Thursday, May 5, 2016

KONSEP DASAR KOMUNIKASI BISNIS


1.      Pengertian Komunikasi
Komunikasi adalah suatu proses pertukaran informasi antar individu melalui suatu sistem yang biasa (lazim) baik dengan simbol-simbol, sinyal, maupun perilaku atau tindakan.
Komunikasi → melibatkan dua orang atau lebih dan menggunakan cara-cara (melalui lisan, tuisan, maupun sinyal-sinyal nonverbal)
Komunikasi bisnis merupakan komunikasi yang digunakan dalam dunia bisnis yang mencakup berbagai macam bentuk komunikasi baik komunikasi verbal (lisan dan tulisan) dan nonverbal (bahasa tubuh dan ekspresi).

2.      Ruang Lingkup Komunikasi Bisnis
a.         Komunikasi Internal
Komunikasi internal, adalah komunikasi yang terjadi antara orang-orang dalam perusahaan seperti aliran komunikasi dari atasan ke bawahan umumnya terkait dengan tanggungjawab dan wewenang seseorang dalam organisasi (dawnward communication) yang bertujuan memberi penghargaan, memberi informasi tentang prosedur dan praktek organisasi dan lain lain, atau komunikasi yang berasal dari bawahan ke atasan (upward communication) sebagai bentuk apresiasi dan bukti percaya, dan komunikasi yang terjadi antara bagian-bagian yang memiliki posisi sejajar dalam suatu organisasi atau perusahaan (horizontal communication) sebagai bentuk pendekatan (persuasi) dan untuk berbagi informasi,
b.         Komunikasi Eksternal
Komunikasi eksternal dilakukan oleh organisasi atau perusahaan melalui kesepakatan manajemen untuk melakukan komunikasi  dengan pihak luar atau publik luar.

3.      Bentuk – Bentuk Komunikasi Bisnis
·         Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal adalah komunikasi dalam bentuk percakapan atau tertulis. Komunikasi dilakukan dengan menggunakan kata-kata untuk menyatakan ide. Gaya dalam berkomunikasi disesuaikan dengan situasi, dan lawan komunikasi. Penggunaan gaya bicara sangat berpengaruh terhadap minat lawan komunikasi. Mengungkapkan pesan verbal dilakukan dengan menggunakan kata-kata sederhana dan dapat dipahami oleh lawan komunikasi. Selain berbicara bentuk komunikasi verbal dapat dilakukan dengan cara lain seperti membuat dan mengirim surat, memberi informasi kepada pelanggan tentang produk perusahaan dalam  bentuk brosur maupun selebaran, dll.
·         Komunikasi Nonverbal
Bentuk komunikasi paling mendasar dalam komunikasi bisnis adalah komunikasi nonverbal karena manusia hanya menggunakan gerakan tubuhnya sebagai alat untuk berkomunikasi dengan pihak lain. Komunikasi nonverbal dapat tercermin dari perilaku atau tingkah laku seperti:
a.       Menggerakkan gigi untuk menunjukkan kemarahan.
b.      Mengerutkan dahi untuk seseorang sedang serius atau erpikir.
c.       Berpangku tangan untuk menunjukkan seseorang sedang melamun.
d.      Tersenyum dan berjabat tangan dengan orang lain untuk mewujudkan rasa senang, simpati dan penghormatan.
e.       Membuang muka untuk mewujudkan sikap tidak senang atau antipati.
f.       Menggelengkan kepala untuk menunjukkan sikap menolak atau keheranan.
g.      Mengirimkan bunga sebagai tanda kesuksesan, cinta atau duka cita.


4.      Persyaratan Komunikasi Efektif
Berkomunikasi efektif berarti bahwa komunikator dan komunikan sama-sama memiliki pengertian yang sama tentang suatu pesan. Oleh karena itu, dalam bahasa asing orang menyebutnya “the communication is in tune” ,yaitu kedua belah pihak yang berkomunikasi sama-sama mengerti apa pesan yang disampaikan.
Syarat-syarat untuk berkomunikasi secara efektif adalah antara lain :
·         Menciptakan suasana yang menguntungkan.
·         Menggunakan bahasa yang mudah ditangkap dan dimengerti.
·         Pesan yang disampaikan dapat menggugah perhatian atau minat di pihak komunikan.
·         Pesan dapat menggugah kepentingan dipihak komunikan yang dapat menguntungkannya.
·         Pesan dapat menumbuhkan sesuatu penghargaan atau reward di pihk komunikan.







No comments: