendapatan asli daerah
b.
Dana berimbang
c.
Dana alokasi khusus
d.
Penerimaan laba dari BUMD
e.
Belanja pegawai
11.
Dana alokasi umum adalah pendapatan pemerintah daerah yang bersumber dari...
a.
Pemerintah pusat
b.
BUMD
c.
BUMN
d.
Kekayaan daerah
e.
Pajak daerah
12.
Sebagaian besar pendapatan asli daerah bersumber dari...
a.
Retribusi daerah
b.
BUMD
c.
Kekayaan daerah
d.
Pajak daerah
e.
Dana berimbang
13.
Standar akuntansi yang cocok untuk akuntansi desa yaitu...
a.
Standar umum
b.
PSAK
c.
AKM
d.
INFRS
e.
SAP
14.
Dalam sistim ini, akuntansi SKPD diselenggarakan terpisah dengan akuntansi
PPKD. Untuk menjaga sinkronisasi, serta hubungan cabang-pusat maka
diterbitkanlah rekening Koran. Sistim yang dimaksud yaitu...
a.
Sistim sentralisasi
b.
Sistim desentralisasi
c.
Sistim akuntansi
d.
Sistim PABU
e.
Sistim daerah
15.
Penyelenggaraan akuntansi desa wajib bagi pemerintahan desa. Hal ini karena...
a.
Dapat mendukung proses akuntabilitas pengelolaan keuangannya kepada public
atau masyarakat.
b.
Sebagai formalitas dalam menjalankan pemerintahan desa
c.
Merupakan syarat wajib keuangan daerah
d.
Merupakan inisiasi dari pemerintah pusat
e.
Merupakan kewajiban pemerintah desa
16.
Aktivitas transaksi pemerintah daerah antara lain,adalah . . . .
a.
Pembelian barang dagangan
b.
Penjualan barang dagangan
c.
Retur penjualan
d.
Belanja pegawai
e.
Pengambilan pribadi
17.
Laporan yang menyajikan informasi mengenai anggaran dan realisasi
pendapatan dan belanja ialah…
a. Neraca
b. LRA
(Laporan Realisasi Anggaran)
c. Arus kas
d. Laba rugi
e. Perubahan ekuitas
18.
Sistem pencatatan akuntansi untuk SKPD-BUD dan SKPD menggunakan akun
reciprocal adalah….
a.
RK-SKPD di SKPD
b.
RK-PPKD di PPKD
c.
RK-PPKD di SKPD
d.
Kas di kasda
e.
Kas dibendahara penerimaan
19.
Pihak yang menerbitkan SP2D TU adalah….
a.
PPKD
b.
kuasa BUD
c.
SKPD
d.
SPP-TU
e.
kepala dinas
20.
Perbedaan antara UP dan TU adalah….
a.
Akun yang dipakai
b.
Jumlah uang
c.
Ada tidaknya penggantian uang
d.
Sasaran belana yng digunakan
e.
Bendahara penerimaan dan pengeluaran
21.
Bendahara SKPD melakukan belanja ATK dengan UP, maka jurnall yang dibuat
adalah….
a.
Perlengkapan (D); kas dikasda(k)
b.
Belanja ATK(D); kas dibendahara pengeluaran(K)
c.
Belanja ATK(D); kas dibendahara penerimaan(K)
d.
Kas dibendahara penerimaan (D); belanja ATK(K)
e.
Kas dibendahara pengeluaran(D);belanja ATK(K)
22.
Jika terjadi penyetoran sisa UP, maka uang dibendahara pengeluaran….
a.
Bertambah
b.
Stabil
c.
Berkurang
d.
Berpindah
e.
Dicatat
23.
Belanja gaji dan tunjangan termasuk belanja yang dibayarkan secara…
a.
Tidak langsung
b.
Langsung
c.
Harian
d.
Mingguan
e.
Bulanan
24.
Akun dibawah ini yang bersaldo normal debit adalah….
a.
Asset dan ekuitas
b.
Belanja dan kewajiban
c.
Asset dan belanja
d.
Ekuitas dan pengeluaran pembiyayaan
e.
Penerimaan pembayaran
25.
Defisit anggaran terjadi apabila….
a.
Belanja lebih kecil dari pendapatan
b.
Pendapatan lebih kecil dari belanja
c.
Pendapatan sama dengan belanja
d.
Pendapatan lebih besar dari belanja
e.
Belanja lebih besar dari pendapatan
26. Utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah daerah disebut ...
a. Kewajiban
b. Aset lancar
c. Pendapatan
d. Ekuitas
e. Beban
27. Kekayaan bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara aset dan pemerintah daerah merupakan ...
a. Belanja
b. Ekuitas
c. Kewajiban
d. Aset
e. Pendapatan
28. Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut ...
a. Pengeluaran
b. Ekuitas
c. Pendapatan
d. Aset
e. Kewajiban
29. Selisih antara aset lancar dengan kewajiban jangka pendek di dalam ekuitas dana pemerintah disebut ekuitas ....
a. Dana pemerintah
b. Dana investasi
c. Dana lancar
d. Jangka panjang
e. Jangka pendek
30. Kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam kekayaan berjangka panjang, diperoleh dengan menjumlahkan 1) Investasi Jangka Panjang, 2) Aset Tetap, 3) Aset Lainnya dikurangi dengan jumlah dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangka panjang. Berdasarkan Standar akuntansi pemerintah, hal ini disebut ekuitas ...
a. Dana lancar
b. Dana investasi
c. Dana pemerintah
d. Jangka pendek
e. Jangka panjang
31. Piutang yang diakui atas penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta retribusi yang sudah ada surat ketetapannya ini disebut ....
a. Piutang pajak daerah
b. Kewajiban jangka pendek
c. Kewajiban jangka panjang
d. Piutang jangka pendek
e. Piutang jangka panjang
32. Kekayaan pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sesuai peraturan perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam Dana Cadangan disebut ekuitas ...
a. Dana lancar
b. Dana investasi
c. Dana cadangan
d. Jangka pendek
e. Jangka panjang
33. Kas dalam pengelolaan pemegang kas di SKPD yang masih harus dipertanggungjawabkan kepada kas daerah atau Bendahara Umum Daerah adalah termasuk dalam kas ...
a. Bendahara penerimaan
b. Bendahara pengeluaran
c. Piutang pajak daeralh
d. Inveslasi jangka pendek
e. Investasi jangka panjang
34. Akun anggaran dari Pendapatan LRA, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun Pendapatan LRA. Hal ini merupakan akun anggaran estimasi ...
a. Belanja
b. Pendapatan
c. Penerimaan pembiayaan
d. Pengeluaran pembiayaan
e. Perubahan SAL
35. Akun anggaran dari Belanja, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun Belanja. Hal ini merupakan akun anggaran ...
a. Stimasi belanja
b. Estimasi pendapatan
c. Perubahan SAL
d. Pengeluaran pembiayaan
e. Penerimaan pembiayaan
36. Akun anggaran dari penerimaan pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut ....
a. Estimasi pengeluaran pembiayaan
b. Estimasi penerimaan pembiayaan
c. Estimasi pendapatan
d. Estimasi belanja
e. Estimasi perubahan SAL
37. Akun anggaran dari perubahan SAL, sehingga saldo normal maupun aturan perdebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran ....
a. Estimasi perubahan SAL
b. Estimasi penerimaan pembiayaan
c. Estimasi pengeluaran pembiayaan
d. Kemandirian entitas
e. Estimasi pendapatan
38. Semua transaksi keuangan untuk menutupi defisit atau untuk memanfaatkan surplus, yang terdiri dari Penerimaan Pembiayaan, Pengeluaran Pembiayaan, dan sisa lebih anggaran tahun berkenaan. Hal ini merupakan jenis transaksi ...
a. Pendapatan daerah
b. Belanja daerah
c. Pembiayaan daerah
d. Kemandirian entitas
e. Keseimbangan entitas
39. Pencatatan berdasarkan basis akrual pada Laporan Operasional dan Neraca digunakan untuk mencatat transaksi keuangan terkait Aset, Kewajiban, Ekuitas, Pendapalan-LO, dan Beban. Hal ini disebut ....
a. Jurnal finansial
b. Pelaksanaan anggaran
c. Jurnal transaksi
d. Bukti memorial
e. Jurnal kolorasi
40. Pencatatan berdasarkan basis kas pada laporan realisasi anggaran, sehingga transaksi tersebut tidak melibatkan kas dan tidak perlu melakukan catatan adalah ....
a. Bukti kas masuk
b. Pelaksana anggaran
c. Bukti kas keluar
d. Bukti memorial
e. Jurnal transaksi
41. Suatu buku yang berisi kumpulan rekening alau akun dalam kategori yang sama yang dicatat dalam jurnal dan digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu entitas disebut ...
a. Ledger
b. Real account
c. Nominal account
d. Cash basic
e. Accrued basic
42. Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam neraca seperti aset, kewajiban dan ekuitas disebut ...
a. Nominal account
b. Real account
c. Ledger
d. Accrual revenues
e. Accrual expense
43. Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja disebut ...
a. Permanent account
b. Ledger
c. Real account
d. Prapaynent
e. Nominal account
44. Semua penerima Rekening Kas Umum Negara/Daerah yang menambah ekuitas dan lancar dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah disebut ...
a. Belanja
b. Pembiayaan
c. Pendapatan LRA
d. Surplus
e. Transfer pengeluaran
45. Pengeluaran uang dari suatu entitas pelaporan dari/kepada entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil disebut ....
a. Pembiayaan
b. Belanja
c. Surplus
d. Pendapatan LRA
e. Transfer pengeluaran
46. Penerimaan yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun-tahun anggaran berikutnya, yang dalam penganggaran pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup defisit ataupun memanfaatkan surplus anggaran disebut ...
a. Pendapatan LRA
b. Pembiayaan
c. Belanja
d. Surplus
e. Transfer pengeluaran
47. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan adalah ...
a. Laporan realisasi anggaran
b. Laporan operasional
c. Laporan perubahan ekuitas
d. Jurnal penutup
e. Jurnal pembalik
48. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunaanya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu periode pelaporan adalah ....
a. Laporan realisasi anggara
b. Laporan operasional
c. Laporan perubahan ekuitas
d. Jurnal pembalik
e. Jurnal penutup
49. Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...
a. Jurnal penutup
b. Jurnal pembalik
c. Laporan perubahan ekuitas
d. Laporan operasional
e. Laporan realisasi anggaran
50. Berikut ini yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu ...
a. Laporan L/R
b. Laporan LRA
c. Laporan Operasional
d. Laporan Perubahan Ekuitas
e. Laporan Neraca
51. Pusat-pusat pertanggungjawaban berbasis pada apa saja...
a.
Perencanaan dan koordinasi
b.
Perencanaan dan pengendalian
c.
Pengendalian dan penilaian kinerja
d.
B dan C benar
e.
A dan C benar
52. Pengendalian manajemen meliputi 7 aktivitas yang antara lain
ialah...
a.
Koordinasi dan penilaian kinerja
b.
Perencanaan, koordinasi dan
pengambilan keputusan
c.
Penilaian kinerja, pengendalian dan
koordinasi
d.
Perencanaan dan pengendalian
e.
Peraturan dan koordinasi
53. Dalam tahap ini pengendalianmanajemen terkait dengan perumusan
strategi dan perencanaan strategik yang dijabarkan dalam bentuk program-program
pengertian diatas adalah pengertian dari...
a.
Pengendalian preventif
b.
Pengendalian operasional
c.
Pengendalian kinerja
d.
Pengendalian koordinasi
e.
Pengendalian kooperatif
54. Informasi yang dapat membedakan dengan jelas antara biaya yang
dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan oleh manajer pusat
pertanggungjawaban adalah …
a.
Informasi efisiensi
b.
Informasi efektivitas
c.
Informasi yang relevan
d.
Informasi yang akurat
e.
Informasi realitas
55. Ketepatan cara (usaha,kerja) dalam menjalankan sesuatu dengan
tidak membuang-buang waktu, tenaga dan biaya, merupakan pengertian dari...
a.
Informasi efisiensi
b.
Formasi efektivitas
c.
Informasi yang relevan
d.
Informasi yang akurat
e.
Informasi realitas
56. Pertumbuhan ekonomi. tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar
mata uang, infrastruktur, struktur produksi, arus modal dalam negeri, cadangan
devisa, utang dan bantuan luar negeri dan pertumbuhan pendapatan per kapita
(GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...
a.
Politik
b.
Kultur
c.
Ekonomi
d.
Demografi
e.
Otonomi
57. Hubungan negara dan masyarakat, legitimasi pemerintah, tipe rezim
yang berkuasa, ideologi negara, elit politik dan massa, jaringan internasional,
kelembagaan merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...
a.
Politik
b.
Otonomi
c.
Ekonomi
d.
Belanja
e.
Anggaran
58. Keragaman suku, ras, agama, bahasa dan budaya, sistem nilai di
masyarakat, historis, sosiologi masyarakat, karakteristik masyarakat, tingkat
pendidikan merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...
a.
Otonomi
b.
Ekonomi
c.
Kultural
d.
Anggaran
e.
Pengendalian
59. Pertumbuhan penduduk, struktur usia penduduk, migrasi, tingkat
kesehatan adalah komponen lingkungan sektor publik faktor ...
a.
Otonomi
b.
Ekonomi
c.
Demografi
d.
Anggaran
e.
Materialitas
60. Aset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari
imbalan (consideration) untuk memperoleh aset tersebut pada saat perolehan. Hal
tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
a.
Nilai historis
b.
Konsistensi
c.
Penyajian wajar
d.
Realisasi
e.
Basis akuntansi
61. Perlakuan akuntansi diterapkan dari periode ke periode oleh suatu
entitas pelaporan selalu sama. Metode akuntansi dapat diubah, jika metode yang
baru mampu memberikan informasi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Hal
tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
a.
Basis akuntansi
b.
Nilai historis
c.
Realisasi
d.
Konsistensi
e.
Penyajian wajar
62. Faktor pertimbangan sehat bagi penyusun laporan keuangan
diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Hal
tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
a.
Konsistensi
b.
Realisasi
c.
Nilai historis
d.
Basis akuntansi
e.
Penyajian wajar
63. Pendapatan yang tersedia dan telah diotorisasikan melalui anggaran
pemerintah pada suatu tahun fiskal akan direalisasikan untuk membayar hutang
dan belanja dalam periode tersebut. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi
pemerintah yang dinamakan ...
a.
Realization
b.
Periodicity
c.
Consistency
d.
Fair presentation
e.
Full disclosure
64. Kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan perlu dibagi menjadi
periode pelaporan sehingga kinerja entitas dapat diukur dan posisi sumber daya
yang dimilikinya dapat ditentukan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi
pemerintah yang dinamakan ...
a.
Consistency
b.
Realization
c.
Periodicity
d.
Full disclosure
e.
Fair presentation
65. Laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang
dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan dapat ditempatkan pada lembar
muka (on the face) laporan keuangan atau Catatan atas Laporan Keuangan. Hal
tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
a.
Realization
b.
Periodicity
c.
Consistency
d.
Fair presentation
e.
Full disclosure
66. Mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya (khususnya
keuangan) serta pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan
yang telah ditetapkan melalui laporan keuangan secara periodik disebut ...
a.
Antargenerasi
b.
Transparansi
c.
Manajerial
d.
Akuntabilitas
e.
Keseimbangan entitas
67. Menyediakan informasi keuangan yang berguna untuk perencanaan dan
pengelolaan keuangan pemerintah serta memudahkan pengendalian yang efektif atas
aset, hutang, dan ekuitas dana adalah peranan laporan keuangan ...
a.
Transparansi
b.
Akuntabilitas
c.
Manajerial
d.
Antargenerasi
e.
Keseimbangan entitas
68. Menyediakan informasi keuangan yang terbuka bagi masyarakat dalam
mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik disebut ...
a.
Manajerial
b.
Akuntabilitas
c.
Transparansi
d.
Keseimbangan
e.
Antargenerasi
69. Memberikan informasi mengenai kecukupan penerimaan pemerintah
untuk membiayai seluruh pengeluaran, dan apakah generasi yang akan datang akan
ikut menanggung beban pengeluaran tersebut adalah peranan laporan keuangan ...
a.
Manajerial
b.
Transparansi
c.
Akuntabilitas
d.
Evaluasi kerja
e.
Keseimbangan antargenerasi
70. Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dangan
membantu mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini. Laporan Keuangan
merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memiliki ....
a.
Dapat di bandingkan
b.
Umpan balik
c.
Manfaat prediktif
d.
Dapat dipahami
e.
Dapat diverifikasi
71. Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dalam
pengambilan keputusan. Hal ini merupakan informasi yang relevan, oleh karena
itu informasi harus memenuhi syarat ...
a.
Manfaat umpan balik
b.
Manfaat prediktif
c.
Tepat waktu
d.
Dapat di bandingkan
e.
Dapat di pahami
72. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat diuji,
apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali oleh pihak yang berbeda, hasilnya
tetap menunjukkan simpulan yang tidak berbeda jauh. Hal ini merupakan informasi
yang andal yaitu ...
a.
Dapat dibandingkan
b.
Dapat dipahami
c.
Dapat diverifikasi
d.
Manfaat umpan balik
e.
Manfaat prediktif
73. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh
pengguna, dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan
batas pemahaman para pengguna. Hal ini merupakan karakteristik kualitatif
laporan keuangan yaitu ...
a.
Dapat diverifikasi
b.
Dapat dibandingkan
c.
Dapat dipahami
d.
Kemandirian entitas
e.
Keseimbangan entitas
74. Setiap unit akuntansi dianggap sebagai unit yang mandiri dan
mempunyai kewajiban untuk menyajikan laporan keuangan sehingga tidak terjadi
kekacauan antar unit instansi pemerintah dalam pelaporan keuangan. Hal ini
merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi...
a.
Pengawasan
b.
Perencanaan
c.
Kemandirian entitas
d.
Keseimbangan entitas
e.
Satuan uang
75. Laporan keuangan disusun dengan asumsi bahwa entitas pelaporan
akan berlanjut keberadaannya sehingga pemerintah diasumsikan tidak bermaksud melakukan
likuiditas atas entitas pelaporan dalam jangka pendek. Hal ini merupakan asumsi
dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...
a.
Satuan uang
b.
Pengawasan
c.
Perencanaan
d.
Keseimbangan entitas
e.
Kemandirian entitas
76. Laporan keuangan entitas harus menyajikan setiap kegiatan yang
diasumsikan dapat dinilai dengan satuan uang. sehingga memungkinkan
dilakukannya pengukuran dalam akuntansi. Hal ini merupakan asumsi dasar
akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...
a.
Kemandirian entitas
b.
Keseimbangan entitas
c.
Pengawasan
d.
Perencanaan
e.
Satuan uang
77. Informasi bagi pengguna dimungkinkan untuk menegaskan atau
mengkoreksi ekspektasi mereka dimasa lalu. Hal ini merupakan syarat informasi
yang relevan yaitu ...
a.
Flashback value
b.
Predictive value
c.
Accrual basis
d.
Cash basis
e.
Financing
78. Informasi dimungkinkan dapat membantu pengguna untuk memprediksi
masa yang akan datang berdasarkan hasil masa lalu dan kejadian masa kini. Hal
ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu ....
a.
Financing
b.
Cash basis
c.
Accrual basis
d.
Predictive value
e.
Flashback value
79. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian
sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan
perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan
disebut ...
a.
Realisasi anggaran
b.
Perubahan ekuitas
c.
Pendapatan LRA
d.
Operasional
e.
Neraca
80. Jenis laporan yang harus disusun berdasarkan basis akrual, yang
menyajikan informasi kenaikan dan penurunan ekuitas tahun pelaporan
dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...
a.
neraca
b.
operasional
c.
realisasi anggaran
d.
pendapatan LRA
e.
perubahan ekuitas
81. Salah satu metode penentuan strategi adalah ...
a.
SWOT
b.
Management by walking around
c.
Break down
d.
Corporate level strategy
e.
Implementasi
82. Bagian yang bertugas menyusun anggaran untuk tiap-tiap unit
operasi adalah ...
a.
Komite perancangan
b.
Komite penganggaran
c.
Komite pertanggungjawaban
d.
Komite anggaran
e.
Komite devisi
83. Strategi yang dihasilkan dari proses perumusan strategi merupakan
strategi global atau dalam perusahaan disebut ...
a.
Unit business level strategy
b.
Corporate level strategy
c.
Strategy revision
d.
Opportunity
e.
Intelligence
84. Proses yang menentukan bagaimana mengimplementasikan dari
perumusan strategy adalah ...
a.
Perencanaan strategik
b.
Perencanaan strategi
c.
Perencanaan anggaran
d.
Proses dan praktik
e.
Proses pencatatan
85. Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen adalah ...
a.
Penganggaran
b.
Perencanaan strategi
c.
Penilaian kinerja
d.
Perencanaan strategi
e.
Pengawasan
86. Akuntansi manajemen sektor publik menghasilkan informasi yang
berguna dalam...
a.
Perencanaan dan pengendalian
organisasi
b.
Perencanaan dan pengoperasian
organisasi
c.
Pengoperasian dan pengendalian
organisasi
d.
Pengoperasian dan penilaian kinerja organisasi
e.
Perencanaan dan pengawasan
87. Berikut ini yang
bukan merupakan tahap
proses perencanaan dan
pengendalian manajerial organisasi sektor publik yaitu...
a.
Perencanaan operasional
b.
Penganggaran
c.
Perencanaan tujuan dan sasaran dasar
d.
Penilaian Kinerja
e.
Pengawasan
88. Peran akuntansi manajemen dalam organisasi sektor publik, kecuali...
a.
Perencanaan Strategik
b.
Pemberiaan Informasi biaya
c.
Perencanaan Operasional
d.
Penilaian Investasi
e.
Statistik perencanaan
89. Tahap dimana pemerintah
mengakumulasi data mengenai
biaya yang dibutuhkan
untuk menghasilkan produk / jasa pelayanan disebut...
a.
Cost Recording
b.
Cost Finding
c.
Cost Reporting
d.
Cost Analyzing
e.
A, B, C, dan D benar
90. Informasi akuntansi sebagai
alat perencanaan pada
dasarnya dapat dibedakan
menjadi tiga kelompok, kecuali...
a.
Informasi yang sifatnya rutin atau ad
hoc
b.
Informasi kuantitatif atau kualitatif
c.
Informasi disampaikan melalui saluran
formal atau informal
d.
Informasi yang bersifat objektif atau
subjektif
e.
A, dan C benar
91. Perencanaan meliputi aktivitas yang bersifat, kecuali...
a.
Strategik
b.
Efektif
c.
Taktis
d.
melibatkan aspek operasional
e.
kecepatan
92. Pola pengendalian tiap organisasi berbeda-beda tergantung pada...
a.
jenis dan karakteristik organisasi
b.
jenis dan tujuan organisasi
c.
karakteristik dan tujuan organisasi
d.
ruang lingkup dan tujuan organisasi
e.
kekompakan berorganisasi
93. Berikut ini merupakan tahap dimana manajemen organisasi membuat
alternatif-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu...
a.
Penilaian investasi
b.
Penganggaran
c.
Perencanaan strategi
d.
Penilaian kinerja
e.
C, dan D benar
94. Berikut ini yang
bukan merupakan fungsi
anggaran dalam manajemen
sector publik, yaitu...
a.
sebagai alat alokasi sumber daya
publik
b.
sebagai alat distribusi
c.
sebagai alat stabilisasi
d.
sebagai alat operasi
e.
sebagai alat kontribusi
95. Sumber daya yang
dikorbankan untuk memberikan
pelayanan merupakan pengertian dari...
a.
Biaya Input
b.
Biaya Output
c.
Biaya Proses
d.
Biaya Operasi
e.
Biaya distribusi
96. Pemberian pelayanan publik pada dasarnya dapat dibiayai melalui
dua sumber, yaitu...
a.
Pajak dan pembebanan langsung
b.
Pembiayaan defisit anggaran
c.
Penjualan asset milik pemerintah
d.
Utang
e.
Pendapatan
97. Jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah kecuali...
a.
Barang ekonomis
b.
Barang privat
c.
Barang public
d.
Barang campuran
e.
Barang mewah
98. Barang public adalah barang kebutuhan masyarakat yang manfaatnya
dinikmati oleh...
a.
Seluruh masyarakat
b.
Individu
c.
Perorangan
d.
Berdua
e.
Semua benar
99.
Tujuan dari
sistem pengukuran kinerja adalah .........
a.
Untuk mengukur
kinerja financial dan non financial secara berimbang
b.
Untuk
mengutamakan alokasi sumber daya
c.
Untuk
menentukan tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja
d.
Untuk
menunjukan bagaimana kemajuan atas sasaran yang telah ditetapkan
e.
Untuk
mengefisiensikan sumber daya
100. Dalam pengukuran kinerja sektor publik
dilakukan untuk memenuhi 3
maksud,kecuali.........
a.
Pengukuran
b.
kinerja sektor
publik dimaksudkan untuk membantu memperbaiki kinerja
pemerintahan
c.
Ukuran kinerja
sektor publik digunakan untuk pengalokasian sumber daya dan
pembuatan keputusan
d.
Ukuran kinerja
sektor publik dimaksudkan untuk mewujudkan pertanggungjawaban
publik dan memperbaiki komunikasi kelembagaan
e.
Semua benar
KUNCI JAWABAN:
No comments:
Post a Comment