Wednesday, November 11, 2020

KUMPULAN SOAL JAWAB AKUNTANSI PEMERINTAHAN/AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK 8

 


1.)  Diantara di bawah ini yan termasuk ke dalam tujuan dari akuntansi pemerintahan yakni ….

A.Tujuan Akuntanbilitas

B. Tujuan Transparansi

C. Tujuan Keseimbangan

D. Tujuan Perencanaan        

E. Tujuan Antargenerasi

Jawaban : A

2.) Menyediakan informasi keuangan yang terbuka bagi masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik disebut ...
A. manajerial
B. akuntabilitas
C. transparansi
D. keseimbangan
E. antargenerasi

Jawaban : C

3.) Akuntansi pemerintahan menurut Abdul Halim adalah sebuah kegiatan jasa dalam rangka menyediakan informasi kuantitatif terutama yang bersifat keuangan dari entitas pemerintah sebagai pengambilan keputusan ekonomi yang nalar dari pihak-pihak yang berkepentingan atas berbagai alternatif arah suatu tindakan, pengertian di atas dicetuskan oleh seorang ahli yakni ….

A. Bachtiar Arif dkk 

B. Revrisond Baswir

C. Abdul Halim 

D. Surman

E. Sutyono

Jawaban : C

 

4.) Dalam pemerintahan, keuangan Negara yang diatur harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan amanat konstitusi. Pelaksanaan fungsi tersebut dalam Negara Indonesia telah diatur dalam ….

A.   UUD 1945 pasal 23 ayat (5).

B.    UUD 1995 pasal 22 ayat (6)

C.    UU 1990 pasal 21 ayat (7)

D.   UUD 1945 pasal 20 ayat (8)

E.    UUD 1990 Pasal 19 (9)

Jawaban : A

 

5.) Faktor pertimbangan sehat bagi penyusun laporan keuangan diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
A. konsistensi
B. realisasi
C. nilai historis
D. basis akuntansi
E. penyajian wajar

Jawaban :  E

6.) Pendapatan yang tersedia dan telah diotorisasikan melalui anggaran pemerintah pada suatu tahun fiskal akan direalisasikan untuk membayar hutang dan belanja dalam periode tersebut. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
A. realization
B. periodicity
C. consistency
D. fair presentation
E. full disclosure

Jawaban : A

 

7.) Di bawah ini yang tidak termasuk dengan karakteristik akuntansi pemerintahan yaitu ….

A.   Pemerintah mencacat anggaran pada saat anggaran tersebut dibukukan.

B.    Akuntansi pemerintahan akan membukukan pengeluaran modal

C.    Akuntansi pemerintahan sifatnya kaku karena sangat tergantung dengan peraturan perundang-undangan.

D.   Dalam akuntansi pemerintahan sangat mungking menggunakan lebih dari satu jenis dana.

E.    Akuntansi pemerintahan membutuhkan perkiraan modal dan laba yang ditahan dalam neraca.

Jawaban : E

 

8.)  Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna, dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Hal ini merupakan karakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu ...
A. dapat diverifikasi
B. dapat dibandingkan
C. dapat dipahami
D. kemandirian entitas
E. keseimbangan entitas

Jawaban : C

9.) Setiap unit akuntansi dianggap sebagai unit yang mandiri dan mempunyai kewajiban untuk menyajikan laporan keuangan sehingga tidak terjadi kekacauan antar unit instansi pemerintah dalam pelaporan keuangan. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi...
A. pengawasan
B. perencanaan
C. kemandirian entitas
D. keseimbangan entitas
E. satuan uang

Jawaban : C

 

1O.) Di bawah ini yang merupakan syarat dari akuntansi pemerintahan adalah?

A.   Pemerintah mencacat anggaran pada saat anggaran tersebut dibukukan.

B.    Akuntansi pemerintahan akan membukukan pengeluaran modal

C.    Akuntansi pemerintahan sifatnya kaku karena sangat tergantung dengan peraturan perundang-undangan.

D.   Dalam akuntansi pemerintahan sangat mungking menggunakan lebih dari satu jenis dana.

E.    Sistem akuntasi harus terus dikembangkan

Jawaban : E

 

11.) Manajemen Membantu para nasabah untuk kemudian mengevaluasi pelaksanaan kegiatan atau aktivitas suatu entitas pelaporan di dalam periode pelaporan sehingga bisa atau dapat memudahkan di dalam fungsi ….

A.   perencanaan, pengelolaan serta juga pengendalian atas seluruh aktifa, kewajiban, serta ekuitas dana pemerintah

B.    perencanaan, pengelolaan

C.    pengendalian atas seluruh aktifa, kewajiban, serta ekuitas dana pemerintah

D.     pengelolaan, perencanaan, ekuitas dana pemerintah

E.    pengendalian atas seluruh aktifa, kewajiban, serta ekuitas dana pemerintah

Jawaban : A

12.) Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal ini merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memenuhi syarat ...
A. manfaat umpan balik
B. manfaat prediktif
C. tepat waktu
D. dapat di bandingkan
E. dapat di pahami

Jawaban : E

13.) Yang tidak termasuk dasar hukum akuntansi pemerintahan yakni ….

A.   UU No.17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

B.    UU No.1 Tahun 2004 tentang Perbendaharaan Negara

C.    PMK No.171/PMK.05/2007 tentang Sistem Akuntansi dan Pelaporan Keuangan Pemerintah Pusat

D.   PMK No.196/PMK.05/2008 tentang Tata Cara Penyusunan dan Penyajian Laporan Keuangan Belanja Subsidi dan Belanja Lain-lain pada Bagian Anggaran Pembiayaan dan Perhitungan

E.    UU No.18 Tahun 2004 tentang Pengelolaan Negara

Jawaban : E

14.)  Akuntabilitas, Keuangan Negara yang dikelola harus mampu dipertanggungjawabkan sesuai amanat konstitusi yang diatur dalam UUD 1945 Pasal 23 ayat 5 di bawah ini termasuk ke dalam ….

A.   Karakteristik akuntansi pemerintahan

B.    Ruang lingkup akuntansi pemerintahan

C.    Dasar hukum akuntansi pemerintahan

D.   Tujuan akuntansi pemerintahan

E.    Pengertian akuntansi pemerintahan

Jawaban : D

15.) Apa kepanjangan dari BI? Dalam istilah akuntansi pemerintahan.

A.      Bank Indonesia

B.      Bank milik negara

C.      Bank umum

D.      Bank khusus

E.       Bank daerah

Jawaban : A

 

16.)  Struktur organisasi dari akuntansi pemerintahan yaitu ….

A.   Birokratis, kaku, dan hierarkis

B.    Fleksibel, datar, piramid, lintas fungsional

C.    Birokratis dan kaku

D.   piramid, lintas fungsional

E.    Fleksibel dan datar

Jawaban : A

17.)  Apa itu Akuntansi social?

A.    bidang akuntansi yang berkaitan dengan perekonomian nasional secara makro

B.    akuntansi untuk organisasi nirlaba lainnya (nonprofit organization), adalah bidang akuntansi yang berkaitan dengan lembaga pemerintahan dan lembaga-lembaga lainnya yang tidak bertujuan untuk mencari laba.

C.    pemerintah pusat (national government), pemerintahan daerah (regional government) pemerintahan lokal (local governments) dan unit pemerintahan lain yang terkait.

D.    informasi keuangan yang berguna bagi pengelola perusahaan (executives).

E.    informasi keuangan bagi pemilik perusahaan (shareholders) dan pihak-pihak lain yang berkepentingan (stakeholders). 

Jawaban : A

 

18.) Menghasilkan informasi keuangan yang berguna bagi pengelola perusahaan (executives) adalah tujuan dari ….

A.   Akuntansi komersial

B.    akuntansi manajemen

C.    Akuntansi keuangan

D.   Akuntansi Sosial

E.    Akuntansi Pemerintahan

Jawaban : B

 

19.) Apa kepanjangan dari IFAC?

A.   International Federation of Accountants 

B.    International Accounting Federation

C.    National Accounting Federation

D.   Accounting Federation

E.    of Accountants 

Jawaban : A

 

20.) Proses yang menentukan bagaimana mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah …

A.   Perencanaan strategik

B.    Perencanaan strategi

C.    Perencanaan anggaran

D.   Proses dan praktik

Jawaban : A

 

21.) Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen adalah …

A.   Penganggaran

B.    Perencanaan strategi

C.    Penilaian kinerja

D.   Perencanaan strategik

Jawaban : C

 

22.) Pengendalian manajemen meliputi 7 aktivitas yang antara lain ialah :

A.   Koordinasi dan penilaian kinerja

B.    Perencanaan, koordinasi dan pengambilan keputusan

C.    Penilaian kinerja, pengendalian dan koordinasi

D.   Perencanaan dan pengendalian

Jawaban : B

23.) Biaya yang dapat dikendalikan secara langsung disebut …

A.   Uncontrollable

B.    Controllable

C.    To the point

D.   Un to the point

Jawaban : B

24.) Revrisond Baswir (2000) mengemukakan tiga hal, meskipun redaksi yang agak berbeda, yaitu ….

A.        Sifat Lembaga pemeritahan, system pemerintahan suatu negara, dan mekanisme pengurusan keuangan dan system anggaran negara

B.        Sistem pemerintahan suatu negara, dan mekanisme

C.        Mekanisme

D.        Sifat lembaga pemerintahan, pengurusan keuangan

E.         System anggaran negara

Jawaban : A

25.) Salah satu metode penentuan strategi adalah …

A.        SWOT

B.        Management by walking around

C.        Break down

D.        Corporate level strategy

Jawaban : A

26.) Proses yang menentukan bagaimana mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah …

A.        Perencanaan strategik

B.        Perencanaan strategi

C.        Perencanaan anggaran

D.        Proses dan praktik

Jawaban : A

 

27.) Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut ...
A.  jurnal penutup
B.  jurnal pembalik
C.  laporan perubahan ekuitas
D.  laporan operasional
E.  laporan realisasi anggaran

Jawaban : B

28.)  Berikut ini yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu ...
A. Laporan L/R
B. Laporan LRA
C. Laporan Operasional
D. Laporan Perubahan Ekuitas
E. Laporan Neraca

Jawaban :  A

29.)  Akuntansi sebagai suatu sistem atau teknik untuk mengukur dan mengelola transaksi keuangan dan menyajikan hasil pengelolaan tersebut dalam bentuk informasi kepada pihak-pihak internal dan eksternal perusahaan . Pengertian di atas di definisikan oleh ….

A.   Suparwoto

B.    Burwono

C.    Suparto

D.   Sukarno

E.    Endang

Jawaban : A

30.) Apa kepanjangan dari SAP?

A.   Standar Akuntansi Pemerint

B.    Standar Akuntansi Pemerintahan

C.    Standar Akuntan Pemerintah

D.   Standar Akuntan pemerintahan

E.    Standaran Akuntansi Pemerintahan

Jawaban : B

31.) Basis Akuntansi yang digunakan dengan laporan keuangan pemerintah adalah ….

A.   Pendapatan

B.    Basis  Kas kecil

C.    Pengeluaran kas

D.   Pembelian

E.    Basis Kas

Jawaban : E

32.) Apa yang dimaksud dengan SAP berbasis  Akrual?

 

A.   SAP yang mengakui pendapatan, beban, aset, utang, dan ekuitas dalam pelaporan finansial berbasis akrual, serta mengakui pendapatan, belanja, dan pembiayaan dalam pelaporan pelaksanaan anggaran berdasarkan basis yang ditetapkan dalam APBN/APBD.

B.    prinsip-prinsip akuntansi  yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan Laporan Keuangan Pemerintah yang terdiri atas Laporan Keuangan Pemerintah Pusat (LKPP) dan Laporan Keuangan Permerintah Daerah (LKPD).

C.    suatu proses pengumpulan, penganalisaan, pengklasifikasian, pencatatan, peringkasan dan pelaporan terhadap suatu transaksi keuangan dari kesatuan ekonomi untuk menyediakan sebuah informasi keuangan bagi yang memerlukan informasi tersebut yang berguna dalam pengambilan keputusan

D.   pendapatan diakui pada saat kas di terima di Rekening Kas Umum Negara/Daerah atau oleh entitas pelaporan dan belanja diakui pada saat kas dikeluarkan dari Rekening Kas Umum Negara/Daerah atau entitas pelaporan (PP No.71 tahun 2010).

E.     basis kas untuk pengakuan pendapatan, belanja, dan pembiayaan dalam Laporan Realisasi Anggaran dan basis akrual untuk pengakuan aset, kewajiban, dan ekuitas dalam Neraca.

Jawaban : A

 

33.) Apa itu akuntansi pemerintahan menurut  Abdul Halim?

A.   Sebagai aplikasi pencatatan keuangan negara yang dilakukan oleh unit kerja tertentu. 

B.    akuntansi pemerintahan adalah jasa pembuatan informasi mengenai keuangan negara dalam bentuk data-data kuantitatif yang bisa dijadikan arah kebijakan ekonomi negara.

C.    Sistem pencatatan dan pembukuan yang harus ada bagi setiap negara.

D.   akuntansi pemerintahan adalah unit kerja yang menyediakan jasa pencatatan anggaran finansial negara yang nantinya bisa dijadikan arah penentuan kebijakan ekonomi di negara tersebut.

E.    ialah dengan diterapkannya akuntansi pemerintahan, tindakan memanajemen segala kebijakan pemerintah bisa berjalan dengan lancar

Jawaban : B

 

34.) Karena menjadi amanat konstitusi, tentu data-data keuangan harus dilaporkan oleh pemangku kekuasaan yaitu ….

A.   Kepala Daerah

B.    Bupati

C.    Rakyat

D.   Dpr

E.    Pemerintah

Jawaban : E

35.) Dalam akuntansi pemerintahan apa nama lain dari Tujuan Pengawasan?

A.   Perencanaan

B.    Mengawasi

C.    Kontrol

D.   Pengelolaan

E.    Rencana

 

Jawaban : C

 

36.) Apa efek dari tujuan pengawasan?

 

A.   Mencegah terjadinya penyalahgunaan anggaran yang dilakukan oleh unit-unit kerja tertentu. 

B.    Mencegah adanya ancaman dari luar

C.    Sebagai cadangan belakang

D.   Agar keamanan tetap terjaga

E.    Membiarkan penyalahgunaan anggaran

Jawaban : A

37.) Syarat-Syarat Pemerintah Dalam Menerapkan Akuntansi Pemerintahan, kecuali ….

A.   Akuntansi pemerintahan dilakukan pada anggaran yang sudah disetujui pemerintah dan badan legislatif negara

B.    Akuntansi pemerintahan tidak boleh dilakukan dalam rangka untuk melanggar konstitusi negara

C.    Pemerintah harus melakukan perkiraan-perkiraan secara cepat yang sekiranya bisa mengganggu stabilitas keuangan

D.   Akuntansi pemerintah boleh melanggar konstitusi negara

E.    Sistem akuntansi pemerintah dibuat sesuai dengan perubahan jaman.

Jawaban : D

38.) Yang tidak termasuk ke dalam peranan akuntansi pemerintahan adalah ….

A.   Akuntanbilitas

B.    Manajemen

C.    Transparansi

D.   Keseimbangan Antar generasi

E.    Manajerial

Jawaban : E            

39.) Yang termasuk ciri utama struktur pemerintahan dan pelayanan yang diberikan yakni ….

A.   anggaran sebagai pernyataan kebijakan publik, target fiskal, dan sebagai alat pengendalian;

B.    investasi dalam aset yang tidak langsung menghasilkan pendapatan;

C.    kemungkinan penggunaan akuntansi dana untuk tujuan pengendalian; dan

D.   Penyusutan nilai aset sebagai sumber daya ekonomi karena digunakan dalam kegiatan operasional pemerintahan.

E.    bentuk umum pemerintahan dan pemisahan kekuasaan

Jawaban : E

40.) Secara substansial, terdapat tiga lingkup pemerintahan dalam sistem pemerintahan Republik Indonesia, yaitu ….

A.   Pemerintah pusat, pemerintah provinsi, dan pemerintah kabupaten/kota

B.    Pemerintahan dalam daerah, luar maupun dalam

C.    Pemerintah Instansi

D.   Pemerintah daerah, pusat dan kota

E.    Pemerintah kota

Jawaban : A

41.) anggaran sebagai pernyataan kebijakan publik, target fiskal, dan sebagai alat pengendalian, termasuk ke dalam ….

A.   Peranan Akuntansi Pemerintahan

B.    Ciri-ciri keuangan pemerintah yang penting bagi pengendalian

C.    Ciri utama struktur pemerintahan dan pelayanan yang diberikan

D.   Bentuk Umum Akuntansi pemerintahan

E.    Tujuan Akuntan pemerintah

Jawaban : B

42.) Apa tujuan utama dari akuntansi pemerintah?

A.   Pelayanan untuk masyarakat

B.    Penyedia jasa bagi masyarakat

C.    Penyedia Alat Transportasi

D.   Penyedia sumber alam

E.    Penyedia tempat pertambangan

43.) Apa singkatan dari  Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara?

A.   APBD

B.    APBN

C.    APBB

D.   APBDB

E.    APBBD

Jawaban : B

44.) Apa kepanjangan dari BAPEKKI?

A.   Badan Pengawas Tenaga Nuklir Nasional

B.    Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

C.    Badan Pengkajian Ekonomi Keuangan dan Kerjasama Internasional

D.   bahan Bakar Minyak

E.    A-D benar

Jawaban : C

45.) Di bawah ini yang tidak termasuk ke dalam  Ciri-ciri umum entitas akuntansi pemerintahan yakni ….

A.   Non-Profit Motive

B.    Sumber Pendanaan dari pajak, retribusi, utang, obligasi pemerintah, laba BUMN/BUMD, penjualan aset negara dsb

C.    Pertanggungjawaban keuangan dan operasional kepada masyarakat (publik) dan parlemen (DPR/DPRD)

D.   Struktur Organisasi bersifat birokratis, kaku, dan hierarkis

E.        Karakteristik anggaran terbuka tidak untuk public

Jawaban : E

46.) Fungsi akuntabilitas lebih luas daripada sekedar ketaatan pada peraturan perundangan yang berlaku, tetapi juga mempertimbangkan penggunaan sumber daya secara ….

A.   Bijaksana, efisien, efektif, dan ekonomis.

B.    Kreatif, bijak, ulet, dan tekun

C.    Punya banya ide, efektif, ekonomis, dan efesien

D.   Bijak

E.    Ulet

Jawaban : A

47.) Keuangan negara yang dikelola oleh pemerintah harus dapat dipertanggungjawabkan sesuai perintah konstitusi. Di Indonesia, pelaksanaan gungsi tersebut dicantumkan dalam ….

A.   UUD 1945. Pasal 24E UUD 1945

B.    UUD 1945. Pasal 23E UUD 1945

C.    UUD 1945. Pasal 22E UUD 1945

D.   UUD 1945. Pasal 21E UUD 1945

E.    UUD 1945. Pasal 20E UUD 1945

Jawaban : B

48.) Akuntansi pemerintahan menyediakan informasi keuangan bagi pemerintah untuk melakukan yakni pada fungsi?

A.   Akuntanbilitas

B.    Manajemen

C.    Manajerial

D.   Perencanaan

E.    Pengoorganisasian

Jawaban : C

49.) mengatur penyajian laporan keuangan untuk tujuan umum (general purpose financial statements) dalam rangka meningkatkan keterbandingan laporan keuangan baik terhadap anggaran, antar periode, maupun antar entitas, ujuan Pernyataan Standar Akuntansi Pemerintahan (PSAP) Nomor?

A.        Nomor 05

B.        Nomor 02

C.        Nomor 03

D.        Nomor 04

E.         Nomor 05

Jawaban : E

50.) Akuntansi Pemerintahan diatur dalam Peraturan Pemerintah No ….

A.        24 Tahun 2005

B.        23 Tahun 2005

C.        22 Tahun 2006

D.        21 Tahun 2007

E.         240Tahun 2008

Jawaban : A

51.) Apa fungsi dari Keseimbangan Antargenerasi  dalam tujuan standar akuntansi pemerintahan?

A.   mempertanggungjawabkan pengelolaan dan pelaksanaan kebijakan sumber daya dalam mencapai tujuan

B.    memberikan informasi keuangan yang terbuka, jujur, menyeluruh kepada stakeholders

C.    memudahkan fungsi perencanaan, pengelolaan dan pengendalian atas aset, kewajiban dan ekuitas dana pemerintah

D.   memberikan informasi mengenai kecukupan penerimaan pemerintah untuk membiayai seluruh pengeluaran, dan apakah generasi y.a.d ikut menanggung beban pengeluaran tersebut

E.    meningkatkan transparansi dan akuntabilitas pengelolaan keuangan negara

Jawaban : D

52.) Menurut Peraturan Pemerintah “Standar Akuntansi Pemerintah adalah prinsip-prinsip akuntansi yang diterapkan dalam menyusun dan menyajikan laporan  keuangan pemerintah” yang di atur dalam ….

A.   No. 71 Tahun 2010

B.    No. 71 Tahun 2020

C.    No. 90  Tahun 2010

D.   No. 71 Tahun 2002

E.    No. 71 Tahun 2003

Jawaban : A

53.) Di bawah ini yang termasuk ke dalam fungsi kerangka konseptual sebagai acuan  yakni ….

A.   Jika terjadi pertentangan antara kerangka konseptual dan standar akuntansi,   maka ketentuan standar akuntansi diunggulkan relatif terhadap kerangka  konseptual ini. 

B.     Kemungkinan penggunaan akuntansi dana untuk tujuan pengendalian

C.    Anggaran  sebagai  pernyataan  kebijakan  publik,  target-target  fiskal, dan sebagai alat pengendaliannya

D.   Investasi dalam asset yang tidak langsung menghasilkan pendapatan

E.    Hubungan antara pembayaran pajak dan pelayanan pemerintah.

Jawaban : A

54.) SAP diterapkan dengan PP Nomor 24 Tahun 2005 tanggal 13 Juni 2005 tentang ….

A.   Standar Akuntansi Pemerintahan (PD SAP)

B.    Standar Akuntansi Pemerintahan (PP SPA)

C.    Standar Akuntan Pemerintah (PP SAP)

D.   Standar Akuntansi Pemerintahan (PP SAP)

E.    Standar Akuntan Pemerintahan (PP SAP)

Jawaban : D

55.) Di bawah ini yang masuk ke dalam tahapan-tahapan penyusunan SAP, kecuali ….

A.       Identifikasi Topik untuk Dikembangkan Menjadi Standar

B.       Pembentukan Kelompok Kerja (PJO) di dalam KSAP

C.      Riset Terbatas oleh Kelompok Kerja

D.      Penulisan draf SAP oleh Kelompok Kerja

E.       Pembahasan Draf oleh Komite Kerja

 

Jawaban : B

56.) Apa yang di maksud dengan laporan Keuangan?

A.   akuntansi yang bersangkutan dengan bidang keuangan negara, dari anggaran sampai dengan pelaksanaan dan pelaporannya, termasuk segala pengaruh yang ditimbulkannya.

B.    suatu proses identifikasi, pencatatan, pengukuran, pengklasifikasian, pengikhtisaran transaksi dan kejadian keuangan, penyajian laporan, serta penginterprestasian atas hasil dari proses yang dilakukan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah (

C.    bahwa akuntansi pemerintahan harus memungkinkan terselenggaranya pemeriksaan oleh aparat pengawasan fungsional secara efektif dan efisien

D.   akuntansi pemerintahan harus menyediakan informasi keuangan yang diperlukan untuk perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pemantauan, pengendalian anggaran, perumusan kebijakan dan pengambilan keputusan, serta penilaian kinerja pemerintah.

E.    catatan informasi keuangan suatu perusahaan/badan usaha/instansi pemerintahan pada suatu periode akuntansi, yang dapat digunakan untuk menggambarkan kinerja keuangannya

Jawaban : E

 

57.) Apa kepanjangan dari PABU?

A.   Prinsip Akuntansi Berterima khusus

B.    Prinsip Akuntan Berterima Umum

C.    Prinsip Akuntansi Berterima Umum

D.   Pedoman Akuntansi Berterima Umum

E.    Prinsip Akuntansi terima Umum

Jawaban : C

58.) Tujuan umum laporan keuangan dalam akuntansi pemerintahan yakni ….

A.   “menyajikan informasi mengenai posisi keuangan, realisasi anggaran, saldo anggaran lebih, arus kas, hasil operasi, dan perubahan ekuitas suatu entitas pelaporan yang bermanfaat bagi para pengguna dalam membuat dan mengevaluasi keputusan mengenai alokasi sumber daya.”

B.    “laporan keuangan yang dihasilkan dari penerapan SAP Berbasis Akrual dimaksudkan untuk memberi manfaat lebih baik bagi para pemangku kepentingan, baik para pengguna maupun pemeriksa laporan keuangan pemerintah, dibandingkan dengan biaya yang dikeluarkan. Hal ini sejalan dengan salah satu prinsip akuntansi yaitu bahwa biaya yang dikeluarkan sebanding dengan manfaat yang diperoleh”.

C.    “Laporan keuangan merupakan laporan yang terstruktur mengenai posisi keuangan dan transaksi-transaksi yang dilakukan oleh suatu entitas pelaporan”

D.   “untuk memenuhi kebutuhan informasi dari semua kelompok pengguna. Oleh karena itu, laporan keuangan pemerintah tidak dirancang untuk memenuhi tujuan spesifik dari masing-masing kelompok pengguna.”

E.    “wujud akuntabilitas pengelolaan keuangan, maka laporan keuangan yang disajikan mencakup jenis laporan dan elemen informasi yang diharuskan oleh ketentuan peraturan perundang-undangan.”

Jawaban : A

59.) Komponen Laporan Keuangan sesuai dengan ….

A.   PP No. 71 Tahun 2002

B.    PP No. 71 Tahun 2010

C.    PP No. 71 Tahun 2003

D.   PP No. 73 Tahun 2010

E.    PP No. 71 Tahun 2020

Jawaban : B

60.) isi dari Komponen Laporan Keuangan, kecuali ….

A.        Laporan Realisasi Anggaran

B.        Laporan Perubahan Saldo Anggaran Lebih

C.        Neraca

D.        Laporan Operasional

E.         Laporan Keuangan

Jawaban : E

61.) Apa kepanjangan dari CaLK?

A.   Catatan atas Laporan Keuang

B.    Catat atas Laporan Keuangan

C.    Catatan atas Laporan Keuangan

D.   Catatan atas Laporan

E.    Mencatat laporan kuangan

Jawaban : C

62.) Penyusunan Standar Akuntansi Pemerintahan dilakukan oleh ….

A.   KSAP

B.    SPA

C.    SAP

D.   BPK

E.    PP

Jawaban : A

63.) Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 tentang Standar Akuntansi Pemerintahan yang merupakan pengganti Peraturan Pemerintah Nomor ….

A.   24 Tahun 2006

B.    25 Tahun 2005

C.    20 Tahun 2000

D.   24 Tahun 2005

E.    21 Tahun 2005

Jawaban : D

64.) Perbedaan fundamental Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 dengan Peraturan Pemerintah Nomor 24 Tahun 2005 terletak pada ….

A.   basis pencatatan transaksi dan jenis laporan keuangan.

B.    basis keuangan pencatatan transaksi

C.    basis pelaporan keuangan berdasarkan pencatatan transaksi

D.   basis jenis-jenis laporan

E.    basis keuangan daerah

jawaban : A

65.) Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010 memiliki berapa lampiran?

A.   5

B.    4

C.    3

D.   2

E.    1

Jawaban : D

66.) Apa isi lampiran satu dari Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2010?

A.   standar akuntansi berbasis kas menuju akrual.

B.    standar akuntansi berbasis akrual

C.    standar akuntansi berbasis kas

D.   standar akuntansi berbasis pencatatan

E.    standar akuntansi berbasis transaksi

Jawaban : B

67.) Apa nama lain dari Sistem Pembukuan Berpasangan?

A.   double entry system

B.    dual system

C.    Bookkeeping System in pairs

D.   Bookkeeping System

E.    entry system

Jawaban : A

68.) Komponen laporan keuangan yang harus dibuat oleh SKPD menurut Peraturan Pemerintah Nomor 71 Tahun 2010 terdiri dari?

A.   5 bagian

B.    4 bagian

C.    3 bagian

D.   2 bagian

E.    1 bagian

Jawaban : D

69.) Sistem Akuntansi Pemerintah Daerah dapat menunjang efektivitas Pengelolaan ....

A.   Keuangan Negara

B.    Keuangan pusat

C.    Keuangan Daerah

D.   Keuangan Pusat

E.    Keuangan kota

Jawaban : C

 

70.) Pemerintah Indonesia telah merencanakan reformasi di bidang akuntansi. Salah satu reformasi yang dilakukan adalah peralihan akuntansi pemerintah yang berbasis kas menjadi ….

A.   Basis akrual

B.    Basis kas

C.    Basis pencatatan

D.   Basis keuangan

E.    Basis pengelolaan

Jawaban : A

71.) Dalam reformasi di bidang keuangan negara, perubahan yang signifikan adalah perubahan di bidang ….

A.   Akuntansi pemerintahan

B.    Akuntansi daerah

C.    Akuntansi

D.   Akuntan pemerintah

E.    Akuntan

Jawaban : A

 

72.) Penerapan basis akrual diatur bahwa Peraturan Menteri Keuangan Nomor 213/PMK.05/2013, memberlakukannya pada ….

A.   6 Januari 2015.

B.    2 Januari 2016

C.    3 Januari 2015.

D.   1 Januari 2015.

E.    8 Januari 2015.

Jawaban : D

73.) apa itu  Akuntansi Berbasis Akrual Basis akrual?

A.   suatu aturan atau standar yang digunakan sebagai acuan dalam menyusun laporan keuangan pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun pemerintah daerah.

B.     basis akuntansi dimana transaksi ekonomi atau peristiwa akuntansi diakui, dicatat, dan disajikan dalam laporan keuangan pada saat terjadinya transaksi tersebut, tanpa memperhatikan waktu kas diterima atau dibayarkan.

C.    laporan keuangan berbasis akrual juga menyediakan informasi mengenai kegiatan operasional pemerintah, evaluasi efisiensi dan efektivitas serta ketaatan terhadap peraturan.

D.   mengamanatkan pentingnya tata kelola keuangan yang baik (good governance) yang antara lain berdasarkan prinsip-prinsip transparansi dan akuntabilitas, serta mengikuti international best practices yang disesuaikan dengan kondisi di Indonesia.

E.     basis transisi sampaidengan akuntansi berbasis akrual sebagaimana ditetapkan dengan paket UUbidang keuangan Negara dapat diterapkan di Indonesia

Jawaban : B

74.) Pemerintah harus menerapkan SAP akuntansi berbasis akrual itu sudah di amanatkan oleh ….

A.    Undang-Undang No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No. 1 tahun 2004

B.     Undang-Undang No. 22 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No. 1 tahun 2004

C.     Undang-Undang No. 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No. 5 tahun 2004

D.    Undang-Undang No. 17 tahun 2005 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No. 1 tahun 2004

E.     Undang-Undang No. 17 tahun 2000 tentang Keuangan Negara dan Undang-Undang No. 1 tahun 2004

Jawaban :

75.) alam rangka penerapan akuntansi berbasis akrual di Indonesia ada beberapa tahun sebagai bukti, nah tahun pertama pada tahun 2010. Yang termasuk isi dari tahun 2010 di bawah ini adalah ….

A.   Mengembangkan Sistem Akuntansi dan pedoman yang akan digunakan dalam penerapan akuntansi berbasis akrual,

B.    Penyusunan peraturan yang berkaitan.

C.    Konsolidasi Laporan K/L dan BUN dengan basis akrual,

D.   Evaluasi dan finalisasi sistem yang akan digunakan.

E.     Mengumpulkan berbagai informasi yang berkaitan dengan akuntansiberbasis akrual,

Jawaban : E

       76.) Apa isi dari  Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

Pasal 1?

 

A.   Pendapatan negara/daerah adalah hak pemerintah pusat/daerah yang diakui sebagai penambah nilai kekayaan bersih.

B.    Ketentuan mengenai pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual sebagaimana dimaksud dalam Pasal 12 dan Pasal 13 Undang-undang ini dilaksanakan selambat-lambatnya pada tahun anggaran 2008 dan selama pengakuan dan pengukuran pendapatan dan belanja berbasis akrual belum dilaksanakan, digunakan pengakuan dan pengukuran berbasis kas.

C.    Dalam hal entitas pelaporan belum dapat menerapkan PSAP berbasis akrual, entitas pelaporan dapat menerapkan PSAP berbasis kas menuju akrual paling lama 4 (empat) tahun setelah TA 2010.

D.   Ketentuan lebih lanjut mengenai penerapan SAP Berbasis Akrual pada pemerintah daerah diatur dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri.

E.    Peraturan kepala daerah yang mengatur Kebijakan Akuntansi Pemerintah Daerah dan peraturan kepala daerah yang mengatur SAPD ditetapkan paling lambat

 

Jawaban : A

 

77.) di bawah ini yang masuk ke dalam kelebihan basis akrual yakni?

                            

A.   belum memperlihatkan kinerja pemerintah secara keseluruhan (hanya fokus pada sumber daya keuangan berupa kas – financial assets).

B.    tidak menggambarkan beban keuangan yang sesungguhnya, karena beban yang diakrualkan (misalnya beban penyusutan, beban penyisihan piutang tak tertagih, dan beban yang terutang lainnya) tidak diinformasikan dalam Laporan Realisasi Anggaran maupun laporan lainnya.

C.    kurang memberikan jejak atas perubahan nilai ekuitas pemerintah, karena setiap transaksi terkait aset dan kewajiban akan langsung membebani ekuitas.

D.   hanya memberikan gambaran parsial bukan menyeluruh tentang keuangan negara sesuai maksud UU 17 Tahun 2003,

E.    dapat menyediakan laporan keuangan sebagaimana diamanatkan UU;

 

Jawaban : E

 

78.)   Mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya (khususnya keuangan) serta pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui laporan keuangan secara periodik disebut ...
A. antargenerasi
B. transparansi
C. manajerial
D. akuntabilitas
E. keseimbangan entitas

 

Jawaban : C

 

79.) Laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan dapat ditempatkan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan atau Catatan atas Laporan Keuangan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
A. realization
B. periodicity
C. consistency
D. fair presentation
E. full disclosure

 

Jawaban : D

 

80.) Aset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) untuk memperoleh aset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan ...
A. nilai historis
B. konsistensi
C. penyajian wajar
D. realisasi
E. basis akuntansi

Jawaban : A

81.) Di bawah ini yang termasuk dalam organisasi sector public ….

A.        Efisien

B.        Imbalan

C.        Efektif

D.        Kreatif

E.         Ekonomi

Jawaban : E

82.) Apa kepanjangan dari BBM?

A.   Bahan bakar minyak

B.    Badan Hukum Milik Negara

C.    Bank Indonesia

D.    Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional

E.    Badan Perencanaan Pembangunan Nasional

Jawaban : A

83.) Di bawah ini yang tidak termasuk Organisasi sektor publik  dalam akuntansi pemerintahan ….

A.   Pemerintah

B.    Yayasan

C.    BUMN dan BUMD

D.   BUMDes

E.    SAP

Jawaban : E

 

84.) apakah akuntansi pemerintahan memiliki laporan laba rugi?

A.   Memiliki

B.    Tidak

C.    Memiliki dan tidak memiliki

D.   Ada 2 laporan laba rugi

E.    Bagian A, B,C,D benar semua

Jawaban : B

 

85.) Laporan yang ada di akuntansi pemerintahan ada berapa?

A.   5

B.    4

C.    3

D.   2

E.    1

Jawaban : D

86.) Di bawah ini yang masuk ke dalam laporan akutansi pemerintahan yakni ….

A.   Laporan laba rugi

B.    Laporan perubahan modal

C.    Laporan operasional

D.   Laporan arus kas

E.    Laporan kas

Jawaban : C

87.) Komponen neraca pada akuntansi pemerintah, kecuali ...

A.    Dana Cadangan

B.    Ekuitas Dana

C.    Ekuitas Dana Lancar

D.   Ekuitas Dana Cadangan

E.    Realisasi Anggaran

Jawaban : E

88.) akuntansi pemerintah pendapatan berasal dari ...

A.   penetapan – penetapan aturan secara hukum.

B.   Barang

C.   Jasa

D.  Barang dan jasa

E.   Jawaban A- D benar

Jawaban : A

89.) akuntansi pemerintah tunduk pada ...

A.   SAK

B.    IAI

C.    SAP

D.   KSAP

Jawaban : C

90.) Dalam pengaudit laporan keuangan pada akuntansi pemerintah, pihak yang berwenang memeriksa laporan keuangan adalah ....

A.   BPK

B.    Akuntan public

C.    AP

D.   PP

E.    SAP

Jawaban : A

91.) Jika berbicara mengenai kepemilikan akuntansi pemerintah bersifat ….

A.    adanya kepemilikan dan independen

B.     lebih independen

C.    tidak adanya kepemilikan

D.   tidak adanya kepemilikan dan lebih independen

E.    tidak adanya independen

Jawaban : D

92.)  dalam akuntansi pemerintah apa saja yang di pakai?

A.   konsep,  konvensi,  praktek,  dan Prosedur

B.    konsep,  konvensi dan praktek

C.    Prosedur akuntansi

D.   konsistensi (consistency), obyektifitas (objectivity),  pengungkapan penuh  (full disclosure)

E.    praktek

Jawaban : A

93.) Siklus akuntansi yang digunakan akuntansi pemerintahan yakni ….

A.   1 Januari sampai dengan 28 Desember.

B.   1 Januari sampai dengan 30 Desember.

C.   1 Juli sampai dengan 31 Desember.

D.   2 Januari sampai dengan 30 Desember.

E.    1 Januari sampai dengan 31 Desember.

Jawaban : E

94.) dalam akuntansi pemerintahan apa nama lain dari materialitas?

A.    (consistency)

B.     (objectivity)

C.    (disclosure)

D.    (materiality)

E.    (conservatism)

Jawaban : D

95.) Konsep akuntansi  keuangan yang diakui  secara umum, Kecuali ….

A.   Konsistensi

B.    Efektifitas

C.    pengungkapan penuh 

D.   Obyektifitas

E.     Materialitas

Jawaban : B

96.) Di bawah ini yang masuk ke dalam istilah-istilah akuntansi pemerintahan, kecuali ….

A.   APBD 

B.    BLBI

C.    PPh

D.   PP

E.    PPnBM 

Jawaban : D

97.) Apa kepanjangan dari KSM dalam akuntansi pemerintahan?

A.   Kelompok Swadaya Masyarakat

B.     Kredit Usaha Hutan Rakyat

C.    Kredit Usaha Mikro dan Kecil

D.   Kas Umum Negara

E.     Kontraktor Kontrak Kerja Sama

Jawaban : A

98.) dalam akuntansi pemerintahan apa fungsi dari APBN?

A.   membuat pemerintah memiliki gambaran apa saja yang akan diterima sebagai pendapatan dan pengeluaran yang akan dilakukan selama 1 tahun anggaran.

B.    sebagai alat untuk menentukan besar pendapatan dan pengeluaran

C.    kestabilan nilai mata uang terhadap barang dan jasa, serta kestabilan terhadap mata uang negara lain.

D.   Menjaga keamanan dalam proses transaksi

E.    Bagian A-D benar

Jawaban : A

99.) Apa kepanjangan dari BPK?

A.   Badan keuangan negara

B.    Badan pemeriksaan keuangan

C.    Badan pemeriksa keuangan

D.   Badan pemeriksa

E.    Badan keuangan keperiksaan

Jawaban : C

100.) Akuntansi pemerintah jika di singkat menjadi ….

A.   AKPEM

B.    AKP

C.    AK

D.   AP

E.    AKK

Jawaban : A                                      

  

No comments: