Wednesday, November 11, 2020

KUMPULAN SOAL JAWAB AKUNTANSI PEMERINTAHAN/AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK 5

 

Soal pilihan ganda Akuntansi Pemerintah

 


1.       Laporan keuangan terdiri dari, kecuali ...

A.      Politik

B.      Laporan realisasi anggaran (LRA)

C.      Arus kas

D.      Laba rugi

E.       Perubahan modal

2.       Akun yang dicatat pada posisi debit pada saat terdapat penambahan adalah ...

A.      Belanja

B.      Ekuitas dana

C.      Pendapatan

D.      Utang

E.       Kewajiban

3.       Sistem akuntansi yang mengakui transaksi dan mencatatnya pada satu orde dikeluarkan disebut akuntansi ...

A.      Anggaran

B.      Kas

C.      Dana

D.      Akrual

E.       komitmen

4.       Berikut ini yang merupakan kelemahan dari pencatatan single entry yaitu ...

A.      Sederhana dan mudah dipahami

B.      Pencatatannya akurat dan teliti

C.      Kurang bagus untuk laporan keuangan

D.      Pengontrolan akun mudah

E.       Pencatatannya dilakukan perlembar

5.       Tujuan dari pengaplikasian akuntansi akrual dalam sektor publik pada dasarnya adalah untuk ...

A.      Menemukan balance system

B.      Menentukan cost of fund

C.      Membuat neraca

D.      Menetukan cost of service

E.       Menyederhanakan sistem

6.       Pemerintah Daerah kabupaten karo pada tanggal 1 januari 2017 memiliki kewajiban sebesar       Rp. 36.000.000.000,00  dan aset Rp. 420.000.000.000,00. Jika tidak ada data lain, maka besarnya ekuitas dana adalah ...

A.      Rp. 318.000.000.000,00

B.      Rp. 418.000.000.000,00

C.      Rp. 400.000.000.000,00

D.      Rp. 382.000.000.000,00

E.       Rp. 384.000.000.000,00

7.       Langkah setelah melakukan penyesuaian transaksi adalah ...

A.      Membuat neraca saldo

B.      Posting buku besar

C.      Membuat jurnal

D.      Membuat neraca

E.       Membuat LRA

8.       Akun yang menampung informasi/transaksi untuk satu periode tertentu yang akan dilaporkan dilaporan Realisasi Anggran (LRA) akun ...

A.      Riil

B.      Tambahan

C.      Nominal

D.      Pelengkap

E.       Wajib

9.       Berikut ini termasuk akun riil adalah ...

A.      Pembelian perlengkapan

B.      Pendapatan pajak hotel

C.      Piutang jangka panjang

D.      Beban listrik, air dan telepon

E.       Pendapatan pajak reklami

10.   Berikut ini yang termasuk akun nominal adalah ...

A.      Mesin dan peralatan

B.      Kas di kasda

C.      Pendapatan pajak reklame

D.      Piutang angsuran

E.       Gedung

11.   Utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran kekluar sumber daya ekonomi pemerintah daerah disebut ...

A.      Kewajiban

B.      Aset lancar

C.      Pendapatan

D.      Ekuitas

E.       Beban

12.   Kekayaan bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara aset dan pemerintah merupakan ...

A.      Belanja

B.      Ekuitas

C.      Kewajiban

D.      Aset

E.       Pendapatan

13.   Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam periiode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut ...

A.      Pengeluaran

B.      Ekuitas

C.      Pendapatan

D.      Aset

E.       Kewajiban

14.   Selisih antara aset lancar dengan kewajiban jangka pendek didalam ekuitas dana pemerintah disebut ekuitas ...

A.      Dana pemerintah

B.      Dana investasi

C.      Dana lancar

D.      Jangka panjang

E.       Jangka pendek

15.   Kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam kekayaan berjangka panjang, diperoleh dengan menjumlahkan 1) investasi jangka panjang 2) aset tetap 3) aset lainnya dikurangi dengan jumlah dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangka panjang. Berdasarkan standar akuntansi pemerintah, hal ini disebut ekuitas ...

A.      Dana lancar

B.      Dana investasi

C.      Dana pemerintah

D.      Jangka pendek

E.       Jangka panjang

16.   Piutang yang diakui atas penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta retribusi yang sudah ada surat ketetapannya ini disebut ...

A.      Piutang pajak daerah

B.      Kewajiban jangka pendek

C.      Kewajiban jangka panjang

D.      Piutang jangka pendek

E.       Piutang jangka panjang

17.   Kekayaan pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sesuai peraturan perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam dana cadangan disebut ekuitas ...

A.      Dana lancar

B.      Dana investasi

C.      Dana cadangan

D.      Jangka pendek

E.       Jangka panjang

18.   Kas dalam pengelolaan pemegang kas di SKPD yang masih harus dipertangggungjawabkan kepada kas daerah atau bendahara umum daerah adalah termasuk dalam kas ...

A.      Bendahara penerimaan

B.      Bendahara pengeluaran

C.      Piutang pajak daerah

D.      Investasi jangka pendek

E.       Investasi jangka panjang

19.   Akun anggaran dari pendapatan LRA, Sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan  dan pengkreditannya berlawanan dengan akun pendapatan LRA. Hal ini merupakan akun anggaran estimasi ...

A.      Belanja

B.      Pendapatan

C.      Penerimaan pembiayaan

D.      Pengeluaran pembiayaan

E.       Perubahan SAL

20.   Akun anggaran dari belanja, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun belanja. Hal ini merupakan akun anggaran ...

A.      Estimasi belanja

B.      Estimasi pendapatan

C.      Perubahan SAL

D.      Pengeluaran pembiayaan

E.       Penerimaan pembiayaan

21.   Akun anggaran dari penerimaan pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut ...

A.      Estimasi pengeluaran pembiayaan

B.      Estimasi penerimaan pembiayaan

C.      Estimasi pendapatan

D.      Estimasi belanja

E.       Estimasi perubahan SAL

22.   Akun anggaran dari perubahn SAL, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditanyya berlawanan dengann akun perubahan SAL merupakan akun anggaran ...

A.      Estimasi perubahan SAL

B.      Estimasi penerimaan pembiayaan

C.      Estimasi pengeluaran pembiayaan

D.      Kemandirian entitas

E.       Estimasi pendapatan

23.    Semua transaksi keuangan untuk menutupi defisit atau untuk memanfaatkan surplus , yang terdiri dari penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, dan sisa lebih anggran tahun berkenaan. Hal ini merupakan jenis transaksi ...

A.      Pendapatan daerah

B.      Belanja daerah

C.      Pembiayaan daerah

D.      Kemandirian entitas

E.       Keseimbangan entitas

24.   Pencatatan berdasarkan basis akrual pada laporan operasional dan neraca digunakan untuk mencatat transaksi keuangan terkait aset, kewajiban, ekuitas, pendapatan L-O, dan beban. Hal ini disebut ...

A.      Jurnal finansial

B.      Pelaksanaan anggran

C.      Jurnal transaksi

D.      Bukti memorial

E.       Jurnal kolorasi

25.   Pencatatan berdasarkan basis kas pada laporan realisasi anggaran, sehingga transaksi tersebut tidak melibatkan kas dan tidak perlu melakukan catatan addalah ...

A.      Bukti kas masuk

B.      Pelaksana anggaran

C.      Bukti kas keluar

D.      Bukti memorial

E.       Jurnal transaksi

26.   Suatu buku yang berisi kumpulan rekening atau akun dalam kategori yang sama yang dicatat dalam jurnal dan digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu entitas disebut ...

A.      Ledger

B.      Real account

C.      Nominal account

D.      Cash basic

E.       Accrued basic

27.   Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam neraaca seperti aset, kewajiban dan ekuitas disebut ...

A.      Nominal account

B.      Real account

C.      Ledger

D.      Accrual revenues

E.       Eccrual expense

28.   Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam laporan  realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja disebut ...

A.      Permanent account

B.      Ledger

C.      Real account

D.      Prapaynent

E.       Nominal account

29.   Semua penerima rekening kas umum Negara/Daerah yang menambah ekuitas dan lancar dalm periode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah disebut ...

A.      Belanja

B.      Pembiayaan

C.      Pendapatan LRA

D.      Surplus

E.       Transfer pengeluaran

30.   Pengeluaran uang dari suatu entitas pelaporan dari/ kepala entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil disebut ...

A.      Pembiayaan

B.      Belanja

C.      Surplus

D.      Pendapatan LRA

E.       Transfer pengeluaran

31.   Penerimaann yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun-tahun anggaran berikutnya, yang dalam penganggaran pemerintah terutam dimaksudkan untuk menutup defisit ataupun memanfaatkan surplus anggran disebut ...

A.      Pendapatan LRA

B.      Pembiayaan

C.      Belanja

D.      Surplus

E.       Transfer pengeluaran

32.   Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan adalah ...

A.      Laporan realisasi anggaran

B.      Laporan operasional

C.      Laporan perubahan ekuitas

D.      Jurnal penutup

E.       Jurnal pembalik

33.   Laporan yang menyajikan ikhtisa sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunanya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu periode pelaporan adalah ...

A.      Pelaporan realisasi anggaran

B.      Laporan operasional

C.      Laporan penambahan ekuitas

D.      Jurnal pembalik

E.       Jurnal penutup

34.   Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan akuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...

A.      Jurnal penutup

B.      Jurnal pembalik

C.      Laporan perubahan ekuitas

D.      Laporan operasiona

E.       Laporan realisasi anggaran

35.   Berikut ini yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemeerintah daerah yaitu ...

A.      Laporan L/R

B.      Laporan LRA

C.      Laporan operasional

D.      Laporan perubahan ekuitas

E.       Laporan neraca

36.   Pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrastruktur, struktur produksi, arus modal dalam negri, cadangan devisA, utang dan bantuan luar negri dan pertumbuhan pmdapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A.      Politik

B.      Kultur

C.      Ekonomi

D.      Demografi

E.       Otonomi

37.   Hubungan negara dan masyarakat, legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa, ideologi negara, elit politik dan massa, jaringan internasiional, kelembagaan merupakan komponene lingkungan sektor publik faktor ...

A.      Politik

B.      Otonomi

C.      Ekonomi

D.      Belanja

E.       Anggaran

38.   Keragaman suku, ras, agama, bahasa dan budaya, sistem nilai masyarakat, historis, sosiologi masyarakat, kerakteristik masyarakat, tingkat pendidikan merupakan komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A.      Otonnomi

B.      Ekonomi

C.      Kultural

D.      Anggaran

E.       Pengendalian

39.   Pertumbuhan penduduk , struktur usia penduduk, migrasi, tingkatan kesehatan adalah komponen lingkungan sektor publik faktor ...

A.      Otonomi

B.      Ekonomi

C.      Demografi

D.      Anggaran

E.       Materilitas

40.   Aset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari imbalann (consederation) untuk memperoleh aset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A.      Nilai historis

B.      Konsistensi

C.      Penyajian wajar

D.      Realisasi

E.       Basis akuntansi

41.   Perlakuan akuntansi diterapkan dari periode ke periode oleh suatu entitas pelaporan selalu sama. Metode akuntansi dapat diubah, jika metode yang baru mampu memberikan informasi yang lebih baik dibanding sebelumnya. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A.      Basis akuntansi

B.      Nilai historis

C.      Realisasi

D.      Konsistensi

E.       Penyajian wajar

42.   Faktor pertimbangan sehat bagi penyusun laporan keuangan diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Hal tesebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A.      Konsistensi

B.      Realisasi

C.      Nilai historis

D.      Basis akuntansi

E.       Penyajian wajar

43.   Pendapatan yang tersedia dan telah diotorisasikan melalui anggaran pemerintah pada suatu tahun fiskal akan direalissasikan untuk membayar hutang dan belanja dalam periode tesebut. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A.      Realization

B.      Periodicity

C.      Consistency

D.      Fair presentation

E.       Full disclosure

44.   Kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan perlu dibagi menjadi periode pelaporan sehingg kinerja entitas dapat diukur dan posisi sumber daya yang dimilikinya dapat ditentukan. Hal tesebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A.      Consistency

B.      Realization

C.      periodicity

D.      full disclosure

E.       Fair presentation

45.   Laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan dapat ditempatkan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan atau catatan atas laporan keuangan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...

A.      Realization

B.      Periodicity

C.      Consistency

D.      Fair presentation

E.       Full disclosure

46.   Mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya (khususnya keuangan) serta pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui laporan keuangan secara periodik disebut ...

A.      Antargenerasi

B.      Transparansi

C.      Manajerial

D.      Akuntabilitas

E.       Keseimbangan entitas

47.   Menyediakan informasi keuangan yang berguna untuk perencanaan dan pengelolaan keuagan pemerintah serta memudahkan pengendalian yang efektif atas aset, hutang, dan ekuitas dana adalah peranan laporan keuangan ...

A.      Transparansi

B.      Akuntabilitas

C.      Manajerial

D.      Antargenerasi

E.       Keseimbangan entitas

48.   Menyediakan informasi keuangan yang terbuka bagi masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaran pemerintah yang baik disebut ...

A.      Manajerial

B.      Akuntabilitas

C.      Transparansi

D.      Keseimbangan

E.       Antargenerasi

49.   Memberikan informasi mengenai kecukupan penerimaan pemerintah untuk membiayai seluruh pengeluaran, dan apakah generasi yang akan datang akan ikut menanggung beban pengeluaran tersebut adalah peranan laporan keuangan ...

A.      Manajerial

B.      Transparansi

C.      Akuntabilitas

D.      Evaluasi kerja

E.       Keseimbangan antar generasi

50.   Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini. Laporan keuangan merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memiliki ...

A.      Dapat dibandingkan

B.      Umpan balik

C.      Manfaat prediktif

D.      Dapat dipahami

E.       Dapat diverifikasi

51.   Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal ini merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memenuhi syarat ...

A.      Manfaat umpan balik

B.      Manfaat prediktif

C.      Tepat waktu

D.      Tepat dibandingkan

E.       Tepat dipahami

52.   Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat diuji, apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali oleh pihak yang berbeda, hasilnya tetap menunjukkan simpulan yang tidak berbeda jauh. Hal ini merupakan informasi yang andal yaitu ...

A.      Dapat dibandingkan

B.      Dapat dipahami

C.      Dapat diverifikasi

D.      Manfaat umpan balik

E.       Manfaat prediktif

53.   Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna, dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Hal ini merupakan kerakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu ...

A.      Dapat diverifikasi

B.      Dapat dibandingkan

C.      Dapat dipahami

D.      Kemandirian entitas

E.       Keseimbangan entitas

54.   Setiap unit akuntansi dianggap sebagai unit yang mandiri dan mempunyai kewajiban untuk menyajikan laporan keuangan sehingga tidak terjadi kekacauan antar unit instansi pemerintah dalam pelaporan keuangan. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...

A.      Pengawasan

B.      Perencanaan

C.      Kemandirian entitas

D.      Keseimbangan entitas

E.       Satuan uang

55.   Laporan keuangan disusun dengan asumsi bahwa entitas pelaporan akan berlanjut keberadaannya sehingga pemerintah diasumsikan tidak bermaksud melakukan likuiditas atas entitas pelaporan dalam jangka pendek. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...

A.      Satuan uang

B.      Pengawasan

C.      Perencanaan

D.      Keseimbangan entitas

E.       Kemandirian entitas

56.   Laporan keuangan entitas harus menyajikan setiap kegiatan yang diasumsikan dapat dinilai dengan satuan uang. Sehingga memungkinkan dilakukannya pengukuran dalam akuntansi. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi ...

A.      Kemandirian entitas

B.      Keseimbangan entitas

C.      Pengawasan

D.      Perencanaan

E.       Satuan uang

57.   Informasi bagi pengguna dimungkinkan untuk menegaskan atau mengoreksi ekspektasi mereka dimasa lau. Hal ini merupakn syarat informasi yang relevan yaitu ...

A.      Flashback value

B.      Predictive value

C.      Accrual basis

D.      Cash basis

E.       Financing

58.   Informasi dimungkinkan dapat membantu pengguna untuk memprediksi masa yang akan datang berdasarkan hasil masa lalu dan kejadian masa kini. Hal ini merupaka syarat informasi yang relevan yaitu ...

A.      Financing

B.      Cash basis

C.      Accrual basis

D.      Predivtive value

E.       Flashback value

59.   Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan disebut ...

A.      Realisasi anggaran

B.      Perubahan ekuitas

C.      Pendapatan LRA

D.      Operasional

E.       Neraca

60.   Jenis laporan yang harus disusun berdasarkan basis akrual, yang menyajikan informasi kenaikan dan penurunan ekuitas tahunan pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...

A.      Neraca

B.      Operasional

C.      Realisasi anggaran

D.      Pendapatan LRA

E.       Perubahan ekuitas

61.   Aktivitas transaksi pemerintah daerah antra lain ...

A.      Pemebeloan barang dagangan

B.      Penjualan barang dagangan

C.      Retur penjualan

D.      Belanja pegawai

E.       Pengambilan pribadi

62.   Laporan yang menyajikan informasi mengenai anggaran dan realisasi pendapatan dan belanja adalah ...

A.      Nerca

B.      LRA (Laporan Realisasi Anggaran)

C.      Arus kas

D.      Laba rugi

E.       Perubahan ekuitas

63.   Sistem pencatatan akuntansi untuk SKPD-BUD dan SKPD menggunakan akun reciprocal adalah..

A.      RK-SKPD di SKPD

B.      RK-PPKD di PPKD

C.      RK-PPKD di SKPD

D.      Kas di kasda

E.       Kas dibendahara penerimaan

64.   Pihak yang menerbitkan SP2D TU adalah ...

A.      PPKD

B.      Kuasa BUD

C.      SKPD

D.      SPP-TU

E.       Kepala dinas

65.   Perbedaan antara UP dan TU adalah ...

A.      Akun yang dipakai

B.      Jumlah uang

C.      Ada tidaknya penggantian uang

D.      Sasaran belana yang digunakan

E.       Bendahara penerimaan dan pengeluaran

66.   Bendahara SKPD melakukan belanja ATK dengan UP, maka jurnal yang dibuat adalah ...

A.      Perlengkapan (D); kas dikasda (K)

B.      Belanja ATK (D); kas dibendahara pengeluaran (K)

C.      Belanja ATK (D); kas dibendahara penerimaan (K)

D.      Kas dibendahara penerimaan (D); belanja ATK (K)

E.       Kas dibendahara pengeluarann (D); belanja ATK (K)

67.   Jika terjadi penyetoran sisa UP, maka uang dibendahara pengeluaran ...

A.      Bertambah

B.      Stabil

C.      Berkurang

D.      Berpindah

E.       Dicatat

68.   Belanja gaji dan tunjangan termasuk belanja yang dibayarkan secara ...

A.      Tidak langsung

B.      Langsung

C.      Harian

D.      Mingguan

E.       Bulanan

69.   Akun dibawah ini yang bersaldo normal debit adalah ...

A.      Asset dan ekuitas

B.      Belanja dan kewajiban

C.      Asset dan belanja

D.      Ekuitas dan pengeluaran pembiayaan

E.       Penerimaan pembayaran

70.   Defisit anggaran terjadi apabila ...

A.      Belanja lebih  kecil dari pendapatan

B.      Pendapatan lebih kecil dari belanja

C.      Pendapatan sama dengan belanja

D.      Pendapatan lebih besar dari belanja

71.   Akuntansi manajemen sektor publik menghasilkan informasi yang berguna dalam ...

A.      Perencanaan dan pengendalian organisasi

B.      Perencanaan dan pengoperasian organisasi

C.      Pengoperasian dan pengendalian organisasi

D.      Pengoperasian dan pengendalian kinerja organisasi

72.   Berikut ini yang bukan merupakan tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi sektor publik yaitu ...

A.      Perencanaan operasional

B.      Penganggaran

C.      Perencanaan tujuan dan saran dasar

D.      Penilaian kinerja

73.   Peran akuntansi manajemen dalam organisasi sektor publik, kecuali ...

A.      Perencanaan strategi

B.      Pemberian informasi biaya

C.      Perencanaan operasiional

D.      Penilaian investasi

74.   Tahap dimana pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk/jasa pelayanan disebut ...

A.      Cost recording

B.      Cost finding

C.      Cost reporting

D.      Cost analizyng

75.   Informasi akuntansi sebagai alat perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, kecuali ...

A.      Informasi yang sifatnya rutin atau ad hoc

B.      Informasi kuantitatif dan kualitatif

C.      Informasi disampaikan melalui saluran formal atau informal

D.      Informasi yang bersifat objektif dan subjektif

76.   Perencanaan meliputi aktivitas yang bersifat, kecuali ...

A.      Strategi

B.      Efektif

C.      Taktis

D.      Melibatkan aspek operasional

77.   Pola pengendalian tiap organisasi berbeda beda tergantung pada ...

A.      Jenis dan  kerakteristik organisasi

B.      Jenis dan tujuan organisasi

C.      Kerakteristik dan tujuan organisasi

D.      Ruang lingkup dan tujuan organisasi

78.   Berikut ini yang merupakan tahap dimana manajemen organisasi mebuat alternatif-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu ...

A.      Penialian investasi

B.      Penganggaran

C.      Perencanaan strategi

D.      Penilaian kinerja

79.   Berikut ini yang bukan merupakan fungsi anggaran dalam manajemen sektor publik, yaitu ...

A.      Sebagai alat alokasi sumber daya publik

B.      Sebagai alat distribusi

C.      Sebagai alat stabilisasi

D.      Sebagai alat operasi

80.   Sumber daya yang dikorbankan untuk memberikan pelayanan merupakan pengeertian dari ...

A.      Biaya input

B.      Biaya output

C.      Biaya proses

D.      Biaya operasi

81.   Pemberian pelayanan publik pada dasrnya dapat dibiayai melalui dua sumber yaitu ...

A.      Pajak dan pembebanan langsung

B.      Pembiayaan defisit anggaran

C.      Penjualan asset milik pemerintah

D.      Utang

82.   Jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah kecuali ...

A.      Barang ekonomis

B.      Barang privat

C.      Barang public

D.      Barang campuran

83.   Barang publik adalah barang kebutuhan masyarakat yang manfaatnya dinikmati oleh ...

A.      Seluruh masyarakat

B.      Individu

C.      Perorangan

D.      Berdua

84.   Kesulitan dalam membedakan barang public dengan barang privat kecuali ...

A.      Batasan keduanya sulit di tentukan

B.      Barang atau jasa publik tapi ada pembebanan langsung

C.      Kecenderungan membebankan tarif pelayanan daripada membebankan pada pajak

D.      Sector sewa terlibat dalam penyediaan pelayanan pendidikan

85.   Yang bukan kompleksitas strategi harga adalah ...

A.      Two-part tariffs

B.      Peak-load tariffs

C.      Marginal cost

D.      Diskriminasi harga

86.   Salah satu kesulitan menghitung biaya total adalah ...

A.      Mengetahui besar biaya total

B.      Mudah mengukur yang di konsumsi

C.      Biaya apa saja yang harus diperhitungkan

D.      Memperhitungkan kemampuan masyarakat

87.   Pelayanan public yang dibebankan tarif pelayanan kecuali ...

A.      Imunisasi

B.      Transportasi publik

C.      Pendidikan

D.      Jalan tol

88.   Merit good diesbut juga ...

A.      Barang privat

B.      Barang public

C.      Barang ekonomis

D.      Barang campuran

89.   Alasan mengapa pembebanan tarif pelayanan publik dibebankan kepada konsumen ...

A.      Adanya barang privat dan public

B.      Tidak adanya efesiensi ekonomi

C.      Tidak ada prinsip keuntungan

D.      Adanya barang ekonomis

90.   Contoh barang campuran adalah

A.      Jasa kepolisian

B.      Pertahanan

C.      Sanitasi

D.      Imunisasi

91.   Yang bukan termasuk pengendalian manajemen adalah?

A.      Perencanaan

B.      Komunikasi informasi

C.      Pemahaman

D.      Pengendalian

92.   Sistem pengendalian manajemen di dukung oleh?

A.      Manajemen SDM

B.      Teknologi

C.      Kinerja manajemen

D.      strategi

93.   Apa saja yang termasuk kedalam tipe pengendalian manajemen?

A.      Pengendalian multional

B.      Pengendalian preventif

C.      Pengendalian operasional

D.      Jawaban B dan C benar

94.   Dari tujuan dibuatnya pusat-pusat pertanggung jawaban, mana yang paling tepat?

A.      Sebagai basis perencanaan, pengendalian, dan penilaian kinerja manajemen dan unit organisasi yang dipimpin

B.      Mampu menghasilkan keputusan dengan mutu yang baik

C.      Mampu memberikan tanggapan yang lebih tepat dan tidak menggubah keadaan

D.      Mengembangkan keterampilan manajemen

95.   Yang termasuk dalam jenis pusat pertanggung jawaban adalah?

A.      Pusat biaya

B.      Pusat pendapatan

C.      Jawaban A dan B benar

D.      Jawaban A dan B salah

96.   Saluran komunikasi formal terdiri dari aktivitas formal dalam organisasi. Yang bukan termasuk dalam aktivitas formal adalah?

A.      Perumusan strategi

B.      Pengendalian strategi

C.      Perencanaan strategi

D.      Penganggaran

97.   Apa yang dimaksud dengan perumusan strategi?

A.      Proses penentuan program-program,aktivitas, atau proyek yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dan penetuan jumlah alokasi sumber daya yang akan dibutuhkan

B.      Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen, yang merupakan bagian dari proses pengendalian manajemen yang dapat digunakan sebgai alat pengendalian

C.      Proses dimana semua penentuan dilakukan manajerial untuk kemudian dilakukan evaluasi

D.      Proses penetuan visi, misi, tujuan, sasaran, target (outcome) arah dann kebijakan serta strategi organisasi.

98.   Manfaat dari perencanaan strategi bagi organisasi adalah?

A.      Sebagai sarana memfasilitasi terciptanya anggaran yang tidak efesien

B.      Sebagai sarana memfokuskan manajer pada pelaksanaan strategi yang di tetapkan

C.      Sebagai sarana memfasilitasi alokasi sumber daya yang kurang optimal

D.      Semua jawaban salah

99.   Restrukturisasi didasarkan pada prinsip , kecuali ...

A.      Perubahan struktur organisasi hendaknya dapat meningkatkan kapasitas untuk mencapai strategi yang efektif

B.      Pimpinan eksekutif bertanggung jawab untuk melaksanakan strategi dan arahan kebijakan hingga level bawah

C.      Dewan bertanggung jawab secara kolektif untuk merencanakan strategi, keibijakan dan otorisasi alokasi sumber daya, dan menilai kinerja manajemen (eksekutif)

D.      Pusat penanggung jawab yang menandingkan input (expense) dengan output (revenue) dalam satuan moneter

100.     Faktor apa saja yang perlu di pertimbangkann dalam perencanaan strategi?

A.      Perumusan, evaluasi dan pemilihan strategi

B.      Implementasi dan pengendalian rencana strategi

C.      Jawaban A dan B benar

D.      Jawaban A dan B salah

 

 KUNCI JAWABAN DOWNLOAD HERE

No comments: