PILIHAN GANDA
1.
Pusat pertanggungjawaban berbasis pada
apa saja…
a.
Perencanaan dan koordinasi
b.
Perencanaan dan penendalian
c.
Pengendalian dan penilaian kinerja
d.
B dan C benar
e.
A dan B benar
2.
Pengendalian manajeman meliputi 7 aktivitas
antara lain adalah…
a.
Koordinasi dan penilaian kinerja
b.
Perencanaa, koordinasi dan
pengembalian keputusan
c.
Penilaian kinerja, pengendalian dan
koordinasi
d.
Perencanaan dan pengendalian
e.
Penilian kinerja dan koordinasi
3.
Dalam tahapan ini pengendalian
manajemen terkait denan perumusan strategi dan perencanaan strategic yang
dijabarkan dalam bentuk program-program. Pengertian tersebut adalah pengertian
dari…
a.
Pengendalian prenventif
b.
Pengendalian operasional
c.
Pengendalian kinerja
d.
Pengendalian koordinasi
e.
Pengendalian penilian
4.
Informasi yang dapat membedakan dengan
jelas antara biaya yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan oleh
manejer pusat pertanggungjawaban adalah…
a.
Informasi efisiensi
b.
Informasi efektivitas
c.
Informasi yang relevan
d.
Informasi yang akurat
e.
Informasi yang kuat
5.
Biaya yang dapat dikendalikan secara
langsung disebut…
a.
Uncontrollable
b.
Controllable
c.
To the point
d.
Un to the point
e.
Corporate
6.
Salah satu metode penentuan strategi
adalah…
a.
SWOT
b.
Management by walking around
c.
Break down
d.
Corporate level strategy
e.
To the ponit
7.
Bagian yang bertugas menyusun anggaran untuk
tiap-tiap unit operasi adalah…
a.
Komite perancangan
b.
Komitr penganggaran
c.
Komite pertanggungjawaban
d.
Komite anggaran
e.
Komite pembendaharaan
8.
Strategi yang dihasilkan dari proses
prumusan strategi merupakan strategi global atau dalam perusahaan disebut…
a.
Unit business level strategy
b.
Corporate level strategy
c.
Strategy revision
d.
Opportunity
e.
Management by walking around
9.
Proses yang menentukan bagaimana
mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah…
a.
Perencanaan strategik
b.
Perencanaan strategi
c.
Perencanaan anggaran
d.
Proses dan praktik
e.
Tdk ada yang benar
10. Tahap
akhir dari proses pengendalian manajemen adalah…
a.
Penganggaran
b.
Perencanaan strategu
c.
Penilaian kinerja
d.
Perencanaan strategic
e.
Praktik
11. Akuntansi
manajemen sektor public menghasilkan informasi yang berguna dalam…
a.
Perencanaan dan pengendalian
organisasi
b.
Perencanaan dan pengoprasian
organisasi
c.
Pengoperasian dan pengendalian
organisasi
d.
Pengoperasian dan penilaian kinerja
organisasi
e.
Kehidupan sehari-hari
12. Berikut
ini yang bukan merupakan tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi
sector public yaitu…
a.
Perencanaan operasional
b.
Penganggaran
c.
Perencanaan tujuan dan sasaran dasar
d.
Penilaian kinerja
e.
Jawaban a, b dan c benar
13. Peran
akuntansi manajemen dalam organisasi sector publik, kecuali…
a.
Perencanaan strategic
b.
Pemberian informasi biaya
c.
Penilaian kinerja
d.
Penilaian investasi
e.
Perencanaan operasional
14. Tahap
dimana pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkaan untuk
menghasilkan produk/jasa pelayanan disebut…
a.
Cost recording
b.
Cost finding
c.
Cost reporting
d.
Cost analyzing
e.
Cost startegic
15. Informasi
akuntansi sebagai alat perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan menjadi 3
kelompok, kecuali...
a.
Informasi yang sifatnya rutin atau ad
hoc
b.
Informasi kuantitatif atau kialitatif
c.
Informasi disampaikan memalui saluran
formal atau informal
d.
Informasi yang bersifat objektif atau
subjektif
e.
Jawaban a, b dan c benar
16. Perencanaan
maliputi aktifitas yang bersifat, kecuali…
a.
Strategic
b.
Efektif
c.
Taktis
d.
Melibatkan aspek operasional
e.
stabilitas
17. Pola
pengendalian tiga organisasi berbeda-beda tergantung pada…
a.
Jenis dan karekteristik organisasi
b.
Jenis dan tujuan organisasi
c.
Karakeristik dan tujuan organisasi
d.
Ruang lingkup dan tujuan organisasi
e.
Tujuan organisasi dan jenis organisasi
18. Berikut
ini merupakan tahap dimana manajemen organisasi membuat alternatif-alternatif
program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu…
a.
Penilaian investasi
b.
Penganggaran
c.
Perencanaan operasional
d.
Penilaiaan kinerja
e.
Perencanaan strategic
19. Berukut
ini yang bukan merupakan fungsi anggaran dalam manajeman sector public, yaitu…
a.
Sebagai alat alokasi sumber daya
public
b.
Sebagai alat distribusi
c.
Sebagai alat stabilisasi
d.
Sebagai alat operasi
e.
Sebagai alat politik
20. Sumber
daya yang dikorbankan untuk memberikan pelayanaan merupakan pengertian dari…
a.
Biaya input
b.
Biaya output
c.
Biaya proses
d.
Biaya operasi
e.
Biaya politik
21. Pemberian
pelayanan public pada dasarnya dapat dibiayai melalui dua sumber, yaitu…
a.
Pajak dan pembebanan langsung
b.
Pembiayaan deficit anggaran
c.
Penjualan asset milik pemerinah
d.
Utang dan tanggungjawab
e.
Kewajiban dan keharusan
22. Jenis
barang yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah, kecuali…
a.
Barang ekonomis
b.
Barang privat
c.
Parang public
d.
Barang campuran
e.
Barang jadi
23. Barang
public adalah barang kebutuhan masyarakat yang manfaatnya dinikmati oleh…
a.
Seluruh masyarakat
b.
Individu
c.
Perorangan
d.
Berdua
e.
Bertiga
24. Kesulitan
dalam membedakan barang public dengan barang privat kecuali…
a.
Batasan keduanya sulit ditentukan
b.
Barang atau jasa public tapi ada
pembebanan langsung
c.
Kecenderungan membebankan tariff
pelayanan daripada membebankan pada pajak
d.
Sector
swasta terlibat dalam penyediaan pelayanan pendidikan
e.
Eksklusivitas kepemilikan
25. Yang
bukan kommpleksitas strategi harga adalah…
a.
Two-part tariffs
b.
Peak-load tariffs
c.
Three- part tariffs
d.
Diskriminasi harga
e.
Marginal cost
26. Salah
satu kesulitan menghitung biaya total adalah…
a.
Mengetahui besar biaya total
b.
Mudah mengukur yang dikomsumsi
c.
Memperhitungkan kebutuhan masyarakat
d.
Memperhitungkan kemampuan masyarakat
e.
Biaya apa saja yang harus
diperhitungkan
27. Pelayanan
public yang disebabkan tariff pelayanan kecuali…
a.
Imunisasi
b.
Transpostasi public
c.
Pendidikan
d.
Jalan tol
e.
Iuran BPJS
28. Merit
goog disebut juga…
a.
Barang privat
b.
Barang public
c.
Barang ekonomis
d.
Barang campuran
e.
Barang mentah
29. Alasan
mengapa pembebanan tariff pelayanan public disebabkan kepada konsumen…
a.
Adanya barang privat dan public
b.
Tidak adanya efisiensu ekonomi
c.
Tidak ada prinsip keuntungan
d.
Adanya barang ekonomis
e.
Tidak ada barang privat
30. Contoh
barang campuran adalah…
a.
Jaksa kepolisian
b.
Pertahanan
c.
Sanitasi
d.
Imunisasi
e.
Jalan tol
31. Anggaran
dengan pendekatan new public management (npm) adalah anggaran yang
berorientasi, kecuali pada kinerja yang terdiri dari, kecuali…
a.
Vote accounting
b.
Planning programming
c.
Zero based budgeting
d.
Persormance budgeting
e.
Jawaban b dan d benar
32. Model
new public management (npm) mulai dikenal pada tahun…
a.
1980-an
b.
1985-an
c.
1990-an
d.
1975-an
e.
1970-an
33. Salah
sati model pemerintah di era new public management adalah model pemerintah dengan konsep reinventing government
yang di ajukan oleh…
a.
Pollit
b.
Berzelay
c.
Osborne dab gaebler
d.
Lan, zhiyong and rosenloom
e.
Tidak ada yang benar
34. Manakah
pernyataan dibawah ini keunggulan – kelemahan dari ZBB…
a.
ZBB berfokus pada volue or money - ZBB cenderung manfaat jangka panjang
b.
Meningkatkan pengetahuan - ZBB berfokus pada value for
money
c.
ZBB berfokus pada value - Prosesnya memakan waktu
lama
d.
Implementasi ZBB - Pada proses
meranking
e.
Dapat menambah gaji - kekurangan
gaji
35. Masalah
utama penggunaan ZBB dan PPBS adalah…
a.
Boundd rationality, keterbatasan dalam
menganalisis semua alternative untuk melakukan aktivitas
b.
Kurangnya data untuk membandingkan
semua alternative, terutama untuk mengukur output
c.
A dan B benar
d.
A dan B salah
e.
Semua jawaban salah
36. Ciri-ciri
dari anggaran tradisional antaralain, kecuali…
a.
Line-item
b.
Cenderung sentralistis
c.
Tahunan
d.
Desentralisasi/devolved management
e.
Berorientasi pada input
37. Manakah
yang menjadi masalah utama penggunaan ZBB & PPBS…
a.
Bounded rationality
b.
Planning
c.
Programming
d.
Zero based bugeting
e.
masyarakat
38. Pengertian
dari apakah “menambah atau mengurangi jumlah rupiah pada item-item anggaran
yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan data tahun sebelumnya”
a.
Line-item
b.
Incrementalism
c.
Anggaran tradisional
d.
Planning
e.
sentralisasi
39. Manakah
prespektif baru pemerintah menurut osbome dan gaebler tersebut adalah…
a.
Pemerintahan katalis
b.
Sentralistis
c.
Desentralisasi
d.
Berdasarkan sarana kinerja
e.
Masyarakat
40. Karekteristik
pendekatan baru system anggaran public meliputi…
a.
Lingkungan
b.
Berjangka pendek
c.
Planning
d.
Masyarakat
e.
Berjangka panjang
41. Dibawah
ini adalah aspek-aspek daripengukuran kinerja organisasi sector public,
kecuali…
a.
Kelompok masukan yang dibutuhkan agar
pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran
b.
Kelompok proses yang dari kegiatan
baik dari segi kecepatan, ketepatan, maupun tingkat akurasi pelaksanaan
kegiatan tersebut
c.
Kelompok simpanan yang dibutuhkan
untuk menyimpan kegiatan agar organisasi berjalan .lancar
d.
Kelompok keluaran yang segala sesuatu
yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berwujud
maupun tidak berwujud
e.
Jawaban a dan b benar
42. Dibawah
ini adalah element pokok dari pengekuran kinerja, kecuali…
a.
Menetapkan tujuan, sasaran, dan
strategi organisasi
b.
Merumuskan indicator dan ukuran
kinerja
c.
Evaluasi kinerja
d.
Menguraikan dan menjalankan kinerja
organisasi
e.
Mengukur ketercapaian tujuan dan
sasaran organisasi
43. Tujuan
dari system pengukuran kinerja adalah…
a.
Untuk mengukur kinerja financial dan
non financial secara beimbang
b.
Untik mengutamakan alokasi sumber daya
c.
Untuk menentukan tindakan yang tepat
untuk meningkatkan kinerja
d.
Untuk menunjukan bagaimna kemajuan
atas sasaran yang telah ditetapkan
e.
Untuk membantu masyarakay dalam
kebutuhan sehari-hari mereka
44. Dalam
pengukuran kinerja sector public dilakukan untuk memenuhi 3 maksud, kecuali…
a.
Pengukuran kinerja sector public
dimaksudkan untuk membantu mempebaiki kinerja pemerintahan
b.
Ukuran kinerja sector public diginakan
untuk mengalokasian sumber daya dan pembuatan keputusan
c.
Ukuran kinerja sector punlik dimaksudkan
untuk mewujudkan pertanggungjawaban public dan memperbaiki komunikasi
kelembagaan
d.
Pengukuran kinerja sector public
dimaksudkan untik membantu pihak suasta atau perusahaan yang terkait
e.
Jawban a dan b benar
45. Manfaat
dalam pengukuran kinerja sector public adalah…
a.
Memberikan pemahamam mengenai ukuran
yang digunakan untuk dinilai kinerja manajement
b.
Meminimalkan distribusi kekuasaan pada
lembagga terkait
c.
Mengawasi distribusi kekuasaan pada
lembaga terkait
d.
Jawaban tdk ada yang benar
e.
Semua jawaban benar
46. Dibawah
ini adalah langkah-langkah pengukuran value for money, kecuali…
a.
Pengukuran ekonomi
b.
Pengukuran income
c.
Pengukuran efisiensi
d.
Pengukuran efektifitas
e.
Pengukuran outcome
47. Pengukuran
yang hanya mempertimbangkan masukan yang dipergunakan merupakan penegrtian
dari…
a.
Pengukuran ekonomi
b.
Pengukuran efisien
c.
Pengukuran efektifitas
d.
Pengukuran outcome
e.
Pengukuran income
48. Dibawah
ini adalah manfaat implementasi konsep value for n money pada organisasi sector
public kecuali…
a.
Meningkatkan efektivitas pelayanan
public dalam arti pelayanan yang diberikan tepat sasaran
b.
Meningkatkan mutu pelayanan public
c.
Menaikkan biaya pelayanan public
d.
Alokasi belanja yang lebih
berorientasi pada kepentingan public
e.
Jawaban a dan b benar
49. Apakah
yang dimaksud value for money…
a.
Alat pembantu masyarakat dalam
memenuhi kebutuhan sehari-hari mereka
b.
Alat pengukuran kinerja memonitori
dalam upaya menciptakan perbaikan kinerja secara berkelanjutan
c.
Alat untuk menyesuaikan perubahan
kebituhan layanan public
d.
Alat untuk manguju fasilitas keadaan indicator
e.
Alat pengukuran kinerja untuk menilai
suatu kinerja pada perusahaan public dan juga digunakan untuk mengatur ekonomi,
efisiensi dan efektivitas segala kegiatan pada organisasi sector public
50. Dibawah
ini adalah karekteristik dalam indicator kinerja, yaitu…
a.
Sederhana dan mudah dipahami
b.
Dapat diukur
c.
Dapat dikualifikasikan, misalnya dalam
bentuk rasio persentase dan angka
d.
Jawaban a, b, dan c benar
e.
Jawaban a, b, dan c salah
51. Yang
bukan termasuk pengendalian manajemen adalah…
a.
Perencanaan
b.
Komunikasi informasi
c.
pengarahan
d.
Pengendalian
e.
Pemahaman
52. System
pengendalian manajeman didukung oleh…
a.
Manajeman SDM
b.
Teknologi
c.
Kinerja manajeman
d.
Strategi
e.
Masyarakat
53. Apasaja
yang termasuk kedalam tipe pengendalian manajeman…
a.
Pengendalian multional
b.
Pengendalian preventif
c.
Pengendalian operasiona
d.
Jawaban b dan c benar
e.
Jawaban b dan c salah
54. Dari
tujuan dibuatnya pusat-pusat pertanggungjawaban, mana yang paling tepat…
a.
Sebagai baris perencanaan,
penegndalian, dan penilaian kinerja
manajeman dan unit organisasi yang dipimpin
b.
Mampu menghasilkan keputusan dengan
mutu yang baik
c.
Mampu memberikan tanggapan yang lebih
tepat dan tidak mengubah keadaan
d.
Mengembangkan keterampilan manajeman
e.
Mengembangkan keterampilan masyarakat
55. Yang
termasuk dalam jenis pusat pertanggungjawaban adalah…
a.
Pusat biaya
b.
Pusat pendapatan
c.
Jawaban a dan b benar
d.
Jawaban a dan b salah
56. Saluran
komunikasi formal terdiri dari aktivitas fotmal dalam organisasi yang bukan
termasuk dalam aktivitas formal adalah…
a.
Perumusan strategi
b.
Pengendalian strategi
c.
Perencanaan strategi
d.
Penganggaran
e.
Pembantu masyarakat
57. Apa
yang dimaksud dengan perumusan strategi…
a.
Proses penentuan program-program,
aktivitas, atau proyek yang akan dilaksanakan oleh suatu organisasi dan
penentuan jumlah alokasi sumber daya yang akan dibutuhkan
b.
Tahap terakhir dari proses
pengendalian manajeman, yang merupakan bagian dari proses pengendalian
manajeman yang dapat digunakan sebagai alat penegndalian
c.
Proses dimna semua penentuan dilakukan
manajeman untuk kemudian dilakukan evaluasi
d.
Proses penentuan visi, misi, tujuan,
sasaran, target (outcome), arah dan kebijakan, serta strategi organisasi
e.
Proses dimana pemerintah melakukan
kegiatan yang dapat membantu masyarakat dalam kehidupan sehari meraka dan
menyekolahkan anak-anak secepatnya
58. Manfaat
dari perencanaan strategi bagi organisasi adalah…
a.
Sebagai sarana memfasilitasi
terciptanya anggaran yang tidak efisien
b.
Sebagai saranan memfokuskan manejer
pada pelaksanaan strategi yang ditetapkan
c.
Sebagai sarana memfasilitasi alokasi
sumber daya yang kuarang optimal
d.
Semua jawaban salah
e.
Semua jawaban benar
59. Restrukturisasi
didasarkan pada prinsip, kecuali…
a.
Perubahan struktur organisasi
hendaknya dapat meningkatkan kapasitas untuk mencapai strategi yang efektif
b.
Pimpinan eksekutif bertanggung jawab
untuk melaksanakan strategi dan arahan kebijakan hinggah level bawah
c.
Dewan bertanggung jawab secara
kolektif untuk merencanakan strategi, kebijakan dan otoritasi alokasi sumber
daya, dan menilai kinerja manajeman (eksekutif)
d.
Pusat pertanggungjawaban yang
menandingkan imput (expense) dengan output (revenue) dalam satuan moneter
e.
Jawaban a dan b benar
60. Factor
apa saja yang perlu dipertimbangkan dalam perencanaan strategic…
a.
Perumusan, evaluasi dan pemilihan
strategik
b.
Implementasi dan penegdalian rencana strategic
c.
Pertimbangan regulasi dan kebijakan
pemerintah
d.
Jawaban a dan b benar
e.
Jawaban a dan b salah
61. Utang
yang timbul dari peristiwa masa lalu
yang penyelesaiannya mengakiabatkan aliaran keluar sumber daya ekonomi
pemerintah daerah disebut…
a.
Beban
b.
Aset lancer
c.
Pendapatan
d.
Ekuitas
e.
Kewajiban
62. Kekayaan
bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara aset dan pemerintah
daerah merupakan…
a.
Belanja
b.
Ekuitas
c.
Kewajiban
d.
Asset
e.
Pendapatan
63. Hak
pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam priode tahun
anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut…
a.
Pengeluaran
b.
Ekuitas
c.
Pendapatan
d.
Asset
e.
Kewajiban
64. Selisih
antara asset lancer dengan kewajiban jangka pendek didalam ekuitas dana pemerintah
disebut ekuitas…
a.
Dana pemerintah
b.
Dana investasi
c.
Dana lancer
d.
Jangka panjang
e.
Jangka pendek
65. Kekayaan
bersih pemerintah daerah yang tertanan dalam kekayaan berjangka panjang,
diperoleh dengan menjumlahkan:
1)
Investasi jangka panjang
2)
Asset tetap
3)
Asset lainnya dikurangi dengan jumlah
dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangak panjang.
Berdasarkan standar auntansi
pemerintah, hal ini disebut ekuitas…
a.
Dana lancer
b.
Dana investasi
c.
Dana pemerintah
d.
Jangka pendek
e.
Jangka panjang
66. Piutang
ya diakui penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta restribusi
yang sudah ada surat ketetapannya ini disebut…
a.
Piutang pajak daerah
b.
Kewajiban jangka pendek
c.
Kewajiban jangka penjang
d.
Piutang jangka pendek
e.
Piutang jangka panjang
67. Kekayaan
pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya
sesuai peraturan perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih
pemerintah daerah yang tertanam dalam daba cadangan disebut ekuitas…
a.
Dana lancer
b.
Dana investasi
c.
Jangka panjang
d.
Jangka pendek
e.
Dana cadangan
68. Kas
dalam pengelolaan pemegang kas di SKPD yang masih harus di pertanggungjawabkan
kepada kas daerah atau bendahara umum daerah adalah…
a.
Bendahara penerimaan
b.
Bendahara pengeluaran
c.
Piutang pajak daerah
d.
Investasi jangak pendek
e.
Investasi jangka panjang
69. Akun
anggaran dari pendapatan LRA, sehingga saldo normal maupun aturan pendapatan
dan pengkreditannya berlawanan dengan akuan pendapatan LRA. Hal ini merupakan
akun anggaran etimasi…
a.
Belanja
b.
Pendapatan
c.
Penerimaan pembiayaan
d.
Pengeluaran pembiayaan
e.
Perubahan SAL
70. Akun
anggaran dari belanja, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan
pengkreditannya berlawanan dengan akun belanja. Hal ini merupakan akuan
anggara…
a.
Estimasi belanja
b.
Estimasi pendapatan
c.
Perubahan SAL
d.
Pengeluaran pembiayaan
e.
Penerimaan pembiayaan
71. Akun
anggaran dari penerimaan pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan
dan pengkreditannya berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut…
a.
Etimasi pengeluaran pembiayaan
b.
Etimasi penerimaan pembiayaan
c.
Etimasi pendapatan
d.
Etimasi belanja
e.
Etimasi perubahan SAL
72. Akun
angaran dari perusahaan SAL, sehingga saldo normal maupun aturan perdebetan dan
pengkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran…
a.
Etimasi perubahan SAL
b.
Etimasi penerimaan pembiayaan
c.
Etimasi pengeluaran pembiayaan
d.
Kemandirian entitas
e.
Estimasi pendapatan
73. Semua
transaksi keuangan untuk menutupi deficit atau untuk memanfaatkan surplus, yang
terdiri dari penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, dan sisa lebig
anggaran tahun berkenaan. Hal ini merupakan jenis transaksi…
a.
Pendapatan daerah
b.
Belanja daerah
c.
Pembiayaan daerah
d.
Kemandirian entitas
e.
Keseimbangan entitas
74. Pencatatan
berdasarkan basis akrual pada laporan operasional dan neraca digunakan untuk
mencatat transaksi keuangan terkait asel, kewajiban, ekuitas, pendapatan-LO,
dan beban. Hal ini disebut…
a.
Jurnal finansial
b.
Pelaksanaan anggaran
c.
Jurnal transaksi
d.
Bukti memorial
e.
Jurnal kolorasi
75. Pencatatan
berdasarkan basis kas pada laporan realisasi anggaran, sehingga transaksi
tersebut tidak melibatkan kas dan tidak perlu melakukan catatan adalah…
a.
Bukti kas masuk
b.
Pelaksanaan anggaran
c.
Bukti kas keluar
d.
Bukti memorial
e.
Jurnal transaksi
76. Suatu
buku yang berisi kumpulan rekening atau akuan dalam kategori yang sama yang
dicatat dalam jurnal dan digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu
etitas disebut…
a.
Ledger
b.
Real account
c.
Nominal account
d.
Cash basic
e.
Accrued basic
77. Akun-akun
yang saldonya akan terlihat dalam neraca seperti asset, keajiaban dan ekuitas
disebut…
a.
Nominal account
b.
Real account
c.
Ledger
d.
Accrual revenues
e.
Accrual expense
78. Akun-akun
yang saldonya akan terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan
dan belanja disebut…
a.
Permanent account
b.
Ledger
c.
Real account
d.
Prapaynent
e.
Nominal account
79. Semua
penerima rekening kas umum negarah/daerah yang menambah ekuitas dan lancer
dalam priode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan
tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah disebut…
a.
Belanja
b.
Pembiayaan
c.
Pendapatan LRA
d.
Surplus
e.
Transfer pengeluaran
80. Pengeluaran
uang dari suatu entitas pelaporan dari/kepala entitas pelaporan dan termasuk
dana perimbangan dan dana bagi hasil disebut…
a.
Pembiayaan
b.
Belanja
c.
Surplus
d.
Pendapatan LRA
e.
Transfer pengeluaran
81. Penerimaan
yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali,
baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun- tahun aggaran berikutnya,
yang dalam penganggaran pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup deficit
ataupun memanfaatkan surplus anggaran disebut…
a.
Pendapatan LRA
b.
Pembiayaan
c.
Belanja
d.
Surplus
e.
Transfer pengeluaran
82. Laporan
yang menyajikan ikhtiar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan
yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan
realisasinya dalam satu periode pelaporan adalah…
a.
Laporan realisasi anggaran
b.
Laporan operasional
c.
Laporan perubahan ekuitas
d.
Jurnal penutup
e.
Jurnal pembalik
83. Laporan
yang menyajikan ikhtiar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari
penggunaanya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan
pemerintah dalam satu priode pelaporan adalah…
a.
Laporan realisasi anggaran
b.
Raporan operasional
c.
Laporan perubahan ekuitas
d.
Jurnal pembalik
e.
Jurnal penutup
84. Laporan
yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan
dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut…
a.
Jurnal penutup
b.
Jurnal pembalik
c.
Laporan perubahan ekuitas
d.
Laporan operasional
e.
Laporan realisasi anggaran
85. Berikut
yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu…
a.
Laporan L/R
b.
Laporan LRA
c.
Laporan operasional
d.
Laporan perubahan ekuitas
e.
Laporan neraca
86. Aktivitas
trasaksi pemerintah daerah antara lain adalah…
a.
Pembelian barang dagang dagangan
b.
Penjualan barang dagangan
c.
Retur penjualan
d.
Belanja pegawai
e.
Pengembalian pribadi
87. Laporan
yang menyajikan informasi mengenai anggaran dan realisasi pendapatan dan
belanja ialah…
a.
Neraca
b.
LRA (laporan realisasi anggaran)
c.
Arus kas
d.
Laba rugi
e.
Perubahan ekuitas
88. System
pencatatan akuntansi untuk SKPD-BUD DAN SKPD menggunakan akuan reciprocal
adalah…
a.
RL-SKPD di SKPD
b.
RK-PPKD di PPKD
c.
RK-PPKD di SKPD
d.
Kas di kasda
e.
Kas di bendahara penerimaan
89. Pihak
yang menerbitkan SP2D TU adalah…
a.
PPKD
b.
Kuasa BUD
c.
SKPD
d.
SPP-TU
e.
Kepala dinas
90. Perbedaa antara UP dan TU adaah…
a.
Akun yang dipakai
b.
Jumalah uang
c.
Ada tidaknya penggantian uang
d.
Sasatan belanja yang digunakan
e.
Bendahasa penerimaan dan pengeluaran
91. Bendahara
SKPD melakukan belanja ATK dengan UP, maka jurnal yang dibuat adalah…
a.
Perlengkapan (D); kas dikasda (K)
b.
Belanja ATK (D); kas dibendahara
pengeluaran (K)
c.
Belanja ATK (D); kas dibendahara
penerimaan (K)
d.
Kas dibendahara penerimaan (D);
belanja ATK (K)
e.
Kas dibendahara pengeluaran (D);
belanja ATK (K)
92. Jika
terjadi penyetoran sisa UP, maka uang dibendahara pengeluaran…
a.
Bertambah
b.
Stabil
c.
Berkurang
d.
Berpindah
e.
Dicatat
93. Belanja,
gaji dan tunjangan termasuk belanja yang dibayarkan secara…
a.
Tidak lansung
b.
Langsung
c.
Harian
d.
Mingguan
e.
Bulanan
94. Akun
dibawah ini yang bersaldo normal debit adalah…
a.
Asset dan ekuitas
b.
Belanja dan kewajiban
c.
Asset dan belanja
d.
Ekuitas pengeluaran pembiayaan
e.
Penerimaan pembiayaan
95. Deficit
anggaran terjadi apabila…
a.
Belanja lebid kecil dari pendapatan
b.
Pendapatan lebih kecil dari belanja
c.
Pendapatan sama dengan belanja
d.
Pendapatan lebih besar dari belanja
e.
Tdk ada yang benar
96. Pertumbuhan
ekonom, tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrastruktur,
struktur produksi arus modal dalam negeri, cadangan devisa, utang dan bantuan
luar negeri dan pertumbuhan pendapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen
lingkungan sector public factor…
a.
Politik
b.
Kultur
c.
Ekonomi
d.
Demografi
e.
Otonomi
97. Hubungan
Negara dan masyarakat legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa, ideology
Negara, elit polotik dan massa, jaringan interasional, kelembagaan
merupakan komponen lingkungan sector public factor…
a.
Politik
b.
Otonomi
c.
Ekonomi
d.
Belanja
e.
Anggaran
98. Keragaman
suku, ras, agama, bahasa dan budaya, system nilai di masyarakat, historis,
sosiologi masyarakat, karakteristik masyarakat, tinggkat pendidikan merupakan
komponen lingkungan seltor public factor…
a.
Otonomi
b.
Ekonomi
c.
Kultural
d.
Anggaran
e.
Pengendalian
99. Pertumbuhan
penduduk, struktur usia penduduk, migrasi, tingkat kesehatan adalah komponen
lingkungan sector public factor…
a.
Otonomi
b.
Ekonomi
c.
Demografi
d.
Anggaran
e.
Materialitas
100.
Asset dicatat sebesar pengeluaran kas
atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) untuk memperoleh asset
tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah perinsip akuntansi pemerintah
yang dinamakan…
a.
Nilai historis
b.
Konsistensi
c.
Penyajian wajar
d.
Realisasi
e.
Basis akuntansi
Kunci jawaban DOWNLOAD HERE
No comments:
Post a Comment