Monday, June 5, 2023

AKUNTANSI MANAJEMEN SEKTOR PUBLIK

 

Seiring majunya dibidang perekonomian salah satunya akuntansi manajemen sektor publik dimana laju perputaran antara akuntansi manajemen dan bidang lainnya saling berhubungan erat dan memperjelas wawasan yang bidang ini memperluas dengan ilmu lainnya.

Peran utama akuntansi manajemen sektor publik adalah menyediakan informasi akuntansi yang akan digunakan oleh manajer publik dalam melakukan fungsi perencanaan dan pengendalian organisasi.

Akuntansi manajemen merupakan bagian dari suatu sistem pengendalian manajemen yang integral. Institute of Management Accountants (1981) mendefinisikan akuntansi manajemen sebagai suatu proses pengidentifikasian, pengukuran, pengakumulasian, penganalisaan, penyiapan, dan pengkomunikasian informasi finansial yang digunakan oleh manajemen untuk perencanaan, evaluasi dan pengendalian organisasi serta untuk menjamin bahwa sumber daya digunakan secara tepat dan akuntabel.


 AKUNTANSI SEBAGAI ALAT PERENCANAAN ORGANISASI

Perencanaan merupakan cara organisasi menetapkan tujuan dan sasaran organisasi perencanaan meliputi aktivitas yang sifatnya strategic, taktis dan melibatkan aspek operasional. Perencanaan organisasi sangat pnting dilakukan untuk mengantisipasi keadaan dimasa yang akan datang. Bagi tiap-tiap jenis organisasi, sistem perencanaan berbeda–beda tergantung pada tingkat ketidak pastian dan kestabilan lingkungan yang mempengaruhi.


 AKUNTANSI SEBAGAI ALAT TUJUAN ORGANISASI

Untuk menjamin bahwa strategi untuk mencapai tujuan organisasi dijalankan secara ekonomis, efisien, dan efektif maka diperlukan suatu sistem pengendalian yang efektif. Dalam memehami akuntansi sebagai alat pengendalian perlu dibedakan penggunaan informasi akuntansi sebagai alat pengendalian keuangan (financial control) dengan akuntansi sebagai alat pengendalian organisasik. Pengendalian keuangan terkait dengan peraturan atau sistem aliran uang dalam organisasi, khususnya memastikan bahwa organisasi memiliki likuiditas dan solvabilitas yang cukup baik.


PROSES PERENCANAAN DAN PENGENDALIAN MANAJERIAL ORGANISASI SEKTOR PUBLIK

    Perencanaan dan pengendalian pada dasarnya merupakan dua sisi dari mata uang yang sama, sehinggan keduanya harus dipertimbangkan secara bersama-sama. Jones and Pendlebury (1996) membagi proses perencanaan dan pengendalian manajerial pada organisasi sector publik menjadi lima tahap yaitu:

1.     Perencanaan tujuan dan sasaran dasar

2.     Perencanaan operasional

3.     Penganggaran

4.     Pengendaliaan dan pengukuran dan

5.     Pelaporan, analisis dan umpan balik


No comments: