Monday, October 29, 2018

BONUS



  1. Pengertian
Bonus adalah imbalan yang berupa sejumlah uang yang ditambahkan ke gaji pegawai yang mampu bekerja sedemikian rupa sehingga melampaui harapan pemimpin. Apabila pembayaran gaji pokok biasanya dilakukan setiap bulan, maka pembayaran bonus dilakukan secara bervariasi tergantung pada perjanjian antara pengusaha dan pegawainya, misalnya bonus tahunan. Dengan demikian pembayaran bonus dapat bertindak sebagai insentif bagi para pekerja agar termotivasi untuk meningkatkan kinerjanya. Bonus tahunan biasanya diberikan apabila perusahaan mendapat laba atau keuntungan atau memiliki nilai saldo positif di akhir tahun.
Pemberian bonus sendiri didasarkan akan 3 hal. Pertama, berdasarkan jumlah unit produksi yang dihasilkan dalam satu kurun waktu tertentu. Artinya jika jumlah unit produksi yang dihasilkan melebihi jumlah yang telah ditetapkan, karyawan akan menerima bonus atas kelebihan jumlah yang dihasilkannya. Kedua, apabila terjadi penghematan waktu. Artinya jika pegawai menyelesaikan tugas dengan hasil yang memuaskan dalam waktu yang lebih singkat dari waktu yang seharusnya, pegawai tersebut menerima bonus dengan alasan menghemat waktu waktu itu, lebih banyak pekerjaan yang dapat diselesaikan. Ketiga, bonus diberikan berdasarkan perhitungan yang progresif. Artinya jika seorang karyawan makin lama makin mampu memproduksikan barang dalam jumlah yang semakin besar, makin besar pula bonus yang diterimanya untuk setiap kelebihan produk yang dihasilkan. Dasar pemberian bonus pada penjelasan diatas ialah pemberian bonus dalam dunia kerja. Dalam dunia pendidikan pemberian bonus dapat diberikan berdasarkan penghematan waktu.

  1. Pengertian Beberapa Ahli
Pengertian bonus menurut Simamora (2004:522) adalah pembayaran sekaligus yang diberikan karena memenuhi sasaran kinerja, sedangkan menurut Sarwoto (1991:156), pengertian bonus adalah:
a.         Uang dibayar sebagai balas atas hasil pekerjaan yang telah dilaksanakan apabila melebihi target diberikan secara sekali terima tanpa suatu ikatan di masa yang akan dating.
b.        Beberapa persen dari laba yang kemudian dibagikan kepada yang berhak menerima bonus
Menurut Siagian (1995) bonus adalah imbalan yang diberikan kepada karyawan yang mampu bekerja sedemikian rupa sehingga tingkat produksi yang baku terlampaui.

  1. Tujuan Bonus
                        Menurut Irawan (2005), ada tiga tujuan bonus yaitu:
a.         Menarik sumber daya manusia ke perusahaan
b.         Mempertahankan sumber daya manusia dengan baik
c.          Memotivasi sumber daya manusia dalam bekerja

No comments: