1. Pusat-pusat pertanggung jawaban berbasis pada apa saja?
a. Perencanaan dan koordinasi
b. Perencanaan dan pengendalian
c. Koordinasi dan pengendalian
d. Pengendalian dan penilaian kinerja
e. B dan C Benar
Jawaban : D
2. Pertumbuhan ekonomi, tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrasruktur, struktur produksi, arus modal dalam negeri dan pertumbuhan pendapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan sector public faktor….
a. Politik
b. Kultur
c. Ekonomi
d. Demografi
e. Otonomi
Jawaban : C
3. Hubungan Negara dan masyarakat, legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa ideology Negara elit politik dan massa jaringan internasional kelembagaan merupakan komponen lingkungan sector public faktor….
a. Politik
b. Otonomi
c. Ekonomi
d. Belanja
e. Anggaran
Jawaban : A
4. Keragaman, suku, agama, bahasa dan budaya, sistem nilai dimasyarakat, hisoris, sosiologi masyarakat tingkat pendidikan merupakan komponen lingkungan sector public faktor….
a. Otonomi
b. Ekonomi
c. Kultutal
d. Anggaran
e. Pengendalian
Jawaban : C
5. Pertumbuhan penduduk, struktur usia penduduk, migrasi tingkat kesehatan adalah komponen lingkungan sector public faktor…
a. Otonomi
b. Ekonomi
c. Demografi
d. Anggaran
e. Meterialisasi
Jawaban : C
6. Jenis laporran yang harus disusun berdasarkan basis akrual yang menyajikan informasi kenaikan dan penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut….
a. Neraca
b. Operasional
c. Realisasi anggaran
d. Pendapatan LRA
e. Perubahan ekuitas
Jawaban : E
7. Informasi dimungkinkan dapat membantu pengguna untuk memprediksi masa yang akan datang berdasarkan hasil masa lalu dan kejadian masa kini. Hal ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu….
a. Financing
b. Cash basis
c. Accrual basis
d. Predictive value
e. Flashback value
Jawaban : D
8. Asset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari imbalan untuk memperboleh asset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….
a. Nilai historis
b. Konsistensi
c. Penyajian wajar
d. Realisasi
e. Basis akuntansi
Jawaban : A
9. Mempertanggung jawabkan pertanggung jawabkan pengelolaan sumber daya (khususnya keuangan) serta pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui laporan keuangan secara periodic disebut…
a. Antargenerasi
b. Transparansi
c. Manajerial
d. Akuntabilitas
e. Keseimbangan entitas
Jawaban : D
10. Perlakuan akuntansi diterapkan dari periode keperiode oleh suatu entitas pelaporan selalu sama. Metode akuntansi dapat diubah jika metode yang baru mampu memberikan informasi yang lebih baik disbanding sebelumya. Hal tersebuh adalah prinsip akuntansi pemerintahan yang dinamakan…
a. Basis akuntansi
b. Nilai historis
c. Realisasi
d. Konsistensi
e. Penyajian wajar
Jawaban : D
11. Faktor perimbangan sehat bagi penyususn laporan keuanagan diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintahan yang dinamakan…
a. Konsistensi
b. Realisasi
c. Nilai historis
d. Basis akuntansi
e. Penyajian wajar
Jawaban : E
12. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realisasi dalam satu periode pelaporan disebut…
a. Realisasi anggarn
b. Perubahan ekuitas
c. Pendapatan LRA
d. Operasional
e. Neraca
Jawaban :A
13. Informasi bagi pengguna dimungkinkan untuk menegaskan atau mengoreksi ekspektasi mereka dimasa lalu. Hal ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu…
a. Flashback value
b. Predicitive value
c. Accrual basis
d. Cash basis
e. Financing
Jawaban : A
14. Pendapatan yang tersedia dan telah diotorisasikan melalui anggaran pemerintah pada suatu tahun fiscal yang akan direalisasikan untuk membayar hutang dan belanja dalam periode tersebut dinamakan prinsip….
a. Realisatioan
b. Periodicity
c. Consistency
d. Fair presentation
e. Full disclosure
Jawaban : A
15. Kegiatan akuntansi dalam pelaporan keuangan perlu dibagi menjadi periode pelaporan sehingga kinerja entitas dapat diukur dan posisi sumber daya yang dimilikinya dapat detentukan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan…
a. Consistency
b. Realization
c. Periodicity
d. Full disclosure
e. Fair presentation
Jawaban : C
16. Laporan keuangan enrtitas harus menyajiakn setiap kegiatan yang diasumsikan dapat dinilai dengan satuan uang. Sehingga kemungkinan dilakukannya pengukuran dalam akuntansi. Hal ini merupakan asumsi…
a. Kemandirian entitas
b. Keseimbangan entitas
c. Pengawasan
d. Perencanaan
e. Satuan uang
Jawaban : E
17. Laporan
keuangan disusun dengan asumsi bahwa entitas pelaporan akan belanjut
keberadaannya sehingga pemerintah diasumsikan tidak bemaksud melakukan likuiditas atas entitas pelaporan
jangka pendek. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu
asumsi…
a.
Satuan
uang
b.
Pengawasan
c.
Perencenaan
d.
Keseimabgan
entitas
e.
Kemandirian
entitas
Jawaban : D
18. Informasi
yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna, dan
dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman
para pengguna. Hal ini merupakan karakteristik kualitatif laporan keuangan
yaitu
a.
Dapat
diverivikasi
b.
Dapat
dibandingkan
c.
Dapat
dipahami
d.
Kemandirian
entitas
e.
Keseimbangan
entitas
Jawaban : C
19. Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan
pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal ini merupakan informasi yang relevan,
oleh karena itu informasi harus memenuhi syarat…
a.
Manfaat
umpan balik
b.
Manfaat
prediktif
c.
Tepat
waktu
d.
Dapat
dibandingkan
e.
Dapat
dipahami
Jawaban : C
20. Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat diuji, apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali oleh pihak yang berbeda hasilnya tetap menunjukkan simpulan yang tida berbeda jauh. Hal ini merupakan informasi yang andal yaitu…
a. Dapat dibandingkan
b. Dapat dipahami
c. Dapat diverivikasi
d. Manfaat umpan balik
e. Manfaat prediktif
Jawaban : C
21. Memberikan informasi mengenai kecukupan penerimaan pemerintah untuk membiayai seluruh pengeluaran dan apakah generasi yang akan datang akan ikut menanggung beban pengeluaran tersebut adalah peranan laporan keuangan…
a. Manajerial
b. Transparansi
c. Akuntabilitas
d. Evaluasi kerja
e. Keseimbangan antargenerasi
Jawaban : E
22. Laporan keuangan merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memiliki…
a. Dapat dibandingkan
b. Umpan balik
c. Manfaat prediktif
d. Dapat dipahami
e. Dapat diverifikasi
Jawaban : C
23. Menyediakan informasi keuangan yang terbuka bagi masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik disebut…
a. Manajerial
b. Akuntabilitas
c. Transparansi
d. Keseimbangan
e. Antargenerasi
Jawaban : C
24. Menyediakan informasi keuangan yang berguna untuk perencanaan dan pengelolaan keuangan pemerintah serta memudahkan pengendalian yang efektif atas asset, hutang, dan ekuitas dana adalah peranan laporan keuangan…
a. Transparansi
b. Akuntabilitas
c. Manajerial
d. Antargenerasi
e. Keseimbangan entitas
Jawaban : E
25. Laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan dapat ditempatkan pada lembar muka laporan keuangan atau catatan atas laporan keuangan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan…
a. Realization
b. Periodicity
c. Consistency
d. Fair presentation
e. Full disclosure
Jawaban : C
26. Utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah daerah yaitu…
a. Kewajiban
b. Asset lancer
c. Pendapatan
d. Ekuitas
e. Beban
Jawaban : A
27. Kekayaan bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara asset dan pemerintahan daerah merupakan…
a. Belanja
b. Ekuitas
c. Kewajiabn
d. Asset
e. Pendapatan
Jawaban : B
28. Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut…
a. Pengeluaran
b. Eekuitas
c. Pendapatan
d. Asset
e. Kewajiban
Jawaban : C
29. Selisih antara asset lancer dengan kewajiban
jangka pendek didalam ekuitas dana pemerintah disebut ekuitas…
a.
Dana
pemerintah
b.
Dana
investasi
c.
Dana
lancer
d.
Jangka
panjang
e.
Jangka
pendek
Jawaban : C
30. Akun anggaran dari perubahan SAL sehingga saldo normal maupun aturan perdebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran…
a. Estimasi perubahan SAL
b. Estimasi penerimaan pembayaran
c. Estimasi pengeluaran pembayaran
d. Kemendarian entitas
e. Estimasi pendapatan
Jawaban :A
31. Semua transaksi keuangan untuk menutupi deficit atau untuk memanfaatkan surplus yang terdiri dari penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, dan sisa lebih anggaran tahun berkenaan. Hal ini merupakan jenis transaksi
a. Pendapatan daerah
b. Belanja daerah
c. Pembiayaan daerah
d. Kemandirian entitas
e. Keseimbangan entitas
Jawaban : C
32. Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut…
a. Jurnal penutup
b. Jurnal pembalik
c. Laporan perubahan ekuitas
d. Laporan operasional
e. Laporan realisasi anggaran
Jawaban : C
33. Berikut ini yang termasuk jenis laporan keuangan pemerintahan daerah yaitu…
a. Laporan L/R
b. Laporan LRA
c. Laporan operasional
d. Laporan perubahan ekuitas
e. Laporan neraca
Jawaban : A
34. Pengeluaran uang dari suatu entitas pelaporan dari/ kepada entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil tersebut…
a. Pembiayaan
b. Belanja
c. Surplus
d. Pendapatan LRA
e. Transfer pengeluaran
Jawaban: E
35. Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam neraca seperti asset, kewajiban dan ekuitas disebut…
a. Nominal account
b. Real account
c. Ledger
d. Accrual revenues
e. Accrual expense
Jawaban : B
36. Akun-akun yang saldonya terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja disebut…
a. Permanent account
b. Ledger
c. Real account
d. Prapynent
e. Nominal account
Jawaban : E
37. Akun-akun dibawah ini yang bersaldo normal debet adalah…
a. Asset dan ekuitas
b. Belanja dan kewajiban
c. Asset dan belanja
d. Ekuitas dan pengeluaran pembiayaan
e. Penerimaan pembayaran
Jawaban : C
38. Deficit anggaran terjadi apabila…
a. Belanja lebih kecil dari pendapatan
b. Pendapatan lebih kecil dari belanja
c. Pendapatan sama denga belanja
d. Pendapatan lebih besar dari belanja
e. Belanja lebih besar dari pendapatan
Jawaban : B
39. Jika terjadi penyerotan sisa UP, maka uang dibendahara pengeluaran…
a. Bertambah
b. Stabil
c. Berkurang
d. Berpindah
e. Dicatat
Jawaban : C
40. Belanja gaji dan tunjangan termasuk belanja yang dibayarkan secara…
a. Tidak langsung
b. Langsung
c. Harian
d. Mingguan
e. Bulanan
Jawaban : B
41. Perbedaan antara UP dan TU adalah…
a. Akun yang dipakai
b. Jumlah uang
c. Ada tidaknya penggantian uang
d. Sasaran belanja yang digunakan
e. Bendahara penerimaan dan peneguluaran
Jawaban : C
42. Sistem pencatatan akuntansi untuk SKPD-BUD dan SKPD menggunakan akun reciprocal adalah…
a. RK-SKPD di SKPD
b. RK-PPKD di PPKD
c. RK-PPKD di SKPD
d. Kas di kasda
e. Kas dibendahara penerimaan
Jawaban : C
43. Pihak yang menerbitkan SP2D TU adalah…
a.
PPKD
b.
Kuasa BUD
c.
SKPD
d.
SPP-TU
e.
Kepala
dinas
Jawaban : B
44. Aktivitas transaksi pemerintah daerah adalah…
a. Pembelian barang dagangan
b. Penjualan barang dagangan
c. Retur penjualan
d. Belanja pegawai
e. Pengambilan pribadi
Jawaban : D
45. Laporan yang menyajikan informasi mengenai anggaran dan realisasi pendapatan dan belanja adalah…
a. Neraca
b. LRA
c. Arus kas
d. Laba rugi
e. Perubahan ekuitas
Jawaban : B
46. Pencatatan berdasarkan basis kas pada laporan realisasi anggarn, sehingga transaksi teersebut tidak melibatkan kas dan tidak perlu melakukan catatan adalah
a. Bukti kas masuk
b. Pelaksanaan anggran
c. Bukti kas keluar
d. Bukti memorial
e. Jurnal transaksi
Jawaban : B
47. Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunaan yang dikelola oleh pemerintah pusat /daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu periode pelaporan adalah…
a. Laporan realisasi anggaran
b. Laporan operasional
c. Laporan perubahan ekuitas
d. Jurnal pembalik
e. Jurnal penutup
Jawaban : B
48. Dilihat dari fungsinya akuntansi diartikan sebagai…
a. Suatu alat untuk mencatat semua transaksi yang terjadi dalam perusahaan
b. Suatu aktivitas penyedia data keuangan
c. Rangkaian kegiatan yang meliputi pencatatan dan pelaporan transaksi keuanganyang terjadi dalam perusahaan
d. Kumpulan catatan mengenai transaksi keuangan yang terjadi pada periode tertentu
e. Ikhtisar keuangan sebagai pertanggung jawaban pimpinan perusahaan
Jawaban : C
49. Dibawah ini hal-hal yang termasuk pos-pos aktiva kecuali..
a. Kas
b. Gedung
c. Prive
d. Peralatan
e. Perlengkapan
Jawaban :C
50. Hak kekayaan pemilik merupakan istilah dari..
a. Kas
b. Prive
c. Modal
d. Harta
e. Utang
Jawaban : C
51. Suatu kenyataan bahwa kebutuhan selalu lebih besar daripada sarana pemuas kebutuhan merupakan inti dari konsep…
a. Kebutuhan pokok
b. Ketergantungan
c. Kelangkaan
d. Sumber daya alam
e. Sarana pemuas kebutuhan
Jawaban: C
52. Jika perencanaan dan pelaksanaan kegiatan ekonomi masyarakat ditentukan oleh produsen dan konsumen maka perekonomian masyarakat tersebut menganut sistem ekonomi…
a. Modern
b. Bebas
c. Komando
d. Pasar
e. Tradisioanl
Jawaban : D
53. Dibawah ini yang termasuk transaksi eksternal adalah..
a. Penggunaan perlengkapan
b. Penggunaan peralatan
c. Pembelian peralatan
d. Pemanfaatan gedung
e. Pemakaian harta oleh pemilik
Jawaban : C
54. Akuntan yang mengutamakan pemeriksaan terhadap penerapan prinsip-prinsip akuntansi yang lazim dan sistem pengendalian intern dan untuk mendukung pendapatnya atas laporan keuangan suatu perusahaan adalah..
a. Akuntan pajak
b. Akuntan public
c. Akuntan intern
d. Akuntan pendidik
e. Akuntan pemerintah
Jawaban : C
55. Transaksi pembelian secara kredit didukung dengan bukti transaksi…
a. Nota kontan
b. Faktur
c. Nota debet
d. Nota kredit
e. Kwitansi
Jawaban : B
56. Manakah akun-akun dibawah ini yang termasuk akun-akun nominal ..
a. Pendapatan,beban,ikhtisarlabarugi
b. Pendapatan,beban dibayar dimuka,dan iktisar laba rugi
c. Pendapatan diterima dimuka,beban dan iktisar laba rugi
d. Pendapatan diterima muka,modal,dan ikhtisar laba rugi
e. Modal,beban,prive,dan ikhtisar laba rugi
Jawaban : A
57. Transaksi yang mengakibatkan kenaikan modal adalah…
a. Penerimaan penghasilan
b. Penerimaan piutang
c. Penerimaan pinjaman dari bank
d. Pembelian peralatan
e. Pembayaran gaji pegawai
Jawaban : A
58. Nota pemberitahuan mengenai barang yang dikembalikan, karena tidak sesuai dengan yang dipesan atau tuntutan pengurangan harga yang dikirim pembeli kepada penjual disebut..
a. Nota debet
b. Faktur pembelian
c. Nota kredit
d. Faktur penjualan
e. Memo
Jawaban : A
59. Sistem pengelolaan kas kecil yang menetapkan plafon atau jumlah maksimum dana kas kecil secara berubah-ubah disebut dengan
a. Psical system
b. Periodical system
c. Perpectual system
d. Imprest fun system
e. Fluctuating fund system
Jawaban : E
60. Penghasilan yang termasuk obyek pph pasal 21 adalah..
a. Bunga
b. Royality
c. Deviden
d. Sewa
e. Gaji
Jawaban: E
61. Kewajiabn wajib pajak untuk menyetorkan PPN terutang ke kas Negara dengan menggunakan sarana administrasi pajak yang disebut SSP berjumlah
a. 5 lembar
b. 6 lembar
c. 7 lembar
d. 8 lembar
e. 9 lembar
Jawaban : A
62. Dalam menyiapkan suatu rekonsiliasi bank, jumlah outstanding check(cek dalam peredaran) didapat dari…
a. Penambahan saldo kas pada catatan bank
b. Penambahan saldo kas pada catatan perusahaan
c. Penambahan pada saldo hutang dagang pada catatan perusahaan
d. Penyesuaian dari saldo kas pada rekening Koran
e. Penyesuaian dari saldo kas pada catatan perusahaan
Jawaban : D
63. Jika sebuah perusahaan dikenakan biaya oleh bank, maka jurnal penyesuaian yang dibuat oleh perusahaan adalah
a. Kas di debet dan biaya bank dikredit
b. Kas dikredit dan bank didebet
c. Kas didebet dan biaya administrasi dikredit
d. Kas dikredit dan biaya administrasi didebet
e. Kas didebet dan biaya lain-lain dikredit
Jawaban : D
64. Manakah dari tipe rekening barikut ini yang akan muncul dalam post closing trial balance
a. Permanent(real) account
b. Temporary ( nominal) account
c. Rekening-rekening yang masuk dalam kolom income statement
d. Rekening-rekening yang masuk dalam kolombalnce sheet
e. Real dan nominal account
Jawaban : C
65. Bendahara
SKPD melakukan belanja ATK dengan UP maka jurnal yang dibuat adalah
a.
Perlengkapa
di debet kas di kredit
b.
Belanja
ATK di debet kas dibendahara pengeluaran di kredit
c.
Belanja
ATK debet dank as bendahara penerimaan di kredit
d.
Kas dibendahara
penerimaan di debet belanja ATK kredit
e.
Kas
bendahara pengeluaran debet belanja ATK kredit
Jawaban : B
66. Pusat-pusat pertanggung jawaban berbasis pada
a. Perencanaan dan koordinasi
b. Perencanaan dan pengendalian
c. Pengendalian dan penilaian kinerja
d. B dan C benar
e. A dan B benar
Jawaban : D
67. Pengendalian manajemen meliputi 7 aktivitas yang antara lain adalah
a. Koordinasi dan penilaian kinerja
b. Perencanaan, koordinasi, dan pengambilan keputusan
c. Penilaian kinerja, pengendalian dan koordinasi
d. Perencanaan dan pengendalian
e. Pengendalian dan penilaian
Jawaban : B
68. Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan perumusan strategi dan perencanaan strategic yang dijabarkan dalam bentuk program-program pengertian diatas adalah
a. Pengendalian preventif
b. Pengendalian operasional
c. Pengendalian kinerja
d. Pengendaliaan koordinasi
e. Pengendalian efesient
Jawaban : A
69. Informasi yang dapat membedakan dengan jelas antara biaya yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalian oleh manajer pusat pertanggungjawaban adalah
a. Informasi efisiensi
b. Informasi efektivitas
c. Informasi yang relevan
d. Informasi yang akurat
e. Informasi yang elektual
Jawaban : C
70. Biaya yang dikendaliakn secara langsung disebut
a. Uncontrolabie
b. Controllable
c. To the point
d. Un to the point
e. System
Jawaban : B
71. Salah satu metode penentuan stategi adalah
a. SWOT
b. Management by walking around
c. Break down
d. Corporate level strategy
e. To the point
Jawaban : A
72. Bagian yang bertugas menyususn anggaran untuk tiap-tiap unit operasi adalah
a. Komite perancangan
b. Komite penganggaran
c. Komite pertanggungjawaban
d. Komite anggaran
e. Komite siaran
Jawaban : D
73. Strategi yang dihasilkan dari proses perumusan strategi merupakan strategi global atau dalam perusahaan disebut
a. Unit business level strategi
b. Corporate level strategi
c. Strategi revesion
d. Opportunity
e. Un the point
Jawaban : B
74. Proses yang menentukan bagaimana mengimplestasikan dari perumusan stategi adalah
a. Perencanaan stategik
b. Perencanaan strategi
c. Perencanaan anggaran
d. Proses dan praktik
e. Penganggaran
Jawaban : A
75. Tahap akhir dari proses pengendalian manajement adalah
a. Penganggaran
b. Perencanaan strategi
c. Penilaian kinerja
d. Perencanaan strategic
e. Proses dan praktik
Jawaban : C
76. Akuntansi manajement sector public menghasilkan informasi yang berguna dalam
a. Perencanaan dan pengendalian organisasi
b. Perencanaan dan pengoperasian organisasi
c. Pengoperasian dan pengendalian operasi
d. Pengoperasian dan penilaian kinerja organisasi
e. Perencanaan dan penilaian kinerja organisasi
Jawaban : A
77. Berikut ini yang bukan merupakan tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi sector public yaitu
a. Perencanaan operasi
b. Penganggaran
c. Perencanaan tujuan dan sasaran dasar
d. Penilaian kinerja
e. Jawaban A dan B benar
Jawaban : C
78. Peran akuntansi manajement dalam organisasi sector public kecuali
a. Perencanaan strategic
b. Pemberian informasi biaya
c. Perencanaan operasional
d. Penilaian investasi
e. Jawaban A dan B benar
Jawaban : C
79. Tahap dimana pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk / jasa pelayanan disebut
a. Cost recording
b. Cost finding
c. Cost reporting
d. Cost analyzing
Jawaban : B
80. Informasi akuntansi sebagai alat perencanaan
pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok kecuali
a.
Informasi
yang sifatnya rutin
b.
Informasi
yang kuantitatif
c.
Informasi
yang kualtatif
d.
Informasi
yang disampaikan melalui saluran forman atau informal
e.
Informasi
yang bersifat objektif dan subjektif
Jawaban : E
81. Perencanaan meliputi aktivitas yang bersifat kecuali
a. Strategic
b. Efektif
c. Taksis
d. Melibatkan aspek operasioanal
Jawaban : B
82. Pola pengendalian tiap organisasi berbeda-beda tergantung pada
a. Jenis dan karakteristik organisasi
b. Jenis dan tujuan organisasi
c. Karakteristik dan tujuan organisasi
d. Ruang lingkup dan tujuan organisasi
e. Jenis dan ruang lingkup organisasi
Jawaban : A
83. Dibawah ini adalah aspek-aspek dari pengukuran kinerja organisasi sector public kecuali
a. Kelompok masukan yang dibutuhkan agar pelasanaan kegiatan dapat berjalan yntuk mengahsilkan keluaran
b. Kelompok proses yang dari kegiatan baik dari segi kecepatan, ketetapan, maupun tingkat akurasi pelaksanaan kegiatan tersebut
c. Kelompok simpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan kegiatan agar organisasi berjalan dengan lancer
d. Lelompok keluaran yang segala sesuatu yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berwujud maupun tidak berwujud
e. Untuk mengukur kinerja financial
Jawaban C
84. Dibawah ini adalah elemen pokok dari pengukuran kinerja kecuali
a. Meneteapkan tujuan,sasaran, dan strategi organisasi
b. Merumuskan indicator untuk kinerja
c. Evaluasi kinerja
d. Menguraikan dan menjalankan kinerja organisasi
Jawaban D
85. Manakah perspektif baru pemerintah menurut osbome dan gebler tersebut adalah
a. Pemerintahan katalis
b. Sentralistis
c. Desentralisasi
d. Berdasarkan sasaran kinerja
e. Planning
Jawaban A
86. Karakteristik pendekatan baru sisyem anggaran public meliputi
a. Lingkungan
b. Barjangka panjang
c. Planning
d. Masyarakat
e. Social
Jawaban B
87. Manakah hal yang menjadi masalah utama
penggunaan ZBB &PPBS
a.
Bounded
rationality
b.
Planning
c.
Programming
d.
Zero based
e.
Bugeting
Jawaban A
88. Berikut ini merupakan tahap dimana manajemen organisasi membuat alternative-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu
a. Penilaian investasi
b. Penganggaran
c. Perencanaan
d. Perencanaan strategic
e. Penilaian kinerja
Jawaban : D
89. Berikut ini yang bukan merupakan fungsi anggaran dalam manajemen sector public yaitu
a. Starategi alat alokasi sumber daya public
b. Sebagai alat distribusi
c. Sebagai alat stabilisasi
d. Sebagai alat operasi
e. Jawaban A dan B
Jawaban : D
90. Sumber daya yang dikorbankan untuk memeberikan pelayanan merupakan pengertian dari
a. Biaya input
b. Biaya output
c. Biaya
d. Biaya proses
e. Biaya operasi
Jawaban : A
91. Terdapat tiga aspek utama yang mendukung terciptanya kepementrian yang baikyaitu
a. Pengawasan pengendalian dan pemeriksaan
b. Pengawasan pengorganisasian dan pelaporan
c. Pengendalian dan pengawasan
d. Pemeriksaan dan pelaporan
e. Pengawasan dan pelaporan
Jawaban : A
92. Pemberian pelayanan public pada dasarnya dapat dibiayai melalui dua sumber yaitu
a. Pajak dan pembenaan langsung
b. Pembiayaan deficit anggaran
c. Penjualan asset milik pemerintah
d. Utang
e. Anggaran
Jawaban : A
93. Jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah kecuali
a. Barang ekonomis
b. Barang privat
c. Barang public
d. Barang campuran
e. Jawaban C dan D
Jawaban : A
94. Barang public adalah barang kebutuhan masyarakat yangmanfaatnya dinikmati oleh
a. Seluruh masyarakat
b. Individu
c. Perorangan
d. Berdua
e. Bertiga
Jawaban : A
95. Kesulitan dalam membedakan barang public dengan barang privat kecuali
a. Batasan keduanya sulit ditentukan
b. Barang atau jasa public tapi ada pembebanan langsung
c. Kecenderungan membedakan tariff pelayanan daripada membebankan pada pajak
d. Sector swasta terlibat dalam penyedian pelayanan pendidikan
e. Jawaban A dan C benar
Jawaban D
96. Yang bukan kompleksitas staregi haega adalah
a. Two part tariffs
b. Peak load tariffs
c. Marginal cost
d. Diskriminasi harga
Jawaban C
97. Salah satu kesulitan mengihitung biaya total
adalah
a.
Mengetahui
besar biaya total
b.
Mudah
mengukur yang dikonsumsi
c.
Biaya apa
saja yang harus diperhitungkan
d.
Memperhitungkan
kemampuan masyarakat
e.
Biaya apa
saja yang harus diperlukan
Jawaban C
98. Pelayanan public yang dibebankan tariff pelayanan kecuali
a. Imunisasi
b. Transportasi public
c. Pendidikan
d. Jalan tol
e. Rumah sakit
Jawaban A
99. Merit
good disebut juga
a.
Barang
privat
b.
Barang
public
c.
Barang
ekonomis
d.
Barang
campuran
e.
Barang
dijual
Jawaban D
100. Contoh barang campuran adalah
a. Jasa kepolisian
b. Pertahanan
c. Sebitasi
d. Imunisasi
e. Jasa ilmuan
Jawaban C
No comments:
Post a Comment