1.
Pertumbuhan ekonomi. Tingkat
inflasi, tenaga kerja, nilai tukar mata uang, infrastruktur, struktur produksi,
arus modal dalam negeri, cadangan devisa, utang dan bantuan luar negeri dan
pertumbuhan pendapatan per kapita (GNP/GDP) merupakan komponen lingkungan
sector public faktor….
A.
Politik
B.
Kultur
C.
Ekonomi
D.
Demografi
E.
Otonomi
2.
Hubungan Negara dan masyarakat,
legitimasi pemerintah, tipe rezim yang berkuasa, ideology Negara, elit politik
dan massa, jaringan internasional, kelembagaan merupakan komponen lingkungan
sector public faktor…..
A.
Politik
B.
Otonomi
C.
Ekonomi
D.
Belanja
E.
Anggaran
3.
Keragaman suku, ras, agama,
bahasa dan budaya, sistem nilai di masyarakat, historis, sosiologi masyarakat,
karakteristik masyarakat, tingkat pendidikan merupakan komponen lingkungan
sector publik faktor….
A.
Otonomi
B.
Ekonomi
C.
Kultural
D.
Anggaran
E.
Pengendalian
4.
Pertumbuhan penduduk, struktur
usia penduduk, migrasi, tingkat kesehatan adalah komponen lingkungan sector
public faktor…..
A.
Otonomi
B.
Ekonomi
C.
Demografi
D.
Anggaran
E.
Materialitas
5.
Aset dicatat sebesar pengeluaran
kas atau sebesar nilai wajar dari imbalan (consideration) untuk memperoleh
asset tersebut pada saat perolehan. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi
pemerintahan yang dinamakan….
A.
Nilai historis
B.
Konsistensi
C.
Penyajian wajar
D.
Realisasi
E.
Basis akuntansi
6.
Perlakuan akuntansi diterapkan
dari periode ke priode oleh suatu entitas pelaporan selalu sama. Metode
akuntansi dapat diubah, jika metode yang baru mampu memberikan informasi yang
lebih baik disbanding sebelumnya. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi
pemerintah yang dinamakan….
A.
Basisi akuntansi
B.
Nilai historis
C.
Realisasi
D.
Konsistensi
E.
Penyajian wajar
7.
Faktor pertimbangan sehat bagi
penyusun laporan keuangan diperlukan ketika menghadapi ketidakpastian peristiwa
dan keadaan tertentu. Hal tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang
dnamakan….
A.
Konsistensi
B.
Realisasi
C.
Nilai historis
D.
Basis akuntansi
E.
Penyajian wajar
8.
Pendapatan yang tersedia dan
telah diotorisasikan melalui anggaran pemerintah pada suatu tahun fiskal akan
direalisasikan untuk membayar hutang dan belanja dalam periode tersebut. Hal
tersebut adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….
A.
Realization
B.
Periodicity
C.
Consistency
D.
Fair presentation
E.
Full disclosure
9.
Kegiatan akuntansi dan pelaporan
keuangan perlu dibagi menjadi periode pelaporan sehingga kinerja entitas dapat
diukur dan posisi sumber daya yang dimilikinya dapat ditentukan. Hal tersebut
adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….
A.
Consistency
B.
Realization
C.
Periodicity
D.
Full disclosure
E.
Fair presentation
10.
Laporan keuangan menyajikan
secara lengkap informasi yang dibutuhkan oleh pengguna yaitu laporan keuangan
dapat ditempatkan pada lembar muka (on the face) laporan keuangan atau catatan
atas laporan keuangan. Hal tersebut
adalah prinsip akuntansi pemerintah yang dinamakan….
A.
Realization
B.
Periodicity
C.
Consistency
D.
Fair presentation
E.
Full disclosure
11.
Mempertanggungjawabkan
pengelolaan sumber daya (khususnya keuangan) serta pelaksanaan kebijakan
pemerintah dalam rangka pencapaian tujuan yang telah ditetapkan melalui laporan
keuangan secara periodic disebut…..
A.
Antargenerasi
B.
Tranparansi
C.
Manajerial
D.
Akuntabilitas
E.
Keseimbangan entitas
12.
Menyediakan informasi keuangan
yang berguna untuk perencanaan dan pengelolaan keuangna pemerintah serta
memeudahkan pengendalian yang efektif atas asset, hutang, dan ekuitas dana
adalah peranan laporan keuangan…..
A.
Transparansi
B.
Akuntabilitas
C.
Manajerial
D.
Antargenerasi
E.
Keseimbangan entitas
13.
Menyediakan informasi keuangan
yang terbuka bagi masyarakat dalam mewujudkan penyelenggaraan pemerintah yang
baik disebut…..
A.
Manajerial
B.
Akuntabilitas
C.
Transparansi
D.
Keseimbangan
E.
Antargenerasi
14.
Memberikan informasi mengenai
kecuckupan penerimaan pemerintah untuk membiayai seluruh pengeluaran, dan
apakah generasi yang akan datang akan ikut menanggung beban pengeluaran
tersebut adalah peranan laporan keuangan……
A.
Manajerial
B.
Transparansi
C.
Akuntabilitas
D.
Evaluasi kerja
E.
Keseimbangan antargenerasi
15.
Laporan keunagan dapat
memepengaruhi keputusan pengguna dengan membantu mengevaluasi peristiwa masa
lalu atau masa kini. Laporan keuangan merupakan informasi yang relevan, oleh
karena itu informasi harus memiliki…..
A.
Dapat dibandingkan
B.
Umpan balik
C.
Manfaat prektif
D.
Dapat dipahami
E.
Dapat diverifikasi
16.
Laporan keuangan dapat
mempengaruhi keputusan pengguna dalam pengambilan keputusan. Hal ini merupakan
informasi yang relevan, oleh karena itu informasi harus memenuhi syarat….
A.
Manfaat umpan balik
B.
Manfaat prediktif
C.
Tepat waktu
D.
Dapat dibandingkan
E.
Dapat dipahami
17.
Informasi yang disajikan dalam
laporan keuangan dapat diuji, apabila pengujian dilakukan lebih dari sekali
oleh pihak yang berbeda, hasilnya tetap menunjukan simpulan yang tidak berbeda
jauh. Hal ini merupakan informasi yang handal yaitu….
A.
Dapat dibandingkan
B.
Dapat dipahami
C.
Dapat diverifikasi
D.
Manfaat umpan balik
E.
Manfaat prediktif
18.
Informasi yang disajikan dalam
laporan keuangan dapat dipahami oleh pengguna, dan dinyatakan dalam bentuk
serta istilah yang disesuaikan dengan batas pemahaman para pengguna. Hal ini
merupakan karakteristik kualitatif laporan keuangan yaitu….
A.
Dapat diverifikasi
B.
Dapat dibandingkan
C.
Dapat dipahami
D.
Kemandirian entitas
E.
Keseimbangan entitas
19.
Setiap unit akuntansi dianggap
sebagai unit yang mandiri dan mempunyai kewajiban untuk menyajikan laporan
keuangan sehingga tidak terjadi kekacauan antara unit instansi pemerintah dalam
pelaporan keuangan. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi pemerintah yaitu
asumsi…..
A.
Pengawasan
B.
Perencanaan
C.
Kemandirian entitas
D.
Keseimbangan entitas
E.
Satuan uang
20.
Laporan keuangan disusun dengan
asumsi bahwa entitas pelaporan akan berlanjut keberadaannya sehingga
pemerintahan diasumsikan tidak bermaksud melakukan likuiditas atas entitas
pelaporan dalam jangka pendek. Hal ini merupakan asumsi dasar akuntansi
pemerintah yaitu asumsi….
A.
Satuan uang
B.
Pengawasan
C.
Perencanaan
D.
Keseimbangan entitas
E.
Kemandirian entitas
21.
Laporan keuangan entitas harus
menyajikan setiap kegiatan yang diasumsikan dapat dinilai dengan satuan uang. Sehingga
memungkinkan dilakukannya pengukuran dalam akuntansi. Hal ini merupakan asumsi
dasar akuntansi pemerintah yaitu asumsi….
A.
Kemandirian entitas
B.
Keseimbangan entitas
C.
Pengawasan
D.
Perencanaan
E.
Satuan uang
22.
Informasi bagi pengguna
dimungkinkan untuk menegaskan atau mengoreksi
ekspektasi mereka dimasa lalu. Hal ini merupakan syarat informasi yang
relevan yaitu….
A.
Flashback
B.
Predictive value
C.
Accrual basis
D.
Cash basis
E.
Financing
23.
Informasi dimungkinkan dapat
membantu pengguna untuk memprediksi masa yang akan datang berdasarkan hasil
masa lalu dan kejadian masa kini. Hal ini merupakan syarat informasi yang
relevan yaitu….
A.
Financing
B.
Cash basis
C.
Accrualbasis
D.
Predictive value
E.
Flashback value
24.
Laporan yang menyajikan ikhtisar
sumber, alokasi dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh
pemerintah, yang menggambarkan perbandingan antara anggaran dan realiusasinya
dalam satu periode pelaporan disebut….
A.
Realisasi anggaran
B.
Perubahan ekuitas
C.
Pendapatan LRA
D.
Operasional
E.
Neraca
25.
Jenis laporan yang harus disusun
berdasarkan basis akrual, yang menyajikan informasi kenaikan dan penurunan
ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun sebelumnya disebut….
A.
Neraca
B.
Operasional
C.
Realisasi anggaran
D.
Pedapatan LRA
E.
Perubahan ekuitas
26.
Utang yang timbul dari peristiwa
masa lalu yang penyelesaiannya mengakibatkan aliran keluar sumber daya ekonomi
pemerintah daerah disebut….
A.
Kewajiban
B.
Asset lancer
C.
Pendapatan
D.
Ekuitas
E.
Beban
27.
Kekayaan bersih pemerintah daerah
yang merupakan selisih antara asset dan pemerintah daerah merupakan…
A.
Belanja
B.
Ekuitas
C.
Kewajiban
D.
Aset
E.
Pendapatan
28.
Hak pemerintah daerah yang diakui
sebagai penambahan ekuitas dalam periode tahun anggaran yang bersangkutan dan
tidak perlu dibayar kembali disebut….
A.
Pengeluaran
B.
Ekuitas
C.
Pendapatan
D.
Asset\
E.
Kewajiban
29.
Selisih antara asset lancer
dengan kewajiban jangka pendek di dalam ekuitas dana pemerintah disebut
ekuitas….
A.
Dana pemerintah
B.
Dana investasi
C.
Dana lancer
D.
Jangka panjang
E.
Jangka pendek
30.
Kekayaan bersih pemerintah daerah
yang tertanam dalam kekayaan berjangka panjang, diperoleh dengan menjumlahkan
1). Investasi jangka panjang, 2). Asset tetap, 3). Asset lainnya dikurangi
dengan jumlah dana yang harus disediakan untuk pembayaran hutang jangka
panjang. Berdasarkan standar akuntansi pemerintah, hal ini disebut ekuitas….
A.
Dana lancar
B.
Dana investasi
C.
Dana pemerintah
D.
Jangkan pendek
E.
Jangka penjang
31.
Piutang yang di akui atas
penerimaan pajak hotel, restoran dan pajak lainnya serta retribusi yang sudah
ada surat ketetapannya ini disebut…..
A.
Piutang pajak daerah
B.
Kewajiban jangka pendek
C.
Kewajiban jangka panjang
D.
Piutang jangka pendek
E.
Piutang jangka panjang
32.
Kekayaan pemerintah yang
dicadangkan untuk tujuan yang telah ditentukan sebelumnya sesuai peraturan
perundang-undangan serta mencerminkan kekayaan bersih pemerintah daerah yang
tertanam dalam dana cadangan disebut ekuitas……
A.
Dana lancar
B.
Dana infestasi
C.
Dana cadangan
D.
Jangka pendek
E.
Jangka panjang
33.
Khas dalam mengelolaan pemegang
khas diSKPD yang masih harus dipertanggung jawabkan kepada khas daerah atau
bendahara umum daerah adalah termasuk dalam khas………..
A.
Bendahara penerimaan
B.
Bendahara pengeluaran
C.
Piutang pajak daerah
D.
Infestasi jangka pendek
E.
Infestasi jangka panjang
34.
Akun anggaran dari pendapatan
LRA, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya
berlawanan dengan akun pendapatan LRA. Hal ini merupankan akun anggaran
estimasi………
A.
Belanja
B.
Pendapatan
C.
Penerimaan pembiayaan
D.
Pengeluaran pembiayaan
E.
Perubahan SAL
35.
Akun anggaran dari belanja,
sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan pengkreditannya berlawanan
dengan akun belanja. Hal ini merupakan akun anggaran….
A.
Estimasi belanja
B.
Estimasi pendapatan
C.
Perubahan SAL
D.
Pengeluaran pembiayaan
E.
Penerimaan pembiayaan
36.
Akun anggaran dari penerimaan
pembiayaan, sehingga saldo normal maupun aturan pendebetan dan penkreditannya
berlawanan dengan akun penerimaan pembiayaan disebut…….
A.
Estimasi pengeluaran pembiayaan
B.
Estimasi penerimaan pembiayaan
C.
Estimasi pendapatan
D.
Estimasi belanja
E.
Estimasi perubahan SAL
37.
akun anggaran dari perusahaan
perubahan SAL, sehingga saldo normal maupun aturan perdebatan dan
penkreditannya berlawanan dengan akun perubahan SAL merupakan akun anggaran……..
A.
Estimasi perubahan SAL
B.
Estimasi penerimaan pembiayaan
C.
Estimasi pengeluaran pembiayaan
D.
Kemandirian entitas
E.
Estimasi pendapatan
38.
Semua transaksi keuangan untuk
menutupi defisit atau untuk memenfaatkan surplus yang terdiri dari penerimaan
pembiayaan, pengeluaran pembiayaan, dan sisa lebih anggaran tahun berkenaan.
Hal merupakan jenis transaksi…………
A.
Pendapatan daerah
B.
Belanja daerah
C.
Pembiayaan daerah
D.
Kemandirian entitas
E.
Keseimbangan entitas
39.
Pencatatan berdasarkan basis
akrual pada laporan operasional dan neraca di gunakan untuk mencatat transaksi
keuangan terkait asset, kewajiban, ekuitas, penadapatan-LO. Dan beban. Hal ini
disebut…………
A.
Jurnal finensial
B.
Pelaksanaan anggaran
C.
Jurnal transaksi
D.
Bukti memorial
E.
Jurnal kolorasi
40.
Pencatatan berdasarkan basis khas
pada loparan realisasi anggaran, sehingga gtransaksi tersebut tidak melibatkan
khas dan tidak perlu melakyukan catatan adalah……..
A.
Bukti khas masuk
B.
Pelaksana anggaran
C.
Bukti khas keluar
D.
Bukti memorial
E.
Jurnal transaksi
41.
Suatu buku yang berisi kumpulan
rekening atau akun dalam kategori yang sama yang dicatat dalam jurnal dan
digunakan dalam keseluruhan aktivitas akuntansi suatu entitas disebut…..
A.
Ledger
B.
Real account
C.
Nominal account
D.
Cash basis
E.
Accrued basis
42.
Akun-akun yang saldonya akan
terlihat dalam neraca seperti asset, kewajiban dan ekuitas disebut….
A.
Nominal account
B.
Real account
C.
Ledger
D.
Accrual revenues
E.
Accrual expense
43.
Akun-akun yang saldonya akan
terlihat dalam laporan realisasi anggaran seperti pendapatan dan belanja
disebut…
A.
Permanent account
B.
Ledger
C.
Real account
D.
Prapaynent
E.
Nominal account
44.
Semua penerima rekening kas umum
Negara/daerah yang menambah ekuitas dan lancar dalam periode tahun anggaran
yang bersangkutan yang menjadi hak pemerintah dan tidak perlu dibayar kembali
oleh pemerintah disebut….
A.
Belanja
B.
Pembiayaan
C.
Pendapatan LRA
D.
Surplus
E.
Transfer pengeluaran
45.
Pengeluaran uang dari suatu
entitas pelaporan dari/kepada entitas pelaporan dan termasuk dana perimbangan
dan dana bagi hasil disebut…..
A.
Pembiayaan
B.
Balanja
C.
Surplus
D.
Pendapatan LRA
E.
Transfer pengeluaran
46.
Penerimaan yang perlu dibayar
kembali dan/atau pengeluaran yang akan diterima kembali, baik pada tahun
anggaran bersangkutan maupun tahun-tahun anggaran berikutnya, yang dalam penganggaran
pemerintah terutama dimaksudkan untuk menutup defisit ataupu memanfaatkan
surplus anggaran disebut…..
A.
Pendapatan LRA
B.
Pembiayaan
C.
Belanja
D.
Surplus
E.
Transfer pengeluaran
47.
Laporan yang menyajikan ikhtisar
sumber, alokasi, dan pemakaian sumber daya keuangan yang dikelola oleh
pemerintah, yang menggambarkan perbandingan anggaran dan realisasinya dalam
satu periode pelaporan adalah…
A.
Laporan realisasi anggaran
B.
Laporan operasional
C.
Laporan perubahan ekuitas
D.
Jurnal penutup
E.
Jurnal pembalik
48.
Laporan yang menyajikan ikhtisar
sumber daya ekonomi yang menambah ekuitas dari penggunaanya yang dikelola oleh
pemerintah pusat/daerah untuk kegiatan penyelenggaraan pemerintah dalam satu
periode pelaporan adalah……
A.
Laporan realisasi anggaran
B.
Laporan operasional
C.
Laporan perubahan
D.
Jurnal pembalik
E.
Jurnal penutup
49.
Laporan yang menyajikan informasi
kenaikan atau penurunan ekuitas tahun pelaporan dibandingkan dengan tahun
sebelumnya disebut…..
A.
Jurnal penutup
B.
Jurnal pembalik
C.
Laporan perubahan ekuitas
D.
Laporan operasional
E.
Laporan realisasi anggaran
50.
Berikut ini yang tidak termasuk
jenis laporan keuangan pemerintah daerah yaitu….
A.
Laporan L/R
B.
Laporan LRA
C.
Laporan operasional
D.
Laporan perubahan ekuitas
E.
Laporan neraca
51.
Pusat-pusat pertanggung jawaban
berbasis pada apa saja?
A.
Perencanaan dan koordinasi
B.
Perencanaan dan pengendalian
C.
Pengendalian dan penilaian
kinerja
D.
Penilaian kinerja, pengendalian
dan koordinasi
E.
B dan C benar
52.
Pengendalian manejemen meliputi 7
aktivitas yang antara lain ialah:
A.
Koordinasi dan penilaian kinerja
B.
Perencanaan, koordinasi dan
pengambilan keputusan
C.
Penilaian kinerja, pengendalian
dan koordinasi
D.
Perencanaan dan pengendalian
E.
Pengendalian
53.
Dalam tahap ini pengendalian
manajemen terkait dengan perumusan strategi dan perencanaan strategi yang
dijabarkan dalam bentuk program-program pengertian diatas adalah pengertian
dari:
A.
Pengendalian preventif
B.
Pengendalian operasional
C.
Pengendalian kinerja
D.
Pengendalian koordinasi
E.
Pengendalian perencanaan
54.
Informasi yang dapat membedakan dengan jelas antara biaya yang
dapat dikendalikan dan tidak dapat dikendalikan oleh manajer pusat pertanggung
jawaban adalah…..
A.
Informasi efisiensi
B.
Informasi efektivitas
C.
Informasi yang relevan
D.
Informasi yang akurat
E.
Informasi efektif
55.
Biaya yang dapat dikendalikan
secara langsung disebut…..
A.
Uncontrollable
B.
Controllable
C.
To the point
D.
Un to the point
E.
Opportunity
56.
Salah satu metode penentuan
strategi adalah….
A.
SWOT
B.
Management by walking around
C.
Break down
D.
Corporate level strategy
E.
Strategy revision
57.
Bagian yang bertugas menyusun
anggaran untuk tiap-tiap unit operasi adalah….
A.
Komite perencanaan
B.
Komite penganggaran
C.
Komite pertanggungjawaban
D.
Komite anggaran
E.
Komite rancangan
58.
Strategi yang dihasilkan dari
proses perumusan strategi merupakan strategi global atau dalam perusahaan
disebut….
A.
Unit business level strategy
B.
Corporate level strategy
C.
Strategy revision
D.
Opportunity
E.
Break down
59.
Proses yang menentukan bagaimana
mengimplementasikan dari perumusan strategy adalah….
A.
Perencanaan strategic
B.
Perencanaan strategi
C.
Perencanaan anggaran
D.
Proses dan praktik
E.
Penganggaran
60.
Tahap akhir dari proses
pengendalian manajemen adalah….
A.
Penganggaran
B.
Perencanaan strategi
C.
Penilaian kinerja
D.
Perencanaan strategic
E.
Perencanaan anggaran
61.
Akuntansi manajemen sector public
menghasilkan informasi ang berguna dalam:
A.
Perencanaan dan pengendalian
organisasi
B.
Perencanaan dan pengoperasian
organisasi
C.
Pengoperasian dan pengendalian
organisasi
D.
Pengoperasian dan penilaian
kinerja organisasi
E.
Perencanaan operasional
62.
Berikut ini yang bukan merupakan
tahap proses perencanaan dan pengendalian manajerial organisasi sector publik
yaitu:
A.
Perencanaan operasional
B.
Penganggaran
C.
Perencanaan tujuan dan sasaran
dasar
D.
Penilaian kinerja
E.
Pengoperasian
63.
Peran akuntansi manajemen dalam
organisasi sector publik, kecuali:
A.
Perencanaan strategic
B.
Pemberian informasi biaya
C.
Perencanaan operasional
D.
Penilaian investasi
E.
Anggaran
64.
Tahap dimana pemerintah
mengakumulasi data mengenai biaya yang dibutuhkan untuk menghasilkan
produk/jasa pelayanan disebut:
A.
Cost recording
B.
Cost finding
C.
Cost reporting
D.
Cost analyzing
E.
Strategic
65.
Informasi akuntansi sebagai alat
perencanaan pada dasarnya dapat dibedakan menjadi tiga kelompok, kecuali:
A.
Informasi yang sifatnya rutin
atau ad hoc
B.
Informasi kuantitatif atau
kualitatif
C.
Informasi disampaikan melalui
saluran formal atau informal
D.
Informasi yang bersifat objektif
atau subjektif
E.
Informasi yang bersifat
bertanggungjawab
66.
Perencanaan meliputi aktivitas
yang bersifat, kecuali:
A.
Strategic
B.
Efektif
C.
Taktis
D.
Melibatkan aspek operasional
E.
Cost analyzing
67.
Pola pengendalian tiap organisasi
berbeda-beda tergantung pada:
A.
Jenis dan karakteristik
organisasi
B.
Jenis dan tujuan organisasi
C.
Karakteristik dan tujuan
organisasi
D.
Ruang lingkup dan tujuan
organisasi
E.
Jenis organisasi
68.
Berikut ini merupakan tahap
dimana manajemen organisasi membuat alternatif-alternatif program yang dapat
mendukung strategi organisasi yaitu:
A.
Penilaian investasi
B.
Penganggaran
C.
Perencanaan strategi
D.
Penilaian kinerja
E.
Perencanaan operasional
69.
Berikut yang bukan merupakan
fungsi anggaran dalam manajemen sector public, yaitu:
A.
Sebagai alat alokasi sumber daya
public
B.
Sebagai alat distribusi
C.
Sebagai alat stabilisasi
D.
Sebagai alat operasi
E.
Sebagai alat pertanggung jawaban
70.
Sumber daya yang dikorbankan
untuk meberikan pelayanan merupakan pengertian dari:
A.
Biaya input
B.
Biaya output
C.
Biaya proses
D.
Biaya operasi
E.
Biaya teknis
71.
Pemberian pelayanan publik pada
dasarnyadapat dibiayai melalui dua sumber, yaiut:
A.
Pajak dan pembebanan langsung
B.
Pembiayaan defisit anggaran
C.
Penjualan asset milik pemerintah
D.
Utang
E.
Pembelian
72.
Jenis barang yang menjadi
kebutuhan masyarakat adalah kecuali:
A.
Barang ekonomis
B.
Barang privat
C.
Barang public
D.
Barang campuran
E.
Barang anggaran
73.
Barang public adalah barang
kebutuhan masyarakat yang manfaatnya dinikmati oleh:
A.
Seluruh masyarakat
B.
Individu
C.
Perorangan
D.
Berdua
E.
Campuran
74.
Kesulitan dalam membedakan barang
public dengan barang privat kecuali:
A.
Batasan keduanya sulit ditentukan
B.
Barang atau jasa public tapi ada
pembebanan langsung
C.
Kecenderungan membebankan tariff
pelayanan dari pada membebankan pada pajak
D.
Sector swasta terlibat dalam
penyediaan pelayanan pendidikan
E.
Memperhitungkan kemampuan
75.
Yang bukan kompleksitas strategi
harga adalah….
A.
Two-part tariffs
B.
Peak-load tariffs
C.
Marginal cost
D.
Deskriminasi harga
E.
Transportasi public
76.
Salah satu kesulitan menghitung
biaya total adalah….
A.
Mengetahui besar biaya total
B.
Mudah mengukur yang dikomsumsi
C.
Biaya apa saja yang harus
diperhitungkan
D.
Memperhitungkan kemampuan
masyarakat
E.
Tidak ada prinsip keuntungan
77.
Pelayanan public yang dibebankan
tariff pelayanan kecuali:
A.
Imunisasi
B.
Transportasi public
C.
Pendidikan
D.
Jalan tol
E.
Pertahanan
78.
Merit good disebut juga:
A.
Barang privat
B.
Barang public
C.
Barang ekonomis
D.
Barang campurang
E.
Barang perorangan
79.
Alasan mengapa pembebanan tariff
pelayanan public dibebankan kepada konsumen:
A.
Adanya barang privat dan public
B.
Tidak adanya efesiensi ekonomi
C.
Tidak ada prinsip keuntungan
D.
Adanya barang ekonomis
E.
Tidak adanya barang yang
menguntungkan
80.
Contoh barang campuran adalah:
A.
Jasa kepolisian
B.
Pertahanan
C.
Sanitasi
D.
Imunisasi
E.
Pelanggaran
81.
Anggaran dengan pendekatan new
public management (npm) adalah anggaran yang berorientasi, kecuali pada kinerja
yang terdiri dari, kecuali…..
A.
Planning programming
B.
Vote accounting
C.
Zero based budting
D.
Persormance budgeting
E.
Berzelay
82.
Model new public management (npm)
mulai dikenal pada tahun….
A.
1980-an
B.
1985-an
C.
1990-an
D.
1975-an
E.
1960-an
83.
Salah satu model pemerintah di
era new public management adalah model pemerintahan dengan konsep reinventing
government yang diajukan oleh…..
A.
Politik
B.
Barzelay
C.
Osborne dan gaebler
D.
Lan, zhiyong, and rosenloom
E.
Zero based budting
84.
Manakah pernyataan dibawah ini
keunggulan-keunggulan dari ZBB….
A.
ZBB berfokus pada value or money
panjang -ZBB cenderung menfaat
jangka
B.
Meningkatkan pengetahuan -ZBB berfokus
pada value for money
C.
ZBB berfokus pada value -prosesnya
memakan waktu lama
D.
Implementasi ZBB
-pada proses merangking
E.
Planning
-mejaga kerapian
85.
Masalah utama penggunaan ZBB dan
PPBS adalah….
A.
Boundd rationality, keterbatasan dalam
menganalisis semua alternative untuk melakukan aktivitas
B.
Kurangnya data untuk membandigkan
semua alternative, terutama untuk mengukur output
C.
Kurangnya data alternatif
D.
A dan B benar
E.
A dan B salah
86.
Ciri-ciri dari anggaran
tradisional antara lain, kecuali….
A.
Line-item
B.
Cenderung sentralistis
C.
Tahunan
D.
Desentralisasi/develoved
management
E.
Politik
87.
Manakah hal yang menjadi masalah
utama penggunaan ZBB&PPBS…..
A.
Bounded rationality
B.
Planning
C.
Programming
D.
Zero based budgething
E.
Line-item
88.
Pengertian dari apakah “menambah
atau mengurangi jumlah rupiah pada item-item anggaran yang sudah ada sebelumnya
dengan menggunakan data tahun sebelumnya”
A.
Line-item
B.
Incrementalism
C.
Anggaran tradisional
D.
Planning
E.
Programming
89.
Manakah perspektif baru
pemerintah menurut osbome dan gaebler tersebut adalah….
A.
Pemerintahan katalis
B.
Sentralistis
C.
Desentralistis
D.
Berdasarkan sasaran kinerja
E.
Lingkungan
90.
Karakteristik pendekatan baru
system anggaran public meliputi…..
A.
Lingkungan
B.
Berjangka panjang
C.
Planning
D.
Masyarakat
E.
Berjangka pendek
91.
Dibawah ini adalah aspek-aspek
dari pengukuran kinerja organisasi sector public, kecuali…..
A.
Kelompok masukan yang dibutuhkan
agar pelaksanaan kegiatan dapat berjalan untuk menghasilkan keluaran
B.
Kelompok proses yang dari
kegiatan baik dari segi kecepatan, ketetapan, maupun tingkat akurasi
pelaksanaan kegiatan tersebut
C.
Kelompok simpanan yang dibutuhkan
untuk menyimpan kegiatan agar organisasi berjalan lancar
D.
Kelompok keluaran yang segala
sesuatu yang diharapkan langsung dapat dicapai dari suatu kegiatan yang dapat
berwujud maupun tidak berwujud
E.
Kelompok pertanggung jawab yang
segala tanggung jawab diberikan kepadanya
92.
Dibawah ini adalah elemen pokok
dari pengukuran kinerja, kecuali…..
A.
Menetapkan tujuan, sasaran, dan
strategi organisasi
B.
Merumuskan indicator dan ukuran
kinerja
C.
Evaluasi kinerja
D.
Menguraikan dan menjalankan
kinerja organisasi
E.
Melancarkan semua urusan
93.
Tujuan dari sistem pengukuran
kinerja adalah….
A.
Untuk mengukur kinerja financial
dan non financial secara berimbang
B.
Untuk mengutamakan alokasi sumber
daya
C.
Untuk menentukan tindakan yang
tepat untuk meningkatkan kinerja
D.
Untuk menunjukan bagaimana
kemajuan atas sasaran yang telah ditetapkan
E.
Untuk menetapkan tujuan dan
sasaran
94.
Dalam pengukuran kinerja sector
public dilakukan untuk memenuhi 3 maksud, kecuali……
A.
pengukuran kinerja sector public
dimaksudkan untuk membantu memperbaiki kinerja pemerintahan
B.
ukuran kinerja sector public
digunakan untuk mengalokasikan sumber daya dan pembuatan keputusan
C.
ukuran kinerja sector public
dimaksudkan untuk mewujudkan pertanggungjawaban public dan memperbaiki
komunikasi kelembagaan
D.
pengukuran kinerja sector public
dimaksudkan untuk membantu pihak swasta atau perusahaan yang terkait
E.
semua jawaban salah
95.
manfaat dalam pengukuran kinerja
sector public adalah…….
A.
Memberikan pemahaman mengenai
ukuran yang digunakan untuk menilai kinerja manajemen
B.
Meminimalkan dan mengantisipasi
timbulnya pemerintah yang menyamping
C.
Mengawasi distribusi kekuasaan
pada lembaga terkait
D.
Jawaban A dan B benar
E.
Jawaban tidak ada yang benar
96.
Dibawah ini adalah
langkah-langkah pengukuran value for money kecuali……
A.
Pengukuran ekonomi
B.
Pengukuran income
C.
Pengukuran efisiensi
D.
Pengukuran efektivitas
E.
Pengukuran kreativitas
97.
Pengukuran yang hanya
mempertimbangkan masukan yang dipergunakan merupakan pengertian dari…….
A.
Pengukuran ekonomi
B.
Pengukuran efesiensi
C.
Pengukuran efektifitas
D.
Pengukuran outcome
E.
Pengukuran income
98.
Dibawah ini adalah manfaat
implementasi konsep value for money pada organisasi sector public kecuali…..
A.
Meningkatkan efektivitas
pelayanan public dalam arti pelayanan yang diberikan tepat sasaran
B.
Meningkatkan mutu pelayanan
public
C.
Menaikkan biaya pelayanan public
D.
Alokasi belanja yang lebih
berorientasi pada kepentingan public
E.
Meningkatkan pelayanan
99.
Apa yang dimaksud dengan value
for money…….
A.
Alat pengukuran kinerja untuk
menilai Suatu kinerja pada perusahaan public dan juga digunakan untuk mengukur
ekonomi, efisiensi, dan efektivitas segala kegiatan pada organisasi sector
public
B.
Alat pengukuran kinerja untuk
memonitori dalam upaya menciptakan perbaikan kinerja secara berkelanjutan
C.
Alat untuk menyesuaikan perubahan
kebutuhan layanan public
D.
Alat untuk menguji validitas dan
keandalan indicator
E.
Alat untuk menguji sesuatu
100. dibawah ini adalah karakteristik dalam indicator
kinerja, adalah…..
A.
Sederhana dan mudah dipahami
B.
Dapat diukur
C.
Dapat dikualifikasikan, misalnya
dalam bentuk rasio persentase dan angka
D.
Dapat di ukur dalam jangka
panjang
E.
Jawaban A,B dan C benar
KUNCI JAWABAN SOAL PILIHAN GANDA DOWNLOAD HERE
No comments:
Post a Comment