Capaian
Pembelajaran (CP) merupakan kompetensi pembelajaran yang harus dicapai peserta
didik pada setiap fase. Untuk mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan
Lembaga, capaian yang ditargetkan di Fase F.
CP menjadi acuan untuk pembelajaran intrakurikuler. Sementara itu, kegiatan projek penguatan profil pelajar Pancasila tidak perlu merujuk pada CP, karena lebih diutamakan untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila dirancang utamanya untuk mengembangkan dimensi-dimensi profil pelajar Pancasila yang diatur dalam Keputusan Kepala BSKAP tentang Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Dengan demikian, CP digunakan untuk intrakurikuler, sementara dimensi profil pelajar Pancasila untuk projek penguatan profil pelajar Pancasila.
Sebagai
acuan untuk pembelajaran intrakurikuler, CP dirancang dan ditetapkan dengan
berpijak pada Standar Nasional Pendidikan terutama Standar Isi. Oleh karena
itu, pendidik yang merancang pembelajaran dan asesmen mata pelajaran Dasar-Dasar
Akuntansi dan Keuangan Lembaga tidak perlu lagi merujuk pada dokumen Standar
Isi, cukup mengacu pada CP. Untuk Pendidikan dasar dan menengah, CP disusun
untuk setiap mata pelajaran. Bagi peserta didik berkebutuhan khusus dengan
hambatan intelektual dapat menggunakan CP pendidikan khusus. Peserta didik
berkebutuhan khusus tanpa hambatan intelektual menggunakan CP reguler ini
dengan menerapkan prinsip modifikasi kurikulum dan pembelajaran.
Pemerintah
menetapkan Capaian Pembelajaran (CP) sebagai kompetensi yang ditargetkan. Namun
demikian, sebagai kebijakan tentang target pembelajaran yang perlu dicapai
setiap peserta didik, CP tidak cukup konkret untuk memandu kegiatan pembelajaran
sehari-hari. Oleh karena itu pengembang kurikulum operasional ataupun pendidik
perlu menyusun dokumen yang lebih operasional yang dapat memandu proses
pembelajaran intrakurikuler, yang dikenal dengan istilah alur tujuan
pembelajaran. Pengembangan alur tujuan pembelajaran dijelaskan lebih terperinci
dalam Panduan Pembelajaran dan Asesmen.
Memahami CP adalah langkah pertama
dalam perencanaan pembelajaran dan asesmen (lihat Gambar 1 yang diambil dari
Panduan Pembelajaran dan Asesmen). Untuk dapat merancang pembelajaran dan
asesmen mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga dengan baik,
CP mata pelajaran Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga perlu dipahami
secara utuh, termasuk rasional mata pelajaran, tujuan, serta karakteristik dari
mata pelajaran Dasar-Dasar
Akuntansi dan Keuangan Lembaga.
Dokumen ini dirancang untuk membantu pendidik pengampu mata pelajaran
Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga memahami CP mata pelajaran ini.
Untuk itu, dokumen ini dilengkapi dengan beberapa penjelasan dan panduan untuk
berpikir reflektif setelah membaca setiap bagian dari CP mata pelajaran
Dasar-Dasar Akuntansi dan Keuangan Lembaga.
Untuk dapat memahami CP, pendidik perlu membaca dokumen CP secara utuh mulai dari rasional, tujuan, karakteristik mata pelajaran, hingga capaian per fase.
No comments:
Post a Comment