Friday, November 13, 2020

KUMPULAN SOAL JAWAB AKUNTANSI PEMERINTAHAN/AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK 9

 


PILIHAN GANDA

1.      Pusat pertanggungjawaban berbasis pada apa saja…

a.      Perencanaan dan koordinasi

b.      Perencanaan dan penendalian

c.       Pengendalian dan penilaian kinerja

d.      B dan C benar

e.      A dan B benar

2.      Pengendalian manajeman meliputi 7 aktivitas antara lain adalah…

a.      Koordinasi dan penilaian kinerja

b.      Perencanaa, koordinasi dan pengembalian keputusan

c.       Penilaian kinerja, pengendalian dan koordinasi

d.      Perencanaan dan pengendalian

e.      Penilian kinerja dan koordinasi

3.      Dalam tahapan ini pengendalian manajemen terkait denan perumusan strategi dan perencanaan strategic yang dijabarkan dalam bentuk program-program. Pengertian tersebut adalah pengertian dari…

a.      Pengendalian prenventif

b.      Pengendalian operasional

c.       Pengendalian kinerja

d.      Pengendalian koordinasi

e.      Pengendalian penilian

4.      Informasi yang dapat membedakan dengan jelas antara biaya yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan oleh manejer pusat pertanggungjawaban adalah…

a.      Informasi efisiensi

b.      Informasi efektivitas

c.       Informasi yang relevan

d.      Informasi yang akurat

e.      Informasi yang kuat

5.      Biaya yang dapat dikendalikan secara langsung disebut…

a.      Uncontrollable

b.      Controllable

c.       To the point

d.      Un to the point

e.      Corporate

6.      Salah satu metode penentuan strategi adalah…

a.      SWOT

b.      Management by walking around

c.       Break down

d.      Corporate level strategy

e.      To the ponit

7.        Bagian yang bertugas menyusun anggaran untuk tiap-tiap unit operasi adalah…

a.      Komite perancangan

b.      Komitr penganggaran

c.       Komite pertanggungjawaban

d.      Komite anggaran

e.      Komite pembendaharaan

8.      Strategi yang dihasilkan dari proses prumusan strategi merupakan strategi global atau dalam perusahaan disebut…

a.      Unit business level strategy

b.      Corporate level strategy

c.       Strategy revision

d.      Opportunity

e.      Management by walking around

9.      Proses yang menentukan bagaimana mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah…

a.      Perencanaan strategik

b.      Perencanaan strategi

c.       Perencanaan anggaran

d.      Proses dan praktik

e.      Tdk ada yang benar

10.  Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen adalah…

a.      Penganggaran

b.      Perencanaan strategu

c.       Penilaian kinerja

d.      Perencanaan strategic

e.      Praktik

11.  Akuntansi manajemen sektor public menghasilkan informasi yang berguna dalam…

a.      Perencanaan dan pengendalian organisasi

b.      Perencanaan dan pengoprasian organisasi

c.       Pengoperasian dan pengendalian organisasi

d.      Pengoperasian dan penilaian kinerja organisasi

e.      Kehidupan sehari-hari

12.  Berikut ini yang bukan merupakan tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi sector public yaitu…

a.      Perencanaan operasional

b.      Penganggaran

c.       Perencanaan tujuan  dan sasaran dasar

d.      Penilaian kinerja

e.      Jawaban a, b dan c benar

13.  Peran akuntansi manajemen dalam organisasi sector publik, kecuali…

a.      Perencanaan strategic

b.      Pemberian informasi biaya

c.       Penilaian kinerja

d.      Penilaian investasi

e.      Perencanaan operasional

14.  Tahap dimana pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkaan untuk menghasilkan produk/jasa pelayanan disebut…

a.      Cost recording

b.      Cost finding

c.       Cost reporting

d.      Cost analyzing

e.      Cost startegic

15.  Informasi akuntansi sebagai alat perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan menjadi 3 kelompok, kecuali...

a.      Informasi yang sifatnya rutin atau ad hoc

b.      Informasi kuantitatif atau kialitatif

c.       Informasi disampaikan memalui saluran formal atau informal

d.      Informasi yang bersifat objektif atau subjektif

e.      Jawaban a, b dan c benar

16.  Perencanaan maliputi aktifitas yang bersifat, kecuali…

a.      Strategic

b.      Efektif

c.       Taktis

d.      Melibatkan aspek operasional

e.      stabilitas

17.  Pola pengendalian tiga organisasi berbeda-beda tergantung pada…

a.      Jenis dan karekteristik organisasi

b.      Jenis dan tujuan organisasi

c.       Karakeristik dan tujuan organisasi

d.      Ruang lingkup dan tujuan organisasi

e.      Tujuan organisasi dan jenis organisasi

18.  Berikut ini merupakan tahap dimana manajemen organisasi membuat alternatif-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu…

a.      Penilaian investasi

b.      Penganggaran

c.       Perencanaan operasional

d.      Penilaiaan kinerja

e.      Perencanaan strategic

19.  Berukut ini yang bukan merupakan fungsi anggaran dalam manajeman sector public, yaitu…

a.      Sebagai alat alokasi sumber daya public

b.      Sebagai alat distribusi

c.       Sebagai alat stabilisasi

d.      Sebagai alat operasi

e.      Sebagai alat politik

20.  Sumber daya yang dikorbankan untuk memberikan pelayanaan merupakan pengertian dari…

a.      Biaya input

b.      Biaya output

c.       Biaya proses

d.      Biaya operasi

e.      Biaya politik

21.  Pemberian pelayanan public pada dasarnya dapat dibiayai melalui dua sumber, yaitu…

a.      Pajak dan pembebanan langsung

b.      Pembiayaan deficit anggaran

c.       Penjualan asset milik pemerinah

d.      Utang dan tanggungjawab

e.      Kewajiban dan keharusan

22.  Jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah, kecuali…

a.      Barang ekonomis

b.      Barang privat

c.       Parang public

d.      Barang campuran

e.      Barang jadi

23.  Barang public adalah barang kebutuhan masyarakat yang manfaatnya dinikmati oleh…

a.      Seluruh masyarakat

b.      Individu

c.       Perorangan

d.      Berdua

e.      Bertiga

24.  Kesulitan dalam membedakan barang public dengan barang privat kecuali…

a.      Batasan keduanya sulit ditentukan

b.      Barang atau jasa public tapi ada pembebanan langsung

c.       Kecenderungan membebankan tariff pelayanan daripada membebankan pada pajak

d.      Sector  swasta terlibat dalam penyediaan pelayanan pendidikan

e.      Eksklusivitas kepemilikan

25.  Yang bukan kommpleksitas strategi harga adalah…

a.      Two-part tariffs

b.      Peak-load tariffs

c.       Three- part tariffs

d.      Diskriminasi harga

e.      Marginal cost

26.  Salah satu kesulitan menghitung biaya total adalah…

a.      Mengetahui besar biaya total

b.      Mudah mengukur yang dikomsumsi

c.       Memperhitungkan kebutuhan masyarakat

d.      Memperhitungkan kemampuan masyarakat

e.      Biaya apa saja yang harus diperhitungkan

27.  Pelayanan public yang disebabkan tariff pelayanan kecuali…

a.      Imunisasi

b.      Transpostasi public

c.       Pendidikan

d.      Jalan tol

e.      Iuran BPJS

28.  Merit goog disebut juga…

a.      Barang privat

b.      Barang public

c.       Barang ekonomis

d.      Barang campuran

e.      Barang mentah

29.  Alasan mengapa pembebanan tariff pelayanan public disebabkan kepada konsumen…

a.      Adanya barang privat dan public

b.      Tidak adanya efisiensu ekonomi

c.       Tidak ada prinsip keuntungan

d.      Adanya barang ekonomis

e.      Tidak ada barang privat

30.  Contoh barang campuran adalah…

a.      Jaksa kepolisian

b.      Pertahanan

c.       Sanitasi

d.      Imunisasi

e.      Jalan tol

31.  Anggaran dengan pendekatan new public management (npm) adalah anggaran yang berorientasi, kecuali pada kinerja yang terdiri dari, kecuali…

a.      Vote accounting

b.      Planning programming

c.       Zero based budgeting

d.      Persormance budgeting

e.      Jawaban b dan d benar

32.  Model new public management (npm) mulai dikenal pada tahun…

a.      1980-an

b.      1985-an

c.       1990-an

d.      1975-an

e.      1970-an

33.  Salah sati model pemerintah di era new public management adalah model  pemerintah dengan konsep reinventing government  yang di ajukan oleh…

a.      Pollit

b.      Berzelay

c.       Osborne dab gaebler

d.      Lan, zhiyong and rosenloom

e.      Tidak ada yang benar

34.  Manakah pernyataan dibawah ini keunggulan – kelemahan dari ZBB…

a.      ZBB berfokus pada volue or money   - ZBB cenderung manfaat jangka panjang

b.      Meningkatkan pengetahuan               - ZBB berfokus pada value for money

c.       ZBB berfokus pada value                    - Prosesnya memakan waktu lama

d.      Implementasi ZBB                              - Pada proses meranking

e.      Dapat menambah gaji                                    - kekurangan gaji

35.  Masalah utama penggunaan ZBB dan PPBS adalah…

a.      Boundd rationality, keterbatasan dalam menganalisis semua alternative untuk melakukan aktivitas

b.      Kurangnya data untuk membandingkan semua alternative, terutama untuk mengukur output

c.       A dan B benar

d.      A dan B salah

e.      Semua jawaban salah

36.  Ciri-ciri dari anggaran tradisional antaralain, kecuali…

a.      Line-item

b.      Cenderung sentralistis

c.       Tahunan

d.      Desentralisasi/devolved management

e.      Berorientasi pada input

37.  Manakah yang menjadi masalah utama penggunaan ZBB & PPBS…

a.      Bounded rationality

b.      Planning

c.       Programming

d.      Zero based bugeting

e.      masyarakat

38.  Pengertian dari apakah “menambah atau mengurangi jumlah rupiah pada item-item anggaran yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan data tahun sebelumnya”

a.      Line-item

b.      Incrementalism

c.       Anggaran tradisional

d.      Planning

e.      sentralisasi

39.  Manakah prespektif baru pemerintah menurut osbome dan gaebler tersebut adalah…

a.      Pemerintahan katalis

b.      Sentralistis

c.       Desentralisasi

d.      Berdasarkan sarana kinerja

e.      Masyarakat

40.  Karekteristik pendekatan baru system anggaran public meliputi…

a.      Lingkungan

b.      Berjangka pendek

c.       Planning

d.      Masyarakat

e.      Berjangka panjang

41.  Dibawah ini adalah aspek-aspek daripengukuran kinerja organisasi sector public, kecuali…

a.      Kelompok masukan yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran

b.      Kelompok proses yang dari kegiatan baik dari segi kecepatan, ketepatan, maupun tingkat akurasi pelaksanaan kegiatan tersebut

c.       Kelompok simpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan kegiatan agar organisasi berjalan .lancar

d.      Kelompok keluaran yang segala sesuatu yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berwujud maupun tidak berwujud

e.      Jawaban a dan b benar

42.  Dibawah ini adalah element pokok dari pengekuran kinerja, kecuali…

a.      Menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi organisasi

b.      Merumuskan indicator dan ukuran kinerja

c.       Evaluasi kinerja

d.      Menguraikan dan menjalankan kinerja organisasi

e.      Mengukur ketercapaian tujuan dan sasaran organisasi

43.  Tujuan dari system pengukuran kinerja adalah…

a.      Untuk mengukur kinerja financial dan non financial secara beimbang

b.      Untik mengutamakan alokasi sumber daya

c.       Untuk menentukan tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja

d.      Untuk menunjukan bagaimna kemajuan atas sasaran yang telah ditetapkan

e.      Untuk membantu masyarakay dalam kebutuhan sehari-hari mereka

44.  Dalam pengukuran kinerja sector public dilakukan untuk memenuhi 3 maksud, kecuali…

a.      Pengukuran kinerja sector public dimaksudkan untuk membantu mempebaiki kinerja pemerintahan

b.      Ukuran kinerja sector public diginakan untuk mengalokasian sumber daya dan pembuatan keputusan

c.       Ukuran kinerja sector punlik dimaksudkan untuk mewujudkan pertanggungjawaban public dan memperbaiki komunikasi kelembagaan

d.      Pengukuran kinerja sector public dimaksudkan untik membantu pihak suasta atau perusahaan yang terkait

e.      Jawban a dan b benar

45.  Manfaat dalam pengukuran kinerja sector public adalah…

a.      Memberikan pemahamam mengenai ukuran yang digunakan untuk dinilai kinerja manajement

b.      Meminimalkan distribusi kekuasaan pada lembagga terkait

c.       Mengawasi distribusi kekuasaan pada lembaga terkait

d.      Jawaban tdk ada yang benar

e.      Semua jawaban benar

46.  Dibawah ini adalah langkah-langkah pengukuran value for money, kecuali…

a.      Pengukuran ekonomi

b.      Pengukuran income

c.       Pengukuran efisiensi

d.      Pengukuran efektifitas

e.      Pengukuran outcome

47.  Pengukuran yang hanya mempertimbangkan masukan yang dipergunakan merupakan penegrtian dari…

a.      Pengukuran ekonomi

b.      Pengukuran efisien

c.       Pengukuran efektifitas

d.      Pengukuran outcome

e.      Pengukuran income

48.  Dibawah ini adalah manfaat implementasi konsep value for n money pada organisasi sector public kecuali…

a.      Meningkatkan efektivitas pelayanan public dalam arti pelayanan yang diberikan tepat sasaran

b.      Meningkatkan mutu pelayanan public

c.       Menaikkan biaya pelayanan public

d.      Alokasi belanja yang lebih berorientasi pada kepentingan public

e.      Jawaban a dan b benar

49.  Apakah yang dimaksud value for money…

a.      Alat pembantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka

b.      Alat pengukuran kinerja memonitori dalam upaya menciptakan perbaikan kinerja secara berkelanjutan

c.       Alat untuk menyesuaikan perubahan kebituhan layanan public

d.      Alat untuk manguju fasilitas keadaan indicator

e.      Alat pengukuran kinerja untuk menilai suatu kinerja pada perusahaan public dan juga digunakan untuk mengatur ekonomi, efisiensi dan efektivitas segala kegiatan pada organisasi sector public

50.  Dibawah ini adalah karekteristik dalam indicator kinerja, yaitu…

a.      Sederhana dan mudah dipahami

b.      Dapat diukur

c.       Dapat dikualifikasikan, misalnya dalam bentuk rasio persentase dan angka

d.      Jawaban a, b, dan c benar

e.      Jawaban a, b, dan c salah

51.  Yang bukan termasuk pengendalian manajemen adalah…

a.      Perencanaan

b.      Komunikasi informasi

c.       pengarahan

d.      Pengendalian

e.      Pemahaman

52.  System pengendalian manajeman didukung oleh…

a.      Manajeman SDM

b.      Teknologi

c.       Kinerja manajeman

d.      Strategi

e.      Masyarakat

53.  Apasaja yang termasuk kedalam tipe pengendalian manajeman…

a.      Pengendalian multional

b.      Pengendalian preventif

c.       Pengendalian operasiona

d.      Jawaban b dan c benar

e.      Jawaban b dan c salah

54.  Dari tujuan dibuatnya pusat-pusat pertanggungjawaban, mana yang paling tepat…

a.      Sebagai baris perencanaan, penegndalian, dan penilaian  kinerja manajeman dan unit organisasi yang dipimpin

b.      Mampu menghasilkan keputusan dengan mutu yang baik

c.       Mampu memberikan tanggapan yang lebih tepat dan tidak mengubah keadaan

d.      Mengembangkan keterampilan manajeman

e.      Mengembangkan keterampilan masyarakat

55.  Yang termasuk dalam jenis pusat pertanggungjawaban adalah…

a.      Pusat biaya

b.      Pusat pendapatan

c.       Jawaban a dan b benar

d.      Jawaban a dan b salah

56.  Saluran komunikasi formal terdiri dari aktivitas fotmal dalam organisasi yang bukan termasuk dalam aktivitas formal adalah…

a.      Perumusan strategi

b.      Pengendalian strategi

c.       Perencanaan strategi

d.      Penganggaran

e.      Pembantu masyarakat

57.  Apa yang dimaksud dengan perumusan strategi…

a.      Proses penentuan program-program, aktivitas, atau proyek yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dan penentuan jumlah alokasi sumber daya yang akan dibutuhkan

b.      Tahap terakhir dari proses pengendalian manajeman, yang merupakan bagian dari proses pengendalian manajeman yang dapat digunakan sebagai alat penegndalian

c.       Proses dimna semua penentuan dilakukan manajeman untuk kemudian dilakukan evaluasi

d.      Proses penentuan visi, misi, tujuan, sasaran, target (outcome), arah dan kebijakan, serta strategi organisasi

e.      Proses dimana pemerintah melakukan kegiatan yang dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari meraka dan menyekolahkan anak-anak secepatnya

58.  Manfaat dari perencanaan strategi bagi organisasi adalah…

a.      Sebagai sarana memfasilitasi terciptanya anggaran yang tidak efisien

b.      Sebagai saranan memfokuskan manejer pada pelaksanaan strategi yang ditetapkan

c.       Sebagai sarana memfasilitasi alokasi sumber daya yang kuarang optimal

d.      Semua jawaban salah

e.      Semua jawaban benar

59.  Restrukturisasi didasarkan pada prinsip, kecuali…

a.      Perubahan struktur organisasi hendaknya dapat meningkatkan kapasitas untuk mencapai strategi yang efektif

b.      Pimpinan eksekutif bertanggung jawab untuk melaksanakan strategi dan arahan kebijakan hinggah level bawah

c.       Dewan bertanggung jawab secara kolektif untuk merencanakan strategi, kebijakan dan otoritasi alokasi sumber daya, dan menilai kinerja manajeman (eksekutif)

d.      Pusat pertanggungjawaban yang menandingkan imput (expense) dengan output (revenue) dalam satuan moneter

e.      Jawaban a dan b benar

60.  Factor apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan strategic…

a.      Perumusan, evaluasi dan pemilihan strategik

b.      Implementasi dan penegdalian rencana strategic

c.       Pertimbangan regulasi dan kebijakan pemerintah

d.      Jawaban a dan b benar

e.      Jawaban a dan b salah

61.  Utang yang timbul  dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakiabatkan aliaran keluar sumber daya ekonomi pemerintah daerah disebut…

a.      Beban

b.      Aset lancer

c.       Pendapatan

d.      Ekuitas

e.      Kewajiban

62.  Kekayaan bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara aset dan pemerintah daerah merupakan…

a.      Belanja

b.      Ekuitas

c.       Kewajiban

d.      Asset

e.      Pendapatan

63.  Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam priode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut…

a.      Pengeluaran

b.      Ekuitas

c.       Pendapatan

d.      Asset

e.      Kewajiban

64.  Selisih antara asset lancer dengan kewajiban jangka pendek didalam ekuitas dana pemerintah disebut ekuitas…

a.      Dana pemerintah

b.      Dana investasi

c.       Dana lancer

d.      Jangka panjang

e.      Jangka pendek

65.  Kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanan dalam kekayaan berjangka panjang, diperoleh dengan menjumlahkan:

1)      Investasi jangka panjang

2)      Asset tetap

3)      Asset lainnya dikurangi dengan jumlah dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangak panjang.

Berdasarkan standar auntansi pemerintah, hal ini disebut ekuitas…

a.      Dana lancer

b.      Dana investasi

c.       Dana pemerintah

d.      Jangka pendek

e.      Jangka panjang

66.  Piutang ya diakui penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta restribusi yang sudah ada surat ketetapannya ini disebut…

a.      Piutang pajak daerah

b.      Kewajiban jangka pendek

c.       Kewajiban jangka penjang

d.      Piutang jangka pendek

e.      Piutang jangka panjang

67.  Kekayaan pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sesuai peraturan perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam daba cadangan disebut ekuitas…

a.      Dana lancer

b.      Dana investasi

c.       Jangka panjang

d.      Jangka pendek

e.      Dana cadangan

68.  Kas dalam pengelolaan pemegang kas di SKPD yang masih harus di pertanggungjawabkan kepada kas daerah atau bendahara umum daerah adalah…

a.      Bendahara penerimaan

b.      Bendahara pengeluaran

c.       Piutang pajak daerah

d.      Investasi jangak pendek

e.      Investasi jangka panjang

69.  Akun anggaran dari pendapatan LRA, sehingga saldo normal maupun aturan pendapatan dan pengkreditannya berlawanan dengan akuan pendapatan LRA. Hal ini merupakan akun anggaran etimasi…

a.      Belanja

b.      Pendapatan

c.       Penerimaan pembiayaan

d.      Pengeluaran pembiayaan

e.      Perubahan SAL

70.  Akun anggaran dari belanja, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun belanja. Hal ini merupakan akuan anggara…

a.      Estimasi belanja

b.      Estimasi pendapatan

c.       Perubahan SAL

d.      Pengeluaran pembiayaan

e.      Penerimaan pembiayaan

71.  Akun anggaran dari penerimaan pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut…

a.      Etimasi pengeluaran pembiayaan

b.      Etimasi penerimaan pembiayaan

c.       Etimasi pendapatan

d.      Etimasi belanja

e.      Etimasi perubahan SAL

72.  Akun angaran dari perusahaan SAL, sehingga saldo normal maupun aturan perdebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran…

a.      Etimasi perubahan SAL

b.      Etimasi penerimaan pembiayaan

c.       Etimasi pengeluaran pembiayaan

d.      Kemandirian entitas

e.      Estimasi pendapatan

73.  Semua transaksi keuangan untuk menutupi deficit atau untuk memanfaatkan surplus, yang terdiri dari penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, dan sisa lebig anggaran tahun berkenaan. Hal ini merupakan jenis transaksi…

a.      Pendapatan daerah

b.      Belanja daerah

c.       Pembiayaan daerah

d.      Kemandirian entitas

e.      Keseimbangan entitas

74.  Pencatatan berdasarkan basis akrual pada laporan operasional dan neraca digunakan untuk mencatat transaksi keuangan terkait asel, kewajiban, ekuitas, pendapatan-LO, dan beban. Hal ini disebut…

a.      Jurnal finansial

b.      Pelaksanaan anggaran

c.       Jurnal transaksi

d.      Bukti memorial

e.      Jurnal kolorasi

75.  Pencatatan berdasarkan basis kas pada laporan realisasi anggaran, sehingga transaksi tersebut tidak melibatkan kas dan tidak perlu melakukan catatan adalah…

a.      Bukti kas masuk

b.      Pelaksanaan anggaran

c.       Bukti kas keluar

d.      Bukti memorial

e.      Jurnal transaksi

76.  Suatu buku yang berisi kumpulan rekening atau akuan dalam kategori yang sama yang dicatat dalam jurnal dan digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu etitas disebut…

a.      Ledger

b.      Real account

c.       Nominal account

d.      Cash basic

e.      Accrued basic

77.  Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam neraca seperti asset, keajiaban dan ekuitas disebut…

a.      Nominal account

b.      Real account

c.       Ledger

d.      Accrual revenues

e.      Accrual expense

78.  Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja disebut…

a.      Permanent account

b.      Ledger

c.       Real account

d.      Prapaynent

e.      Nominal account

79.  Semua penerima rekening kas umum negarah/daerah yang menambah ekuitas dan lancer dalam priode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah disebut…

a.      Belanja

b.      Pembiayaan

c.       Pendapatan LRA

d.      Surplus

e.      Transfer pengeluaran

80.  Pengeluaran uang dari suatu entitas pelaporan dari/kepala entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil disebut…

a.      Pembiayaan

b.      Belanja

c.       Surplus

d.      Pendapatan LRA

e.      Transfer pengeluaran

81.  Penerimaan yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun- tahun aggaran berikutnya, yang dalam penganggaran pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup deficit ataupun memanfaatkan surplus anggaran disebut…

a.      Pendapatan LRA

b.      Pembiayaan

c.       Belanja

d.      Surplus

e.      Transfer pengeluaran

82.  Laporan yang menyajikan ikhtiar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan adalah…

a.      Laporan realisasi anggaran

b.      Laporan operasional

c.       Laporan perubahan ekuitas

d.      Jurnal penutup

e.      Jurnal pembalik

83.  Laporan yang menyajikan ikhtiar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunaanya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu priode pelaporan adalah…

a.      Laporan realisasi anggaran

b.      Raporan operasional

c.       Laporan perubahan ekuitas

d.      Jurnal pembalik

e.      Jurnal penutup

84.  Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut…

a.      Jurnal penutup

b.      Jurnal pembalik

c.       Laporan perubahan ekuitas

d.      Laporan operasional

e.      Laporan realisasi anggaran

85.  Berikut yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu…

a.      Laporan L/R

b.      Laporan LRA

c.       Laporan operasional

d.      Laporan perubahan ekuitas

e.      Laporan neraca

86.  Aktivitas trasaksi pemerintah daerah antara lain adalah…

a.      Pembelian barang dagang dagangan

b.      Penjualan barang dagangan

c.       Retur penjualan

d.      Belanja pegawai

e.      Pengembalian pribadi

87.  Laporan yang menyajikan informasi mengenai anggaran dan realisasi pendapatan dan belanja ialah…

a.      Neraca

b.      LRA (laporan realisasi anggaran)

c.       Arus kas

d.      Laba rugi

e.      Perubahan ekuitas

88.  System pencatatan akuntansi untuk SKPD-BUD DAN SKPD menggunakan akuan reciprocal adalah…

a.      RL-SKPD di SKPD

b.      RK-PPKD di PPKD

c.       RK-PPKD di SKPD

d.      Kas di kasda

e.      Kas di bendahara penerimaan

89.  Pihak yang menerbitkan SP2D TU adalah…

a.      PPKD

b.      Kuasa BUD

c.       SKPD

d.      SPP-TU

e.      Kepala dinas

90.   Perbedaa antara UP dan TU adaah…

a.      Akun yang dipakai

b.      Jumalah uang

c.       Ada tidaknya penggantian uang

d.      Sasatan belanja yang digunakan

e.      Bendahasa penerimaan dan pengeluaran

91.  Bendahara SKPD melakukan belanja ATK dengan UP, maka jurnal yang dibuat adalah…

a.      Perlengkapan (D); kas dikasda (K)

b.      Belanja ATK (D); kas dibendahara pengeluaran (K)

c.       Belanja ATK (D); kas dibendahara penerimaan (K)

d.      Kas dibendahara penerimaan (D); belanja ATK (K)

e.      Kas dibendahara pengeluaran (D); belanja ATK (K)

92.  Jika terjadi penyetoran sisa UP, maka uang dibendahara pengeluaran…

a.      Bertambah

b.      Stabil

c.       Berkurang

d.      Berpindah

e.      Dicatat

93.  Belanja, gaji dan tunjangan termasuk belanja yang dibayarkan secara…

a.      Tidak lansung

b.      Langsung

c.       Harian

d.      Mingguan

e.      Bulanan

94.  Akun dibawah ini yang bersaldo normal debit adalah…

a.      Asset dan ekuitas

b.      Belanja dan kewajiban

c.       Asset dan belanja

d.      Ekuitas pengeluaran pembiayaan

e.      Penerimaan pembiayaan

95.  Deficit anggaran terjadi apabila…

a.      Belanja lebid kecil dari pendapatan

b.      Pendapatan lebih kecil dari belanja

c.       Pendapatan sama dengan belanja

d.      Pendapatan lebih besar dari belanja

e.      Tdk ada yang benar

96.  Pertumbuhan ekonom, tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrastruktur, struktur produksi arus modal dalam negeri, cadangan devisa, utang dan bantuan luar negeri dan pertumbuhan pendapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan sector public factor…

a.      Politik

b.      Kultur

c.       Ekonomi

d.      Demografi

e.      Otonomi

97.  Hubungan Negara dan masyarakat legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa, ideology Negara, elit polotik  dan  massa, jaringan interasional, kelembagaan merupakan komponen lingkungan sector public factor…

a.      Politik

b.      Otonomi

c.       Ekonomi

d.      Belanja

e.      Anggaran

98.  Keragaman suku, ras, agama, bahasa dan budaya, system nilai di masyarakat, historis, sosiologi masyarakat, karakteristik masyarakat, tinggkat pendidikan merupakan komponen lingkungan seltor public factor…

a.      Otonomi

b.      Ekonomi

c.       Kultural

d.      Anggaran

e.      Pengendalian

99.  Pertumbuhan penduduk, struktur usia penduduk, migrasi, tingkat kesehatan adalah komponen lingkungan sector public factor…

a.      Otonomi

b.      Ekonomi

c.       Demografi

d.      Anggaran

e.      Materialitas

100.   Asset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) untuk memperoleh asset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah perinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan…

a.      Nilai historis

b.      Konsistensi

c.       Penyajian wajar

d.      Realisasi

e.      Basis akuntansi

 

 

 

Kunci jawaban DOWNLOAD HERE


 

 

No comments: