Monday, June 5, 2023

PENGANGGARAN SEKTOR PUBLIK

  

A.  KONSEP ANGGARAN SEKTOR PUBLIK

Sasaran dalam bidang perekonomian yang salah satunya tak luput dari konsep anggaran sektor publik dan anggaran yang mempertemukan adanya titik impas yang terlihat pada satu perhitungan dan konsep yang sangat matang untuk memperjelas kepersoalan yang diprediksi dan direncanakan.

Anggaran merupakan pernyataan mengenai estimasi kinerja yang hendak dicapai selama periode waktu tertentu yang dinyatakan dalam ukuran finansial, sedangkan penganggaran adalah proses atau metoda untuk mempersiapkan suatu anggaran.

Aspek – aspek yang harus tercakup dalam anggaran sector public meliputi:

1.     Aspek perencanaan

2.     Aspek pengendalian

3.     Aspek akuntabilitas public

 

B.  PENGERTIAN ANGGARAN SEKTOR PUBLIK

Anggaran publik berisi rencana kegiatan yang direpresentasikan dalam bentuk rencana perolehan pendapatan dan belanja dalam satuan moneter. Secara singkat dapat dinyatakan bahwa anggaran public merupakan suatu rencana finansial yang menyatakan:

1.     Berapa biaya atas rencana–rencana yang dibuat.

2.  Berapa banyak dan bagaimana caranya memperoleh uang untuk mendanai rencana tersebut.

 

C.          PENTINGNYA ANGGARAN SEKTOR PUBLIK

Tidak semua aspek kehidupan masyarakat tercakup oleh anggaran sektor publik. Terdapat beberapa aspek kehidupan yang tidak tersentuh oleh anggran sektor publik , baik skala nasional maupun lokal.

 Anggaran dan Kebijakan Fiskal Pemerintah

Kebijakan fiscal adalah usaha yang dilakukan pemerintah untuk mempengaruhi keadaan ekonomi melalui sistem pengeluaran atau sistem perpajakan untuk mencapai tujuan tertentu. Alat utama kebijakan fiscal adalah anggaran. Anggaran merupakan alat ekonomi terpenting yang dimiliki pemerintah untuk mengarahkan perkembangan social dan ekonomi, menjamin kesinambungan dan meningkatkan kualitas hidup masyarakat.

 

D.  FUNGSI ANGGARAN SEKTOR PUBLIK

Anggaran sektor publik mempeunyai beberapa fungsi utama yaitu:

1.     Sebagai alat perencanaan

2.     Alat pengendalian

3.     Alat kebijakan fiscal

4.     Alat politik

5.     Alat koordinasi dan komunikasi

6.     Alat penilaian kinerja

7.     Alat motivasi

8.     Alat menciptakan ruang public

 

E.    JENIS - JENIS ANGGRAN SEKTOR PUBLIK

Anggaran sector public dibagi menjadi dua, yaitu:

1.     Anggaran operasional.

Anggaran operasional digunakan untuk merencanakan kebutuhan sehri – hari dalam menjalankan pemerintahan. Pengeluaran pemerintah yang dapat dikategorikann dalam anggaran operasional adalah “Belanja Rutin” (recurrent expenditure) adalah pengeluaran yang amnfaatnyah hanya untuk satu tahun anggaran dan tidak dapat menambah aset atau kekayaan bagi pemerintah.

 

2.     Anggaran modal

Anggaran modal/investasi (capital/investment budget) menunjukkan rencana jangka panjang dan pembelanjaan atas aktiva tetap seperti gedung, peralatan, kendaraan, perabot, dan sebagainya. Pengeluaran modal yang besar biasanya dilakukan dengan menggunakan pinjaman.

 


No comments: