A. LAPORAN BISNIS
Laporan bisnis adalah suatu
laporan yang memiliki sifat netral, tidak memihak, memiliki tujuan yang jelas
dan berisi rencana penyajian fakta kepada seseorang atau lebih untuk tujuan
bisnis tertentu. Laporan bisnis juga merupakan
pesan-pesan yang objektif, tersusun secara teratur yang digunakan untuk
menyampaikan informasi dari suatu bagian organisasional atau dari saru
institusi atau lembaga ke lembaga lain untuk membantu pengambilan keputusan
atau pemecahan masalah.Pada umumnya penulisan laporan bisnis digunakan
untuk memenuhi berbagai keperluan, antara lain:
Penulisan laporan bisnis biasanya digunakan untuk beberapa keperluan atau
maksud tertentu, antara lain:
1.
Mengawasi dan mengendalikan operasional perusahaan.
2.
Membantu mengimplementasikankebijakan-kebijakan dan
prosedur-prosedur yang telah ditetapkan perusahaan.
3.
Memenuhi persyaratan-persyaratan hukum dan
peraturan-peraturan yang berlaku bagi perusahaan.
4.
Untuk mendokumentasikan prestasi kerja yang
diperlukan baik bagi keperluan internal maupun eksternal perusahaan.
5.
Memganalisis dan memberikan bimbingan bagi
pengambilan keputusan-keputusan atas hal-hal tertentu.
B. KLASIFIKASI LAPORAN BISNIS
Ditinjau dari bermacam jenisnya laporan memiliki
bentuk serta klasifikasi yang berbeda-beda. Klasifikasi dari setiap laporan
dapat dikelompokkan sebagai berikut :
1.
Laporan individu dan laporan resmi
Laporan ini dibuat atas inisiatif seseorang dan oleh karenanya memerlukan
rincian dan pendukung yang lebih banyak daripada laporan resmi yang dibuat
berdasarkan permintaan pihak lain.
2.
Laporan rutin dan laporan khusus
Laporan rutin atau laporan berkala diajukan
berdasarkan aktivitas yang rutin dilakukan. Laporan rutin biasanya telah dibuat
dalam bentuk tetap dengan beberapa kolom kosong pada bagian-bagian tertentu.
3.
Laporan internal dan laporan eksternal
Laporan internal pada umumnya bersifat tidak seperti
laporan eksternal yang dibuat kebih formal.
C. BAGAN LAPORAN BISNIS
Gambaran umum sebuah laporan bisnis
terdiri dari beberapa bagian yaitu pendahuluan, teks, dan penutup.
1.
Pendahuluan
Dalam bagian ini terdapat beberapa hal yang perlu
untuk diperhatikan dan merupakan bagian yang akan
ditulis.
a.
Pemberi kuasa adalah orang yang meminta laporan
b.
Laayout atau rencana presentasi yang berisi apa yang
akan dibahas dalam laporan bisnis.
c.
Masalah yang biasanya diletakkan pada awal-awal pendajuluan sebelum
maksud dan tujuan.
d.
Maksud penulisan laporan bisnis harus nampak dalam
bagian pendahuluan, terdiri dari tujuan , misi, strategi, atau sasaran.
e.
Ruang lingkup berkaitan dengan luas cakupan atau
batas suatu pokok bahasan untuk sebuah laporan bisnis.
f.
Metodologi menyangkut pada cara pengumpulan data
atau informasi.
g.
sumber-sumber primer atau sekunder yang meliputi
antara lain publikasi, catatan perusahaan, surat , memo, hasil wawancara
karyawan, dan sebagainya.
h.
Latar belakang dari situasi yang sedang diteliti
perlu juga dimasukkan, agar memperoleh gambaran menyeluruh dan pemahaman yang
jelas terhadap pokok bahasan.
i.
Definisi istilah perlu dicantumkan agar tidak
terjadi salah penafsiran, manakala di gunakan definisi atau istilah-istilah
yang tidak umum ayau lazim.
j.
Keterbatasan seperti dana, waktu, biaya, asisten
peneliti, atau data yang tersedia.
k.
Rekomendasi menjelaskan tentang keputusan yang perlu
dilaporkan dalam suatu laporan bisnis.
2. Teks
Bagian ini berisi inti dari laporan bisnis yang dibuat dan merupakan
bagian yang terpanjang dalam laporan tersebut. Pada bagian ini dibahas dan
dikembangkan hal-hal yang penting secara rinci.
3.
Penutup
Bagian ini berfungsi unruk merangkum laporan yang
sudah dibuat secara menyeluruh, mengambil kesimpulan, atau memberikan
rekomendasi. Pengambilan kesimpulan akhir haruslah didasari oleh isi dari
laporan bisnis yang dibuat, tidak memasukan hal-hal yang ttidak dibahas pada
bagian sebelumnya. Biasanya pada bagian ini terdapat beberapa sub bagian antara
lain :
a. Rangkuman,
merupakan ringkasan pembahasan secara menyeluruh.
b. Kesimpulan,
berisim evaluasi fakta-fakta dan data-data yang dibahas, tanpa memasukkan
pendapat pribadi.
c. Rekomendasi.
merupakan saran suatu program tindakan yang didasarkan pada kesimpulan yang
telah dibuat.
d. Rencana
tindakan, merupakan pernyataan terakhir yang mencakup waktu pelaksanaan, anggaran yang diperlukan, serta orang-orang
yang bertanggung jawab terhadap kegiatan bisnis yang dilakukan.
No comments:
Post a Comment