Friday, November 13, 2020

KUMPULAN SOAL JAWAB AKUNTANSI PEMERINTAHAN/AKUNTANSI SEKTOR PUBLIK 10



1.      Pertumbuhan ekonomi. Tingkat inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrastruktur, struktur produksi, arus modal dalam negeri, cadangan devisa, utang dan bantuan luar negeri dan pertumbuhan pendapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan sector public faktor….

A.     Politik

B.     Kultur

C.     Ekonomi

D.     Demografi

E.      Otonomi

2.      Hubungan Negara dan masyarakat, legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa, ideology Negara, elit politik dan massa, jaringan internasional, kelembagaan merupakan komponen lingkungan sector public faktor…..

A.     Politik

B.     Otonomi

C.     Ekonomi

D.     Belanja

E.      Anggaran

3.      Keragaman suku, ras, agama, bahasa dan budaya, sistem nilai di masyarakat, historis, sosiologi masyarakat, karakteristik masyarakat, tingkat pendidikan merupakan komponen lingkungan sector publik faktor….

A.     Otonomi

B.     Ekonomi

C.     Kultural

D.     Anggaran

E.      Pengendalian

4.      Pertumbuhan penduduk, struktur usia penduduk, migrasi, tingkat kesehatan adalah komponen lingkungan sector public faktor…..

A.     Otonomi

B.     Ekonomi

C.     Demografi

D.     Anggaran

E.      Materialitas

5.      Aset dicatat sebesar pengeluaran kas atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) untuk memperoleh asset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintahan yang dinamakan….

A.     Nilai historis

B.     Konsistensi

C.     Penyajian wajar

D.     Realisasi

E.      Basis akuntansi

6.      Perlakuan akuntansi diterapkan dari periode ke priode oleh suatu entitas pelaporan selalu sama. Metode akuntansi dapat diubah, jika metode yang baru mampu memberikan informasi yang lebih baik disbanding sebelumnya. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….

A.     Basisi akuntansi

B.     Nilai historis

C.     Realisasi

D.     Konsistensi

E.      Penyajian wajar

7.      Faktor pertimbangan sehat bagi penyusun laporan keuangan diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa dan keadaan tertentu. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dnamakan….

A.     Konsistensi

B.     Realisasi

C.     Nilai historis

D.     Basis akuntansi

E.      Penyajian wajar

8.      Pendapatan yang tersedia dan telah diotorisasikan melalui anggaran pemerintah pada suatu tahun fiskal akan direalisasikan untuk membayar hutang dan belanja dalam periode tersebut. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….

A.     Realization

B.     Periodicity

C.     Consistency

D.     Fair presentation

E.      Full disclosure

9.      Kegiatan akuntansi dan pelaporan keuangan perlu dibagi menjadi periode pelaporan sehingga kinerja entitas dapat diukur dan posisi sumber daya yang dimilikinya dapat ditentukan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….

A.     Consistency

B.     Realization

C.     Periodicity

D.     Full disclosure

E.      Fair presentation

10.  Laporan keuangan menyajikan secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan dapat ditempatkan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan atau catatan atas laporan keuangan.  Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….

A.     Realization

B.     Periodicity

C.     Consistency

D.     Fair presentation

E.      Full disclosure

11.  Mempertanggungjawabkan pengelolaan sumber daya (khususnya keuangan) serta pelaksanaan kebijakan pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui laporan keuangan secara periodic disebut…..

A.     Antargenerasi

B.     Tranparansi

C.     Manajerial

D.     Akuntabilitas

E.      Keseimbangan entitas

12.  Menyediakan informasi keuangan yang berguna untuk perencanaan dan pengelolaan keuangna pemerintah serta memeudahkan pengendalian yang efektif atas asset, hutang, dan ekuitas dana adalah peranan laporan keuangan…..

A.     Transparansi

B.     Akuntabilitas

C.     Manajerial

D.     Antargenerasi

E.      Keseimbangan entitas

13.  Menyediakan informasi keuangan yang terbuka bagi masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang baik disebut…..

A.     Manajerial

B.     Akuntabilitas

C.     Transparansi

D.     Keseimbangan

E.      Antargenerasi

14.  Memberikan informasi mengenai kecuckupan penerimaan pemerintah untuk membiayai seluruh pengeluaran, dan apakah generasi yang akan datang akan ikut menanggung beban pengeluaran tersebut adalah peranan laporan keuangan……

A.     Manajerial

B.     Transparansi

C.     Akuntabilitas

D.     Evaluasi kerja

E.      Keseimbangan antargenerasi

15.  Laporan keunagan dapat memepengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mengevaluasi peristiwa masa lalu atau masa kini. Laporan keuangan merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memiliki…..

A.     Dapat dibandingkan

B.     Umpan balik

C.     Manfaat prektif

D.     Dapat dipahami

E.      Dapat diverifikasi

16.  Laporan keuangan dapat mempengaruhi keputusan pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal ini merupakan informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memenuhi syarat….

A.     Manfaat umpan balik

B.     Manfaat prediktif

C.     Tepat waktu

D.     Dapat dibandingkan

E.      Dapat dipahami

17.  Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat diuji, apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali oleh pihak yang berbeda, hasilnya tetap menunjukan simpulan yang tidak berbeda jauh. Hal ini merupakan informasi yang handal yaitu….

A.     Dapat dibandingkan

B.     Dapat dipahami

C.     Dapat diverifikasi

D.     Manfaat umpan balik

E.      Manfaat prediktif

18.  Informasi yang disajikan dalam laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna, dan dinyatakan dalam bentuk serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Hal ini merupakan karakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu….

A.     Dapat diverifikasi

B.     Dapat dibandingkan

C.     Dapat dipahami

D.     Kemandirian entitas

E.      Keseimbangan entitas

19.  Setiap unit akuntansi dianggap sebagai unit yang mandiri dan mempunyai kewajiban untuk menyajikan laporan keuangan sehingga tidak terjadi kekacauan antara unit instansi pemerintah dalam pelaporan keuangan. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi…..

A.     Pengawasan

B.     Perencanaan

C.     Kemandirian entitas

D.     Keseimbangan entitas

E.      Satuan uang

20.  Laporan keuangan disusun dengan asumsi bahwa entitas pelaporan akan berlanjut keberadaannya sehingga pemerintahan diasumsikan tidak bermaksud melakukan likuiditas atas entitas pelaporan dalam jangka pendek. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi….

A.     Satuan uang

B.     Pengawasan

C.     Perencanaan

D.     Keseimbangan entitas

E.      Kemandirian entitas

21.  Laporan keuangan entitas harus menyajikan setiap kegiatan yang diasumsikan dapat dinilai dengan satuan uang. Sehingga memungkinkan dilakukannya pengukuran dalam akuntansi. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi….

A.     Kemandirian entitas

B.     Keseimbangan entitas

C.     Pengawasan

D.     Perencanaan

E.      Satuan uang

22.  Informasi bagi pengguna dimungkinkan untuk menegaskan atau mengoreksi  ekspektasi mereka dimasa lalu. Hal ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu….

A.     Flashback

B.     Predictive value

C.     Accrual basis

D.     Cash basis

E.      Financing

23.  Informasi dimungkinkan dapat membantu pengguna untuk memprediksi masa yang akan datang berdasarkan hasil masa lalu dan kejadian masa kini. Hal ini merupakan syarat informasi yang relevan yaitu….

A.     Financing

B.     Cash basis

C.     Accrualbasis

D.     Predictive value

E.      Flashback value

24.  Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realiusasinya dalam satu periode pelaporan disebut….

A.     Realisasi anggaran

B.     Perubahan ekuitas

C.     Pendapatan LRA

D.     Operasional

E.      Neraca

25.  Jenis laporan yang harus disusun berdasarkan basis akrual, yang menyajikan informasi kenaikan dan penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut….

A.     Neraca

B.     Operasional

C.     Realisasi anggaran

D.     Pedapatan LRA

E.      Perubahan ekuitas

26.  Utang yang timbul dari peristiwa masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi pemerintah daerah disebut….

A.     Kewajiban

B.     Asset lancer

C.     Pendapatan

D.     Ekuitas

E.      Beban

27.  Kekayaan bersih pemerintah daerah yang merupakan selisih antara asset dan pemerintah daerah merupakan…

A.     Belanja

B.     Ekuitas

C.     Kewajiban

D.     Aset

E.      Pendapatan

28.  Hak pemerintah daerah yang diakui sebagai penambahan ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan dan tidak perlu dibayar kembali disebut….

A.     Pengeluaran

B.     Ekuitas

C.     Pendapatan

D.     Asset\

E.      Kewajiban

29.  Selisih antara asset lancer dengan kewajiban jangka pendek di dalam ekuitas dana pemerintah disebut ekuitas….

A.     Dana pemerintah

B.     Dana investasi

C.     Dana lancer

D.     Jangka panjang

E.      Jangka pendek

30.  Kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam kekayaan berjangka panjang, diperoleh dengan menjumlahkan 1). Investasi jangka panjang, 2). Asset tetap, 3). Asset lainnya dikurangi dengan jumlah dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangka panjang. Berdasarkan standar akuntansi pemerintah, hal ini disebut ekuitas….

A.     Dana lancar

B.     Dana investasi

C.     Dana pemerintah

D.     Jangkan pendek

E.      Jangka penjang

31.  Piutang yang di akui atas penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta retribusi yang sudah ada surat  ketetapannya ini disebut…..

A.     Piutang pajak daerah

B.     Kewajiban jangka pendek

C.     Kewajiban jangka panjang

D.     Piutang jangka pendek

E.      Piutang jangka panjang

32.  Kekayaan pemerintah yang dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sesuai peraturan perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih pemerintah daerah yang tertanam dalam dana cadangan disebut ekuitas……

A.     Dana lancar

B.     Dana infestasi

C.     Dana cadangan

D.     Jangka pendek

E.      Jangka panjang

33.  Khas dalam mengelolaan pemegang khas diSKPD yang masih harus dipertanggung jawabkan kepada khas daerah atau bendahara umum daerah adalah termasuk dalam khas………..

A.     Bendahara penerimaan

B.     Bendahara pengeluaran

C.     Piutang pajak daerah

D.     Infestasi jangka pendek

E.      Infestasi jangka panjang

34.  Akun anggaran dari pendapatan LRA, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun pendapatan LRA. Hal ini merupankan akun anggaran estimasi………

A.     Belanja

B.     Pendapatan

C.     Penerimaan pembiayaan

D.     Pengeluaran pembiayaan

E.      Perubahan SAL

35.  Akun anggaran dari belanja, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan dengan akun belanja. Hal ini merupakan akun anggaran….

A.     Estimasi belanja

B.     Estimasi pendapatan

C.     Perubahan SAL

D.     Pengeluaran pembiayaan

E.      Penerimaan pembiayaan

36.  Akun anggaran dari penerimaan pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan penkreditannya berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut…….

A.     Estimasi pengeluaran pembiayaan

B.     Estimasi penerimaan pembiayaan

C.     Estimasi pendapatan

D.     Estimasi belanja

E.      Estimasi perubahan SAL

37.  akun anggaran dari perusahaan perubahan SAL, sehingga saldo normal maupun aturan perdebatan dan penkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran……..

A.     Estimasi perubahan SAL

B.     Estimasi penerimaan pembiayaan

C.     Estimasi pengeluaran pembiayaan

D.     Kemandirian entitas

E.      Estimasi pendapatan

38.  Semua transaksi keuangan untuk menutupi defisit atau untuk memenfaatkan surplus yang terdiri dari penerimaan pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, dan sisa lebih anggaran tahun berkenaan. Hal merupakan jenis transaksi…………

A.     Pendapatan daerah

B.     Belanja daerah

C.     Pembiayaan daerah

D.     Kemandirian entitas

E.      Keseimbangan entitas

39.  Pencatatan berdasarkan basis akrual pada laporan operasional dan neraca di gunakan untuk mencatat transaksi keuangan terkait asset, kewajiban, ekuitas, penadapatan-LO. Dan beban. Hal ini disebut…………

A.     Jurnal finensial

B.     Pelaksanaan anggaran

C.     Jurnal transaksi

D.     Bukti memorial

E.      Jurnal kolorasi

40.  Pencatatan berdasarkan basis khas pada loparan realisasi anggaran, sehingga gtransaksi tersebut tidak melibatkan khas dan tidak perlu melakyukan catatan adalah……..

A.     Bukti khas masuk

B.     Pelaksana anggaran

C.     Bukti khas keluar

D.     Bukti memorial

E.      Jurnal transaksi

41.  Suatu buku yang berisi kumpulan rekening atau akun dalam kategori yang sama yang dicatat dalam jurnal dan digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu entitas disebut…..

A.     Ledger

B.     Real account

C.     Nominal account

D.     Cash basis

E.      Accrued basis

42.  Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam neraca seperti asset, kewajiban dan ekuitas disebut….

A.     Nominal account

B.     Real account

C.     Ledger

D.     Accrual revenues

E.      Accrual expense

43.  Akun-akun yang saldonya akan terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja disebut…

A.     Permanent account

B.     Ledger

C.     Real account

D.     Prapaynent

E.      Nominal account

44.  Semua penerima rekening kas umum Negara/daerah yang menambah ekuitas dan lancar dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali oleh pemerintah disebut….

A.     Belanja

B.     Pembiayaan

C.     Pendapatan LRA

D.     Surplus

E.      Transfer pengeluaran

45.  Pengeluaran uang dari suatu entitas pelaporan dari/kepada entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan dan dana bagi hasil disebut…..

A.     Pembiayaan

B.     Balanja

C.     Surplus

D.     Pendapatan LRA

E.      Transfer pengeluaran

46.  Penerimaan yang perlu dibayar kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun anggaran bersangkutan maupun tahun-tahun anggaran berikutnya, yang dalam penganggaran pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup defisit ataupu memanfaatkan surplus anggaran disebut…..

A.     Pendapatan LRA

B.     Pembiayaan

C.     Belanja

D.     Surplus

E.      Transfer pengeluaran

47.  Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan realisasinya dalam satu periode pelaporan adalah…

A.     Laporan realisasi anggaran

B.     Laporan operasional

C.     Laporan perubahan ekuitas

D.     Jurnal penutup

E.      Jurnal pembalik

48.  Laporan yang menyajikan ikhtisar sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunaanya yang dikelola oleh pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu periode pelaporan adalah……

A.     Laporan realisasi anggaran

B.     Laporan operasional

C.     Laporan perubahan

D.     Jurnal pembalik

E.      Jurnal penutup

49.  Laporan yang menyajikan informasi kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut…..

A.     Jurnal penutup

B.     Jurnal pembalik

C.     Laporan perubahan ekuitas

D.     Laporan operasional

E.      Laporan realisasi anggaran

50.  Berikut ini yang tidak termasuk jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu….

A.     Laporan L/R

B.     Laporan LRA

C.     Laporan operasional

D.     Laporan perubahan ekuitas

E.      Laporan neraca

51.  Pusat-pusat pertanggung jawaban berbasis pada apa saja?

A.     Perencanaan dan koordinasi

B.     Perencanaan dan pengendalian

C.     Pengendalian dan penilaian kinerja

D.     Penilaian kinerja, pengendalian dan koordinasi

E.      B dan C benar

52.  Pengendalian manejemen meliputi 7 aktivitas yang antara lain ialah:

A.     Koordinasi dan penilaian kinerja

B.     Perencanaan, koordinasi dan pengambilan keputusan

C.     Penilaian kinerja, pengendalian dan koordinasi

D.     Perencanaan dan pengendalian

E.      Pengendalian

53.  Dalam tahap ini pengendalian manajemen terkait dengan perumusan strategi dan perencanaan strategi yang dijabarkan dalam bentuk program-program pengertian diatas adalah pengertian dari:

A.     Pengendalian preventif

B.     Pengendalian operasional

C.     Pengendalian kinerja

D.     Pengendalian koordinasi

E.      Pengendalian perencanaan

54.  Informasi yang dapat  membedakan dengan jelas antara biaya yang dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan oleh manajer pusat pertanggung jawaban adalah…..

A.     Informasi efisiensi

B.     Informasi efektivitas

C.     Informasi yang relevan

D.     Informasi yang akurat

E.      Informasi efektif

55.  Biaya yang dapat dikendalikan secara langsung disebut…..

A.     Uncontrollable

B.     Controllable

C.     To the point

D.     Un to the point

E.      Opportunity

56.  Salah satu metode penentuan strategi adalah….

A.     SWOT

B.     Management by walking around

C.     Break down

D.     Corporate level strategy

E.      Strategy revision

57.  Bagian yang bertugas menyusun anggaran untuk tiap-tiap unit operasi adalah….

A.     Komite perencanaan

B.     Komite penganggaran

C.     Komite pertanggungjawaban

D.     Komite anggaran

E.      Komite rancangan

58.  Strategi yang dihasilkan dari proses perumusan strategi merupakan strategi global atau dalam perusahaan disebut….

A.     Unit business level strategy

B.     Corporate level strategy

C.     Strategy revision

D.     Opportunity

E.      Break down

59.  Proses yang menentukan bagaimana mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah….

A.     Perencanaan strategic

B.     Perencanaan strategi

C.     Perencanaan anggaran

D.     Proses dan praktik

E.      Penganggaran

60.  Tahap akhir dari proses pengendalian manajemen adalah….

A.     Penganggaran

B.     Perencanaan strategi

C.     Penilaian kinerja

D.     Perencanaan strategic

E.      Perencanaan anggaran

61.  Akuntansi manajemen sector public menghasilkan informasi ang berguna dalam:

A.     Perencanaan dan pengendalian organisasi

B.     Perencanaan dan pengoperasian organisasi

C.     Pengoperasian dan pengendalian organisasi

D.     Pengoperasian dan penilaian kinerja organisasi

E.      Perencanaan operasional

62.  Berikut ini yang bukan merupakan tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi sector publik yaitu:

A.     Perencanaan operasional

B.     Penganggaran

C.     Perencanaan tujuan dan sasaran dasar

D.     Penilaian kinerja

E.      Pengoperasian

63.  Peran akuntansi manajemen dalam organisasi sector publik, kecuali:

A.     Perencanaan strategic

B.     Pemberian informasi biaya

C.     Perencanaan operasional

D.     Penilaian investasi

E.      Anggaran

64.  Tahap dimana pemerintah mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan produk/jasa pelayanan disebut:

A.     Cost recording

B.     Cost finding

C.     Cost reporting

D.     Cost analyzing

E.      Strategic

65.  Informasi akuntansi sebagai alat perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, kecuali:

A.     Informasi yang sifatnya rutin atau ad hoc

B.     Informasi kuantitatif atau kualitatif

C.     Informasi disampaikan melalui saluran formal atau informal

D.     Informasi yang bersifat objektif atau subjektif

E.      Informasi yang bersifat bertanggungjawab

66.  Perencanaan meliputi aktivitas yang bersifat, kecuali:

A.     Strategic

B.     Efektif

C.     Taktis

D.     Melibatkan aspek operasional

E.      Cost analyzing

67.  Pola pengendalian tiap organisasi berbeda-beda tergantung pada:

A.     Jenis dan karakteristik organisasi

B.     Jenis dan tujuan organisasi

C.     Karakteristik dan tujuan organisasi

D.     Ruang lingkup dan tujuan organisasi

E.      Jenis organisasi

68.  Berikut ini merupakan tahap dimana manajemen organisasi membuat alternatif-alternatif program yang dapat mendukung strategi organisasi yaitu:

A.     Penilaian investasi

B.     Penganggaran

C.     Perencanaan strategi

D.     Penilaian kinerja

E.      Perencanaan operasional

69.  Berikut yang bukan merupakan fungsi anggaran dalam manajemen sector public, yaitu:

A.     Sebagai alat alokasi sumber daya public

B.     Sebagai alat distribusi

C.     Sebagai alat stabilisasi

D.     Sebagai alat operasi

E.      Sebagai alat pertanggung jawaban

70.  Sumber daya yang dikorbankan untuk meberikan pelayanan merupakan pengertian dari:

A.     Biaya input

B.     Biaya output

C.     Biaya proses

D.     Biaya operasi

E.      Biaya teknis

71.  Pemberian pelayanan publik pada dasarnyadapat dibiayai melalui dua sumber, yaiut:

A.     Pajak dan pembebanan langsung

B.     Pembiayaan defisit anggaran

C.     Penjualan asset milik pemerintah

D.     Utang

E.      Pembelian

72.  Jenis barang yang menjadi kebutuhan masyarakat adalah kecuali:

A.     Barang ekonomis

B.     Barang privat

C.     Barang public

D.     Barang campuran

E.      Barang anggaran

73.  Barang public adalah barang kebutuhan masyarakat yang manfaatnya dinikmati oleh:

A.     Seluruh masyarakat

B.     Individu

C.     Perorangan

D.     Berdua

E.      Campuran

74.  Kesulitan dalam membedakan barang public dengan barang privat kecuali:

A.     Batasan keduanya sulit ditentukan

B.     Barang atau jasa public tapi ada pembebanan langsung

C.     Kecenderungan membebankan tariff pelayanan dari pada membebankan pada pajak

D.     Sector swasta terlibat dalam penyediaan pelayanan pendidikan

E.      Memperhitungkan kemampuan

75.  Yang bukan kompleksitas strategi harga adalah….

A.     Two-part tariffs

B.     Peak-load tariffs

C.     Marginal cost

D.     Deskriminasi harga

E.      Transportasi public

76.  Salah satu kesulitan menghitung biaya total adalah….

A.     Mengetahui besar biaya total

B.     Mudah mengukur yang dikomsumsi

C.     Biaya apa saja yang harus diperhitungkan

D.     Memperhitungkan kemampuan masyarakat

E.      Tidak ada prinsip keuntungan

77.  Pelayanan public yang dibebankan tariff pelayanan kecuali:

A.     Imunisasi

B.     Transportasi public

C.     Pendidikan

D.     Jalan tol

E.      Pertahanan

78.  Merit good disebut juga:

A.     Barang privat

B.     Barang public

C.     Barang ekonomis

D.     Barang campurang

E.      Barang perorangan

79.  Alasan mengapa pembebanan tariff pelayanan public dibebankan kepada konsumen:

A.     Adanya barang privat dan public

B.     Tidak adanya efesiensi ekonomi

C.     Tidak ada prinsip keuntungan

D.     Adanya barang ekonomis

E.      Tidak adanya barang yang menguntungkan

80.  Contoh barang campuran adalah:

A.     Jasa kepolisian

B.     Pertahanan

C.     Sanitasi

D.     Imunisasi

E.      Pelanggaran

81.  Anggaran dengan pendekatan new public management (npm) adalah anggaran yang berorientasi, kecuali pada kinerja yang terdiri dari, kecuali…..

A.     Planning programming

B.     Vote accounting

C.     Zero based budting

D.     Persormance budgeting

E.      Berzelay

82.  Model new public management (npm) mulai dikenal pada tahun….

A.     1980-an

B.     1985-an

C.     1990-an

D.     1975-an

E.      1960-an

83.  Salah satu model pemerintah di era new public management adalah model pemerintahan dengan konsep reinventing government yang diajukan oleh…..

A.     Politik

B.     Barzelay

C.     Osborne dan gaebler

D.     Lan, zhiyong, and rosenloom

E.      Zero based budting

84.  Manakah pernyataan dibawah ini keunggulan-keunggulan dari ZBB….

A.     ZBB berfokus pada value or money panjang       -ZBB cenderung menfaat jangka

B.     Meningkatkan pengetahuan                                  -ZBB berfokus pada value for money

C.     ZBB berfokus pada value                                     -prosesnya memakan waktu lama

D.     Implementasi ZBB                                                -pada proses merangking

E.      Planning                                                                -mejaga kerapian

85.  Masalah utama penggunaan ZBB dan PPBS adalah….

A.     Boundd rationality, keterbatasan dalam menganalisis semua alternative untuk melakukan aktivitas

B.     Kurangnya data untuk membandigkan semua alternative, terutama untuk mengukur output

C.     Kurangnya data alternatif

D.     A dan B benar

E.      A dan B salah

86.  Ciri-ciri dari anggaran tradisional antara lain, kecuali….

A.     Line-item

B.     Cenderung sentralistis

C.     Tahunan

D.     Desentralisasi/develoved management

E.      Politik

87.  Manakah hal yang menjadi masalah utama penggunaan ZBB&PPBS…..

A.     Bounded rationality

B.     Planning

C.     Programming

D.     Zero based budgething

E.      Line-item

88.  Pengertian dari apakah “menambah atau mengurangi jumlah rupiah pada item-item anggaran yang sudah ada sebelumnya dengan menggunakan data tahun sebelumnya”

A.     Line-item

B.     Incrementalism

C.     Anggaran tradisional

D.     Planning

E.      Programming

89.  Manakah perspektif baru pemerintah menurut osbome dan gaebler tersebut adalah….

A.     Pemerintahan katalis

B.     Sentralistis

C.     Desentralistis

D.     Berdasarkan sasaran kinerja

E.      Lingkungan

90.  Karakteristik pendekatan baru system anggaran public meliputi…..

A.     Lingkungan

B.     Berjangka panjang

C.     Planning

D.     Masyarakat

E.      Berjangka pendek

91.  Dibawah ini adalah aspek-aspek dari pengukuran kinerja organisasi sector public, kecuali…..

A.     Kelompok masukan yang dibutuhkan agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran

B.     Kelompok proses yang dari kegiatan baik dari segi kecepatan, ketetapan, maupun tingkat akurasi pelaksanaan kegiatan tersebut

C.     Kelompok simpanan yang dibutuhkan untuk menyimpan kegiatan agar organisasi berjalan lancar

D.     Kelompok keluaran yang segala sesuatu yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat berwujud maupun tidak berwujud

E.      Kelompok pertanggung jawab yang segala tanggung jawab diberikan kepadanya

92.  Dibawah ini adalah elemen pokok dari pengukuran kinerja, kecuali…..

A.     Menetapkan tujuan, sasaran, dan strategi organisasi

B.     Merumuskan indicator dan ukuran kinerja

C.     Evaluasi kinerja

D.     Menguraikan dan menjalankan kinerja organisasi

E.      Melancarkan semua urusan

93.  Tujuan dari sistem pengukuran kinerja adalah….

A.     Untuk mengukur kinerja financial dan non financial secara berimbang

B.     Untuk mengutamakan alokasi sumber daya

C.     Untuk menentukan tindakan yang tepat untuk meningkatkan kinerja

D.     Untuk menunjukan bagaimana kemajuan atas sasaran yang telah ditetapkan

E.      Untuk menetapkan tujuan dan sasaran

94.  Dalam pengukuran kinerja sector public dilakukan untuk memenuhi 3 maksud, kecuali……

A.     pengukuran kinerja sector public dimaksudkan untuk membantu memperbaiki kinerja pemerintahan

B.     ukuran kinerja sector public digunakan untuk mengalokasikan sumber daya dan pembuatan keputusan

C.     ukuran kinerja sector public dimaksudkan untuk mewujudkan pertanggungjawaban public dan memperbaiki komunikasi kelembagaan

D.     pengukuran kinerja sector public dimaksudkan untuk membantu pihak swasta atau perusahaan yang terkait

E.      semua jawaban salah

95.  manfaat dalam pengukuran kinerja sector public adalah…….

A.     Memberikan pemahaman mengenai ukuran yang digunakan untuk menilai kinerja manajemen

B.     Meminimalkan dan mengantisipasi timbulnya pemerintah yang menyamping

C.     Mengawasi distribusi kekuasaan pada lembaga terkait

D.     Jawaban A dan B benar

E.      Jawaban tidak ada yang benar

96.  Dibawah ini adalah langkah-langkah pengukuran value for money kecuali……

A.     Pengukuran ekonomi

B.     Pengukuran income

C.     Pengukuran efisiensi

D.     Pengukuran efektivitas

E.      Pengukuran kreativitas

97.  Pengukuran yang hanya mempertimbangkan masukan yang dipergunakan merupakan pengertian dari…….

A.     Pengukuran ekonomi

B.     Pengukuran efesiensi

C.     Pengukuran efektifitas

D.     Pengukuran outcome

E.      Pengukuran income

98.  Dibawah ini adalah manfaat implementasi konsep value for money pada organisasi sector public kecuali…..

A.     Meningkatkan efektivitas pelayanan public dalam arti pelayanan yang diberikan tepat sasaran

B.     Meningkatkan mutu pelayanan public

C.     Menaikkan biaya pelayanan public

D.     Alokasi belanja yang lebih berorientasi pada kepentingan public

E.      Meningkatkan pelayanan

99.  Apa yang dimaksud dengan value for money…….

A.     Alat pengukuran kinerja untuk menilai Suatu kinerja pada perusahaan public dan juga digunakan untuk mengukur ekonomi, efisiensi, dan efektivitas segala kegiatan pada organisasi sector public

B.     Alat pengukuran kinerja untuk memonitori dalam upaya menciptakan perbaikan kinerja secara berkelanjutan

C.     Alat untuk menyesuaikan perubahan kebutuhan layanan public

D.     Alat untuk menguji validitas dan keandalan indicator

E.      Alat untuk menguji sesuatu

100. dibawah  ini adalah karakteristik dalam indicator kinerja, adalah…..

A.     Sederhana dan mudah dipahami

B.     Dapat diukur

C.     Dapat dikualifikasikan, misalnya dalam bentuk rasio persentase dan angka

D.     Dapat di ukur dalam jangka panjang

E.      Jawaban A,B dan C benar

 

 

 

  

KUNCI JAWABAN SOAL PILIHAN GANDA DOWNLOAD HERE



 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

No comments: